CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ae833a2d19570ae5a51e5/ingin-sukses-lakukan-hal-hal-berikut

Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut

Buang Jauh Rasa Tak Percaya Diri, Jika ingin Sukses

Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut

Assalamu'alaikum, GanSistemoticon-Kiss ketemu lagi dengan ane. Semoga GanSist senantiasa dalam keadaan sehat, ya. Aamiin. Di thread ane kali ini, ane mau bahas seputar 'tak percaya diri atau pemalu'.

Oke, sebelum lanjut, ane mau tanya. GanSist pernah, nggak ngalami rasa tak percaya diri atau bahasa gaulnya nggak pede? Pasti pernah, ya GanSist, karena setiap diri memiliki rasa malu. Nah, malu itu, nggak salah dan harus ada pada tiap diri, karena rasa malu (yang manusiawi) merupakan sumber terjaga dan meningkatnya martabat seseorang. Nah, yang salah itu, rasa malu yang berlebihan. Efeknya, kita jadi tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu hal. Hal itu pasti sangat berdampak negatif dalam meraih kesuksesan dan membuat diri kita tertinggal jauh dari orang lain dalam hal apapun.

Perlu digaris bawahi, rasa minder atau tak perdaya diri bisa kita hilangkan dan tidak perlu kita pelihara dalam diri kita. Nggak ada gunanya melihara gituan GanSistemoticon-Wakaka mending pelihara ayam, gede bisa dipotong, ya, nggakemoticon-Jempol bener, Nggak?

Nah, untuk menghilangkan rasa malu, ada beberapa tips atau cara yang bisa GanSist lakukan, antara lain:

1. Jadilah Diri Sendiri

Butuh keberanian besar untuk menjadi diri sendiri dan apa adanya. Pada awalnya memang mengerikan. Tapi, jika kita berhasil mengantisipasi rasa takut yang muncul di awal, maka hanya akan ada rasa bebas yang tersisa. Rasa terbebaskan itulah yang nantinya akan menyediakan jalan menuju sukses yang sebenarnya. So, mulai sekarang cobalah menjadi diri sendiri dan berhenti berpura-pura menjadi orang lain, ya GanSist. Jangan takut mencobaemoticon-Jempol

2. Berani Mengambil Risiko dan Berbuat Salah

Biarkan diri kita berbuat salah dan lihat itu sebagai peluang untuk tumbuh. Memang berat pada awalnya, tapi ijinkan diri kita untuk berbuat salah. Paling penting adalah belajar dari apa yang sudah kita jalani. Melakukan kesalahan merupakan hal yang normal dan manusiawi, yang salah adalah jika kita melakukan kesalahan tapi tidak pernah belajar dari kesalahan itu. Anggap saja kesalahan yang telah kita buat itu sebagai pijakan untuk melakukan sesuatu yang lebih benar. Jadi, jangan takut berbuat salah, ya GanSist, karena dari kesalahan kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik.

3. Belajar Untuk Berkata 'Tidak'

Mau kita akui atau tidak, ada kalanya kita berkata ‘Ya’ hanya karena takut pada orang yang kuasanya lebih tinggi, takut melukai perasaan orang lain, atau khawatir bakal mengecewakan seseorang. Hanya saja, setiap kali kitaa berkata ‘Ya’ pada sesuatu yang menurut kita harusnya berkata ‘Tidak’, maka konsekuensinya adalah kita harus melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan.

Tentu saja, yang ada hanyalah rasa penyesalan karena sudah mengatakan yang tidak seharusnya kita katakan. Ingin sukses? Hancurkan kebiasaan buruk ini. Mulai sekarang, beranikan diri untuk mengatakan yang sesungguhnya. Kita tidak perlu kasar dan bersikap apa adanya saja, dan katakan apa yang kita inginkan. So, jangan takut mengutarakan isi hati, ya GanSistemoticon-Jempol

4. Berhenti Mengkhawatirkan Pilihan Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa terlalu khawatir akan keputusan yang kita buat hanya berujung pada kegagalan dan hasil yang tidak maksimal. Kebanyakan manusia hanya khawatir akan respon yang bakalan diberikan orang lain atas keputusannya. Bersikap masa bodoh lah atas komentar orang. Mengapa demikian? Pertama, karena sudah menjadi kebiasaan manusia kebanyakan untuk mengomentari sesama manusia, terutama jika manusia itu melakukan sesuatu yang benar dan menuai keberhasilan.

Kedua, karena pada dasarnya manusia merasa terintimidasi saat mengetahui ada orang lain yang berani melakukan hal yang hanya membuat sang komentator takut. Terakhir, pada dasarnya manusia tidak ingin manusia lainnya maju. Jadi, adalah kita yang memutuskan menjadi pelaku atau korban dari kondisi sosial semacam ini. Kita pemalu? Sudah pasti kita menjadi korban. Jadi, jangan mau jadi korban atas rasa malu yang berlebihan, ya GanSistemoticon-Blue Guy Smile (S)

5. Bertanggung Jawab Atas Apa yang Kita Lakukan

Sebagai manusia yang normal, kita pasti akan mengambil sebuah keputusan, dan sebagai buah keputusan tersebut, akan ada orang yang dikecewakan. Jangan khawatir, itu adalah hal yang sangat manusiawi. Justru tidak masuk akal jika kita berkeinginan menyenangkan semua orang. Maka dari itu, ketika ada orang yang merasa kita kecewakan, terima saja kondisi itu dan anggap sebagai konsekuensi dari pilihan yang kita buat. Ingat! Tak semua keputusan yang kita buat orang lain akan suka. Bersiaplah bertanggung jawab atas keputusan yang kita buat.

6. Bantu Sesama

Sekaya apapun diri kita, sepintar apapun otak kita, dan sekuat apapun fisik kita, kita tetap membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Tidak ada yang bisa eksis tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu, jika kita ingin mendapatkan perhatian dan penghargaan orang lain, mulai dari sekarang biasakan untuk membantu sesama manusia dalam bentuk apapun. Langkah tersebut penting bagi kita karena itu artinya kita memahami bagaimana dunia ini bekerja, dan pastinya kita mendapatkan pemahaman sosial yang nyata bahwa setiap orang pada dasarnya membutuhkan bantuan orang lain. So, jangan malu untuk membantu sesama, ya GanSistemoticon-Kiss (S) Ingat! Kita makhluk sosial dan akan selalu saling membutuhkan satu sama lainemoticon-Jempol

Baiklah GanSist, itu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengubah diri kita agar tidak lagi menjadi sosok pemalu. Sukses berawal dari rasa percaya diri, jadi yakinkan diri bahwa kita mampu dan bisa. Tak perlu malu untuk mengungkapkan apa yang kita mau dan inginkan. Buang rasa minder agar sukses bisa kita genggam dan apa yang kita impikan bisa tercapai.

Oke, GanSist. Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat 🙏 jika suka dengan thread ini jangan lupa dicendolin, komen dan share, ya GanSistemoticon-Kiss

Wassalam 🙏😊

Sumber: opini pribadi dan di sini
profile-picture
profile-picture
wbros dan athfahdw memberi reputasi
Diubah oleh safitri28
reserved
buang rasa malu yang berlebihan, agar bisa maju dalam meraih kesuksesan 😊
aku sering tuh ga pd
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut
Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut

Ingin Sukses? Lakukan Hal-hal Berikut
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Quote:


Ayo, Kak terapin tipsnya🙈😁
punya rencana mateng, doa, dan dieksekusi emoticon-Shakehand2
artinya jgn ragu utk berbuat apapun resikonya yah gan
( positif )
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Quote:


emoticon-Jempol
Quote:


emoticon-Jempol
sukseskan pemikiran dan sikap baru sukseskan kehidupan manthuuul thul thul
emoticon-Jempol
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
Quote:


emoticon-Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di