CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b03c9b8408827f30a4abe/10-pohon-liar-yang-bisa-disulap-jadi-bonsai-berkelas

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/Mike | F. benjamina)


Pohon, yang umumnya sudah dilatih menjadi bonsai, apa lagi sudah bertahun-tahun lamanya, bisa menutupi identitas asli dari pohon tersebut. Itu dikarenakan banyak faktor yang dialami oleh sang pohon saat pelatihan, dan membuat penampilan akhirnya bikin pangling.

Kebanyakan pohon yang dilatih menjadi bonsai adalah pohon dengan usia yang panjang dan memiliki karakteristik tertentu seperti tahan gangguan, misalnya pemotongan berlebih, penekukkan, dan toleran pada macam-macam tanah.

Pohon-pohon dengan karakteristik seperti itu ada sangat banyak di Indonesia, mulai dari pohon yang tumbuh di kebun, sabana, pesisir pantai, hingga hutan liar. Namun, ada pula yang menggunakan pohon yang banyak tumbuh di sekeliling kita lho... Apa saja pohon-pohon itu? Yuk intip deretan bonsainya para master lengkap dengan nama pohonnya dibawah ini.


1. Waru (Hibiscus tiliaceus)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : bonsaipenjing.wordpress.com)

Percaya tidak kalau bonsai ini adalah pohon Waru yang sering tumbuh di tepi-tepi pantai, sungai, rawa-rawa, atau lahan basah di Indonesia? Yup... Ini memang pohon waru itu!

Pohon yang menjuarai pameran bonsai Hwa Fong Show 2009 ini dimiliki oleh Mr. Su Wen-Hong.

Tak hanya satu, Mr. Su Wen-Hong juga memiliki pohon waru lainnya yang mendapat penghargaan spesial di acara pameran bonsai Hwa Fong Show 2010 silam. Berikut penampakannya :

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : bonsaipenjing.wordpress.com)

Entah seperti apa cara membentuknya hingga ranting-rantingnya serapat itu. Saya pun berfikir gimana sang master mengawati ranting yang sudah padat itu untuk mempertahankan bentuk dan ukurannya. Hmmm...


2. Kacapiring (Gardenia jasminoides)


10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : bonsaipenjing.wordpress.com)

Pernah dengar atau tahu pohon yang namanya Kacapiring? Kalau belum, mungkin tahu tanaman Gardenia atau Cape jasmine? Nah... Itu adalah pohon yang sama hehe. Pohon kacapiring dibeberapa wilayah di Indonesia disebut dengan nama lokal, yaitu Kacapiring.

Bonsai yang mendapatkan penghargaan spesial di Hwa Fong Show 2015 ini adalah pohon Kacapiring yang dimiliki oleh Mr. Li Man-Nan.


3. Hokianti (Carmona retusa)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/yellowcabbit)

Perkenalkan, ini adalah pohon yang sering disebut Hokianti di Indonesia (kadang-kadang disebut tanaman liar/gulma). Di mancanegara namanya adalah Fukien Tea atau Ehretia microphylla.

Di negara kita Indonesia pohon hokianti tumbuh meliar diberbagai tempat, saking liarnya ia bahkan bisa tumbuh di tepi pagar atau halaman rumah.

Pohon yang menjadi gulma di berbagai negara tropis ini ternyata jika dirawat dan dilatih, bisa menjadi bonsai yang sangat ciamik lho. Contohnya bonsai diatas ini, yang dipajang di U.S National Arboretum (museum bonsai AS) dan sudah dilatih menjadi bonsai sejak 1916.


4. Jambu Biji (Psidium guajava)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : ibonsaiclub.forumotion.com/jrodriguez)

Jambu biji atau jambu klutuk memang bukan termasuk pohon liar, tapi itu bisa saja tumbuh menjadi liar karena bijinya yang dibuang manusia atau dijatuhkan oleh hewan pemakan buah. Umumnya pohon-pohon jambu biji liar dapat ditemukan di kebun-kebun kering dan area persawahan.

Ternyataaaaaa... Bonsai siluet (tanpa daun) yang dipajang di acara Taiwan Bonsai Creators Exhibition 2010 ini adalah pohon jambu biji lho.

Kalau diperhatikan, dahan dan ranting-rantingnya yang rimbun membentuk siluet itu benar-benar unik dan berbeda dari pohon jambu pada umumnya ya.


5. Kemuning (Murraya paniculata)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/Lloyd Gross)

Siapa yang tidak tahu bunga yang memiliki wangi semerbak ini. Kemuning nanamanya! Pohon bunga yang banyak ditemukan di daratan nusantara ini bisa juga disulap menjadi bonsai ekstotis di dalam pot ceper.

Bonsai diatas adalah pohon kemuning, yang sudah dipelihara dan dilatih menjadi bonsai sejak tahun 1800-an, dan sekarang dipajang di Montréal Botanical Gardens. Tampak pohonnya sudah sanagat tua, terlihat dari batang utamanya yang sangat besar dan mengeropos.

Sayangnya, foto yang diambil oleh pengguna Flickr, Lloyd Gross, ini sedang tidak berbunga atau berbuah.


6. Delima (Punica granatum)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/Laura Blanchard)

Pohon yang satu ini sudah pasti tau kan? Ya... ini adalah pohon Delima, atau dalam bahasa Inggris disebut Pomegranate. Salah satu pohon penghasil buah berkhasiat obat dan buah campuran dalam rujak tradisional atau rujak 7 bulanan.

Delima termasuk pohon yang dihargai, dan ini bukanlah pohon liar seperti kelima pohon-pohon diatas tapi, kalau ingin memiliki pohon delima bisa membelinya di lapak tanaman hias.

Bonsai delima nan elok diatas sudah dilatih menjadi sejak 1960-an dan sekarang dipajang di Longwood Gardens, Kennett Square, PA.


7. Kamelia (Camellia)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/John Winder)

Kamelia adalah salah satu tanaman bunga yang pada zaman dulu banyak ditanam masyarakat Indonesia sebagai tanaman pagar. Dulu, pohon kamelia sangat mudah dijumpai di hampir setiap rumah masyarakat di tepi kota, namun seiring berjalannya waktu pohon ini perlahan mulai jarang ditemukan sebagai pagar atau pohon perdu di halaman rumah.

Kamelia sekarang menjadi tanaman hias dalam komersil yang laris manis. Namun, melatih dan menjadikannya bonsai yang proporsional, butuh waktu belasan tahun untuk mencapai batang pohon kamelia seukuran lengan.

Di tangan seniman bonsai, pohon kamelia bisa disulap menjadi pohon kerdil yang berbunga indah dan cantik seperti bonsai diatas ini yang menjadi salah satu koleksi U.S National Arboretum.


8. Kloropitalum (Loropetalum chinense)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : pinterest.com/All Things Bonsai)

Loropetalum atau dalam bahasa british disebut Chinese fringe flower dan Strap flower adalah tanaman berdaun merah (ada pula putih, kuning, dan keunguan) yang mulai populer di Indonesia akhir-akhir ini. Di Indonesia pohon ini seringkali disebut sebagai Serut Merah atau Pitaloka.

Pohonnya sendiri berasal dari Cina, Jepang, dan beberapa wilayah di Asia Tenggara. Loropetalum bisa hidup pada cuaca dingin maupun panas. Ini termasuk tanaman yang mudah dipelihara karena toleran pada berbagai jenis tanah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Selain dapat ditanam sebagai tanaman hias, loropetalum juga menjadi alternatif untuk membuat Bonsai Berdaun Warna


9. Anting Putri (Wrightia religiosa)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : flickr.com/Sam Howzit)

Anting putri adalah tanaman bunga hias yang banyak diperdagangkan di Indonesia. Ia tidak seperti kebanyakan tanaman liar pada umumnya, penyebaran atau habitatnya di Indonesia sangat terbatas. Anting putri dapat tumbuh menjadi pohon berukuran sedang yang mana memunculkan bunga-bunga berwarna putih dengan bentuk bintang dan menjuntai.

Tak hanya populer sebagai tanaman hias di Asia Tenggara, penggemar tanaman di negara 4 musim juga berupaya keras menanam dan memelihara pohon Anting putri karena keindahan bunganya saat mekar.

Ini juga salah satu pohon terfavorit untuk dilatih menjadi bonsai di Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Bonsai anting putri pada gambar diatas adalah bonsai yang dipamerkan di Epcot International Flower & Garden Festival 2016 lalu. Tampak pohon dan pot memiliki keserasian yang membuatnya terlihat mempesona.


10. Santigi (Pemphis acidula)

10 Pohon Liar Yang Bisa Disulap Jadi Bonsai Berkelas
(Photo credit : bonsai-bci.com/Susan Lee/Nabe Millares)

Pernah dengar kayu Stigi? Nah... Itu adalah kayu yang dihasilkan dari pohon ini. Pohon santigi hanya tumbuh liar di pesisir-pesisir pantai nusantara (endemik) terutama tumbuh di tanah berpasir atau di bebatuan karang.

Pohonnya sendiri tumbuh lambat dan toleran pada air asin. Ia juga masuk sebagai salah satu pohon terbaik untuk dilatih menjadi bonsai. Banyak bonsai-bonsai terkenal menggunakan pohon santigi.

Bonsai yang nampak berusia ratusan tahun pada gambar diatas adalah bonsai yang dimiliki Susan Lee dan dilatih oleh Nabe Millares.


=====xx===xx===xx=====


Tertarik membuat bonsai dari pepohonan yang ada di sekitar?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tangguyooh dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sllz
Halaman 1 dari 8
Pertamax kah
profile-picture
sllz memberi reputasi
wah, pohon-pohonnya kok cantik banget gituuu yah emoticon-Matabelo
asli sih keren-keren banget bonsainya
profile-picture
sllz memberi reputasi
keren keren banget si. kalau pintar bikin bonsai kayaknya pohon apapun jadi deh. emang ada jenis pohon yang gak bisa di bonsai?
Quote:


Yoi gan keren, agan pernah bikin bonsai gak ? Kalau ane si dulu pernah praktek tp gagal
Lihat 1 balasan
Quote:


Belom pernah gan. Tapi selalu kagum sih sama orang-orang yang berhasil bikin bonsai. Mana baguuuus banget bonsai tuh, kerennnn emoticon-Matabelo
Wah kok keren gan pernah bikin bonsai, gimana ceritanya gan?
Keren banget bonsai-bonsainya. Ternyata pohon stigi juga bisa dibonsai ya? kudu telaten banget nih emoticon-Matabelo
profile-picture
sllz memberi reputasi
profile-picture
sllz memberi reputasi
Quote:


Dulu gan jama SD, lama bangeet. Guru ane tuh suka ngajarin muridnya praktek gitu, kan, jadi dulu ada pohon kamboja kecil, ane bonsai tp gak jadi. Masih bocah jadi gak ngerti bener atau salah, hahahaha emoticon-Ngakak
Quote:


wah kok keren sih gan. ane malah bener-bener gak tau teori buat bonsai gan. agan pas esde aja udah kepikiran buat bonsai. hebaaaat sih keren kereeen
Quote:


Dulu si pas SD gak ngerti gan tuh bonsai tuh apaan cuma ngikutin guri aja. Hahahahaha. Ngasal juga gak pahamnl teorinya, dan sekrang udah lupaa... emoticon-Ngakak
Quote:


gurunya agan keren juga berarti. ane gak pernah diajarin buat bonsai emoticon-Mewek
Quote:


Iyaa gan guru IPA jaman SD ane tuh keren, suka praktek daripada teori, selain diajarin bonsai suruh bikin kincir air segalah hloh gan... emoticon-Ngakak
wah kok keren.. kirain bonsai cuma bisa satu jenis taneman doang
profile-picture
sllz memberi reputasi
wah, bagus juga ya dijadiin bonsai gitu
profile-picture
sllz memberi reputasi
wah bagus2 yaa pohonnya dibuat jadi bonsai gitu emoticon-Matabelo
profile-picture
sllz memberi reputasi
Ngelatihnya sampai bertahun tahun gitu
profile-picture
sllz memberi reputasi
itu pohon bisa bagus gitu di ancem kali sama yg bikin yaa, bagus bener jadinya
profile-picture
sllz memberi reputasi
wah bagus bagus ya gan, ane cm pahamnya pohon yg bisa dibonsai macem pohon dolar, beringin sm kamboja gt gt. dan yg unik disini pohon jambu biji sm delima bisa dibonsai coba, ane mah pnya itu dirumah dg size yg gede dan tinggi. otomatis klo dibonsai gak bakal bisa berbuah deng ya. btw kamelia, santigi, kloropitalum, sm waru cakep bgt dah
profile-picture
sllz memberi reputasi
Quote:


ttngga ane jg ada yg bisa gan, hampir rata2 tanaman macem kamboja sm beringinnya pd dibonsai gt. Tp bbrp kali jg ada masa gagalnya jg, cm ane kagak paham gimana proses bikin bonsainya sih. Tp makin bagus asli
Cantigi di pesisir Indramayu banyak
Malah ada kecamatan yg namanya Cantigi emoticon-Recommended Seller
profile-picture
sllz memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di