CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b58dfa2d1953e77242564/kenapa-kawasaki-gak-ikut-motogp-jadi-ternyata-ini-alasannya

Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya

Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya

Dari deretan lineup pabrikan di dalam MotoGP, jika kalian perhatikan hanya ada satu pabrikan ternama yang gak ikut balapan bergengsi ini. Yap, sosok tersebut adalah Kawasaki.

Diantara pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki merupakan pabrikan yang masih absen mengikuti ajang balap MotoGP…padahal secara histori, geng ijo ini sering memproduksi motor-motor super bahkan namanya sudah dikenal banyak bikers diluar sana.

Sebenarnya Kawasaki dulu sempat pernah ikut MotoGP, musim terakhir Kawasaki tercatat pada tahun 2008 dan terakhir menurunkan motor di kejuaraan pada 2009 lewat Hayate Team bersama Marco Melandri.
Artinya sudah terhitung selama 11 tahun Kawasaki masih absen mengikuti ajang balap bergengnsi ini, bahkan sampai sekarang pihaknya masih belum ada kabar atau niatan untuk kembali ke dunia MotoGP bersama dengan rival-rival pabrikan Jepang lainnya.

Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya

Namun memang sepertinya garis Takdir Kawasaki bukan ada di MotoGP, hal ini dilayangkan oleh Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda.

“Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami,” tutur Yoda.

Menurutnya mengikuti ajang MotoGP itu sangat rumit dan banyak terkait soal regulasi, Kawasaki lebih baik memilih jalan lain dengan mengikuti ajang WSBK.
“Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujarnya.

Selain itu Kawasaki juga terbuka soal masalah dirinya absen di MotoGP karena salah satu factor yakni soal finansial. Mengikuti ajang MotoGP itu banyak menghabiskan uang, sebab ketika ikut mereka harus dituntut untuk meriset kembali motor baru yang tentu tidak membutuhkan dana sedikit.

Kenapa Kawasaki Gak Ikut MotoGP? Jadi Ternyata Ini Alasannya


Mereka tidak ingin turun ke MotoGP hanya finish sebagai penggembira saja, sekali turun target mereka tentu sangat besar.

“MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” ujar Ichiro Yoda.

Untuk WSBK mereka hanya menggunakan basis motor yang sudah ada, tinggal sedikit penyesuaian dan turun ke lintasan.

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup Yoda.

Referensi : aripistop.com(3/2/2020).

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Nice info gan.
Emang alasan Finansial adalah yg utama sih
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
realistis aja, DNA kaoskaki dari dulu juga jadi penggembira di motoGP
lama cabut, mo balik lagi? dompet tipis pulak? yaa mending nyenengin penyemplak ninja di kampung2 apa sunmori aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 25 lainnya memberi reputasi
Emang Moto GP butub dana banyak karena motor dan teknologo berbeda dengan motor yang ada di jalan raya. teknologi motor Moto gp ya disetting untuk balapan..., kek F1 yang mobilnya juga rumit teknologinya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasperjaka dan 3 lainnya memberi reputasi
padahal Kawasaki di WSBK udah megang banget, bakal menarik kalo diadu sama Honda yang dominan di MotoGP...

tapi sejarahnya Kawasaki di MotoGP gak mentereng siih emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Wsbk itu motor produksi massal.. Klo motogp itu prototipe.. Pengembangan asti jauh lebih mahal.. Dan teknologi jg gak bisa lansung d pake ke motor jalanan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dedyman19 dan 8 lainnya memberi reputasi
wajar sihh.. di motogp engga cuan buat mereka.. makanya ambil yg realistis dan mampu ajaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hadjonphil dan 3 lainnya memberi reputasi
Alasan yang realistis
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan gabener.edan memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Ngeeeng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 2 lainnya memberi reputasi
ya mahal sih, perbaikan pas kecelakaan di moto gp aja bisa ratusan juta rupiah itu masih yg bodi bayangkan aja kalo yg rusak piranti elektronik ato mesinnya jebol bakalan bokek dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


kok ane setuju komen enih yak...


Yg di kampung2 berasa dah kek jawara di motoGp kalau lagi nyemplak, padhl di sono aja gak pernah keliatan di 10 besar... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ufo60
Lihat 2 balasan
motogp banyak dramanya macem pssi~~~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
Oalah gitu toh.. Pantesan..emoticon-Matabelo
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:

Masa sekelas Kawasaki gx punya dana, masa kalah sama yg pake dana apbd buat ngadain formula E
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yonathanrizky dan 17 lainnya memberi reputasi
lol...jujur bgt kalo mereka dulunya cuma penggembira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
faktor keuangan memang memegang peranan penting, kawasaki harus belajar dari suzuki yang juga pernah absen dalam motogp..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Jujur banget anjay.
Tapi tata bahasanya kece.
Nice, good buat Kawasaki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raaiiinnn dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di