CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sri Mulyani Akui Ekonomi Memburuk?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b603ab84088432213db32/sri-mulyani-akui-ekonomi-memburuk

Sri Mulyani Akui Ekonomi Memburuk?

Cukup mengejutkan, baru-baru ini Menteri Keuangan Sri Mulyani “curhat” dengan menyebutkan banyak janji kampanye Presiden Jokowi membuatnya “sakit perut” karena kesulitan untuk mencari pendanaan atas realisasi berbagai janji tersebut. Sontak saja, berbagai pihak memberi tanggapan yang bahkan menyebut Sri Mulyani layak dipecat atas ucapannya. Akan tetapi, ada pula pihak yang menyebutkan bahwa pernyataan tersebut adalah kejujuran Sri Mulyani akan kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Benarkah demikian?

Dalam berbagai kesempatan, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kerap memberi penegasan agar media massa memberitakan informasi yang tidak berpotensi menimbulkan gesekan ataupun keresahan di tengah masyarakat.

Penegasan itu pula yang diutarakan oleh sosok yang kerap dijuluki sebagai menteri segala urusan ini dalam menanggapi demo masyarakat Natuna yang menolak karantina WNI asal Wuhan dilakukan di pulau ujung utara Indonesia tersebut. Tandasnya kepada media, jika “kamu mau bangsamu rusak, ya bikin berita jelek”.

Pernyataan Luhut tersebut sepertinya tidak hanya harus disampaikan kepada awak media. Pasalnya, baru-baru ini Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memberikan pernyataan yang menurut berbagai pihak dapat meresahkan masyarakat, bahkan dapat memicu ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Bagaimana tidak, sosok yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menuturkan bahwa banyak janji kampanye Presiden Jokowi yang membuatnya “sakit perut” karena harus mencari sumber dana terkait realisasinya.


Menurut Sri Mulyani, sumber dana dari janji kampanye seperti program kartu pra-kerja yang akan menyerap anggaran sebesar Rp 10 triliun, bahkan belum diketahui ketika kampanye.

Sontak saja, atas pernyataannya, Sri Mulyani kemudian mendapatkan kritik dari berbagai pihak. Eks Jubir Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie M. Massardi misalnya, menegaskan jangan sampai Sri Mulyani melakukan “pembusukan dari dalam”. Menurutnya, jika alumnus Universitas Indonesia tersebut tidak setuju dengan program pemerintah, sudah seharusnya ia mundur. 


Tidak hanya diminta mundur, Ketua DPP Partai Gerindra, Iwan Sumule bahkan menyarankan Presiden Jokowi untuk memecat Sri Mulyani atas ucapannya.

Lalu ada pula pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno yang menegaskan tidak akan memberikan pernyataan yang dapat menciptakan kekisruhan di tengah masyarakat seperti itu.

Akan tetapi, kendati ikut mengkritik, secara tidak langsung Sandi sebenarnya juga memberikan pembelaan terhadap Sri Mulyani dengan menyebutkan kemampuan keuangan pemerintah sebenarnya memang terbatas.

Jika Sandi memberikan pembelaan secara halus, mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu justru memberikan pembelaan yang frontal. Tuturnya, pernyataan tersebut adalah bentuk pengakuan Sri Mulyani bahwa janji-janji kampanye Presiden Jokowi sejatinya tidak rasional.

Janji kampanye Presiden Jokowi yang dinilai tidak rasional oleh Said Didu antara lain adalah tol laut, tingkat pertumbuhan ekonomi, tidak akan impor, tidak akan tambah utang, swasembada beras, memberikan “gaji” ke pengangguran, hingga pembangunan berbagai infrastruktur.

Baik pernyataan Sandi maupun Said Didu tentu saja hal tersebut membuat kita bertanya-tanya. Benarkah “curhat” Sri Mulyani tersebut sebenarnya adalah gambaran kondisi ekonomi Indonesia saat ini?


Artikel selengkapnya Sri Mulyani Akui Ekonomi Memburuk? hanya di Pinterpolitik.com

Web: http://bit.ly/2hBqPxf
YouTube: http://bit.ly/PinterPolitik
Instagram: http://bit.ly/2gdJwGP
Facebook: http://bit.ly/2ycBqF6
Twitter: http://bit.ly/2ygW5HT
Podcast: http://bit.ly/Podcast-Pinpol
LINE@: http://goo.gl/J4As4i








hanya ada 1 solusi

khilafuckemoticon-Big Grin
Quote:


Bukannya naekin pajak ?
Cabut subsidi
emoticon-Cool
pinterpolitik? skip aja . .emoticon-Shakehand2
profile-picture
bebas.akses memberi reputasi
Hehehe,mundur aja bu. Ujung2nya naikin pajak kan? 😀
SMI mah gak takut di pecat
gaji nya sebagai direktur bank dunia, jauh diatas gaji menkeu kok
jokowi juga gak bakal berani mecat SMI, mecat berarti sama aja mengakui SMI benar

Sri Mulyani Akui Ekonomi Memburuk?
Haduh
Sri Mulyani Akui Ekonomi Memburuk?
Quote:


Begimana caranya ni panlok punya belahan dada? Perasaan flat deh emoticon-Hammer2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di