CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PPP Usulkan 2 Opsi ke Jokowi yang Tak Mau Pulangkan WNI Eks ISIS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b11080577a923e0015ea2/ppp-usulkan-2-opsi-ke-jokowi-yang-tak-mau-pulangkan-wni-eks-isis

PPP Usulkan 2 Opsi ke Jokowi yang Tak Mau Pulangkan WNI Eks ISIS

PPP Usulkan 2 Opsi ke Jokowi yang Tak Mau Pulangkan WNI Eks ISIS




Jakarta - 

Fraksi PPP DPR RI menawarkan dua opsi untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak mau memulangkan WNI eks ISIS ke Indonesia. PPP menilai perlu ada pemetaan dan pendataan para WNI eks ISIS untuk pulang ke Tanah Air.


"PPP berpendapat bahwa keputusan untuk memulangkan atau tidak memulangkan WNI yang berada di wilayah atau negara yang dikuasai atau pernah dikuasai oleh ISIS ini harus dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal, di antaranya sebelum keputusan tersebut diambil, maka harus dipetakan secara jelas profil dari para WNI tersebut," kata Ketua F-PPP DPR Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (5/2/2020).
Untuk opsi pertama, Arsul mengatakan WNI eks ISIS yang masih menyakini ideologi ISIS tidak dipulangkan ke Tanah Air. Menurutnya, WNI eks ISIS tersebut dibiarkan hidup di negara mereka tinggal dan menjalani proses hukum.

"Bagi mereka yang benar-benar merupakan kombatan ISIS dan meyakini ideologi-ideologi yang dikembangkan ISIS, meski ISIS-nya sudah porak poranda, maka PPP setuju untuk membiarkan mereka berada dan hidup di negara atau wilayah tersebut. Kalaupun mereka harus menjalani proses hukum, maka biarkan otoritas di negara tersebut yang memprosesnya," ujarnya.

Sedangkan bagi WNI eks ISIS yang tertipu oleh ISIS, Arsul menilai tak ada salahnya pemerintah membantu pemulangan ke Indonesia. Namun, dengan catatan, WNI tersebut menjalani proses deradikalisasi.

"Namun bagi WNI yang berada di sana karena tertipu, terperdaya dengan ideologi ISIS namun sudah sadar dan menyesal, maka tidak ada salahnya pemerintah Indonesia membantu kepulangan mereka. Dengan catatan ada proses yang memastikan terjadinya dan berhasilnya deradikalisasi," ucap Sekjen PPP tersebut.
"UU Nomor 5 Tahun 2018 telah memberikan payung hukum yang memadai bagi pemerintah maupun penegak hukum untuk melakukan proses hukum terlebih dahulu maupun proses deradikalisasi terhadap WNI yang tertipu atau terperdaya masuk ISIS," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku tak setuju dengan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia. Namun, kata Jokowi, hal itu masih perlu dibahas dalam rapat terbatas.
"Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas lo ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang 'tidak'. Tapi masih dirataskan. Kita ini pastikan harus semuanya lewat perhitungan kalkulasi plus-minusnya semuanya dihitung secara detail dan keputusan itu pasti kita ambil di dalam ratas setelah mendengarkan dari kementerian-kementerian dalam menyampaikan. Hitung-hitungannya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (5/2).


https://m.detik.com/news/berita/d-48...n-wni-eks-isis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pujanggasenja dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Jika mengacu pada undang2 dan pancasila. Hanya mereka yg berstatus dugaan tergabung dlm isis yg boleh di pulangkan. Sedangkan yg tergsbung dlm isis atau ex isis maka kewarganegaraannya otomatis dicabut.

Para pendiri bangsa sdh mengatakannya dgn jelas, siapa sj yg membelot/berhianat kepada nkri maka otomatis kewarganegaraanya dicabut.

Jadi tidak ada istilah khilaf, maaf, kembali.


Ingat, yg boleh balik hanya yg diduga, sdgkn yg sdh pasti ex isis, maka bukan wni lg.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 59 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


"Dengan catatan ada proses yang memastikan terjadinya dan berhasilnya deradikalisasi,"

ga ada yg bisa memastikan deradikalisasi bisa berhasil!

jadi kesimpulannya..

ga usah pada balik! emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 42 lainnya memberi reputasi
ya silahkan ppp yang ngurusin mereka di sana...kenapa minta bantuan pemerintah? ppp kan pasti punya sumber daya dan kapasitas lebih dari cukup daripada pemerintah...emoticon-Shakehand2

profile-picture
profile-picture
servesiwi dan mulivw memberi reputasi
Emang bakal ada yg ngaku ? Semua bakal ngaku ditipu ma isis ... Wkwkwk kayak pertanyaan ma koruptor ini ma semua akan kompak jawab hilaf wkwkwkkw konyol...kata kunci gini mereka pegi dengan elternatif sendiri ... Dengan pikiran sehat tampa paksaan tampa tekanan dan gak ada yg ngusir dari indonesia . Semua keputusan dan kunsekuensi mereka sadar.. apa lagi mereka sudah membakar pasword.. ktp semua indentitas indonesia mereka bakar ..sekarang2 ujuk2 mau balik ke indonesia ..ntah pemerintahan ini mang dr dulu lucu .. ada yg bener benar cinta tanah air ini ..tampa kurang kontribusi nya buat bangsa ini terkadang sampe menghiba agar jadi bagian bangsa ini tapi tiap hari dicaci maki dan diusir .. tp ada kelompok yg benar benar gak senang ma bentuk bangsa ini idiologi bangsa ini malah pemerinrahan nya berusaha merangkul ... Apa karna alasan "seiman"?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 33 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gue sangat menolak ide pemulangan ini.. Kalo diterima balik lagi, Indonesia seperti pelacur, yang ketika butuh dijilat-jilat, ketika udah ga butuh dilepeh..

Lagipula, mereka dengan sadar paham betul konsekuensi gabung dengan ISIS.. Minimal ideologi sudah beda dan niat berhianat terhadap bangsa Indonesia sudah direalisasi..

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 9 lainnya memberi reputasi
Ngapain repot ngurusin sampah carterin pesawat saja kirim ke wuhan ben modar emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldivaputra dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo cuma ngebacot mah semua orang juga bisa.

Sekarang mau cari tau beneran sadar dan menyesal gimana caranya ?

Elu pikir sama kayak virus yang bisa dicek di laboratorium ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 10 lainnya memberi reputasi
jiah jadi alat cari panggung, padahal sudah melanggar hukum. sama kayak jambret sudah salah cuma pada ribut mau pakai apa prosedur penanganannya karena ada 1 pihak simpati, padahal mau bagaimanapun tetap aja ujungnya penjara.
nggak perlu rapat, biarkan aja. karena jelas melanggar hukum maka langsung ditolak. malah kalau ada opsi menerima maka pemerintah melanggar hukum. orang2 ISIS itu kalau nggak puas bisa gugat pemerintah ke pengadilan yang dulu mereka sebut thagut. selama nggak ada gugatan, biarkan aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post sfast
Setuju......
profile-picture
bayusumardi memberi reputasi
Harusnya 2 opsi itu
1. Diberondong
2. Ditenggelamkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 2 lainnya memberi reputasi
Langsung di tenggelamin aja !

emoticon-Belgia
profile-picture
bayusumardi memberi reputasi
Bagi yang Ng ISIS sebaiknya jangan di pulangkan

Sedang yang dugaan ISIS PERLU Di OBSERVASI SELAMA 10 TAHUN SAMPAI 20 TAHUN misal nya seperti di tempatkan di tempat eks pengungsian vietnam di pulau Galang, atau Lebih Tepat nya Pulau terpencil lain nya yang ada di Indonesia hitung hitung TRANSMIGRASI membangun daerah baru atau membangun juga memberdayakan wilayah terpencil di Indonesia!

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pulau_Galang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pujanggasenja dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan

Nambah kerjaan bejibun saja. Sedangkan memantau kaum radikal dan gerakan radilisme terpidana terorisme saja pemerintah masih kewalahan dan tidak berhasil sepenuhnya.

Ini mau ditambah lagi ratusan orangf yg nyata2 pasti radikal dan suka membunuh yg berbeda?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi
nambah kadrun aja ini mah
profile-picture
bayusumardi memberi reputasi
kok ga ada yg mulangin guaaa. .??

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Madthink dan 5 lainnya memberi reputasi
emang ada WNI yg gabung isis?

mereka mantan WNI, dengan sadar dan tanpa paksaan melepas NKRI, ngapain diurusin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kakidal27
Usul yang baik
Lihat 1 balasan
ga p3 ga pks...absurd semua idenya...^^^

bijimana bisa tahu isi hati orang...^^^
Balasan post sfast
Quote:


Bukan nya yg ke sono berharap pada sebuah keyakinan akan sebuah kejayaan ..


Atas dasar keyakinan bhw isis adalah khilafah yg akan membaw a sebuah kemakmuran


Orang klo sdh yakin apalagi ada bumbu agama pasti bakal nekat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Harusnya udah jelas klo ada WNI yg gabung ISIS d luar negeri statusnya state less...

Jd ngapain d debatkan lg. Toh mereka yg pilih, dan motif kepulangan mereka krn ISIS udh kalah, klo ISIS msh ada d suriah& Irak jg mereka ga ngaku negaranya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di