CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ae256af7e93652840b1d0/ombudsman-sebut-risma-laporkan-sendiri-penghinanya

Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya

BERANDA

BERITA

NASIONAL




Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya
Rabu, 5 Februari 2020 | 21:28 WIB
Oleh :
Ezra Sihite
Nur Faishal (Surabaya)



Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya
VIVAnews – Ketua Ombudsman perwakilan Jawa Timur, Agus Widiarta mengatakan, pihaknya telah melakukan konfirmasi kepada Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, terkait polemik laporan dugaan penghinaan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma
Konfirmasi itu atas pelaporan terhadap pemilik akun Facebook Zikria Dzatil. Kesimpulan sementara, penyelidikan dan penyidikan kasus itu masih sesuai prosedur.


Di markas Polrestabes Surabaya, Agus mengaku ditemui oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal, Ajun Komisaris Besar Polisi Sudamiran.
Agus menuturkan, sedikitnya empat pertanyaan diajukan Ombudsman kepada Kasatreskrim, yaitu siapa pelapor kasus tersebut, apa yang diadukan, apakah ahli sudah dimintai pendapat, dan pasal apa yang diterapkan kepada tersangka.
"Di situ, sebetulnya pengadunya itu bu Risma dan kemudian ada juga dua LSM yang juga melakukan pengaduan. Yang diadukan itu berhubungan dengan upload di media Facebook atas nama Zikria, yang dinilai menghina bu Risma," kata Agus dihubungi VIVAnews melalui sambungan telepon genggam pada Rabu malam, 5 Februari 2020.
Memang, lanjut Agus, ada pelapor atas nama Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Surabaya, namun ia tidak bisa menyimpulkan, apakah Kabag Hukum bertindak sebagai kuasa hukum Risma atau tidak. "Kalau kita melihat, memang ada pelapor itu adalah Kabag Hukum (Pemkot), tetapi apakah menguasakan, saya tidak melihat, tidak ditunjukkan surat kuasanya," ujarnya.
Agus juga mengaku memperoleh informasi dari Kasatreskrim bahwa penyidik sudah meminta pendapat ahli dalam kasus tersebut. Adapun pasal yang diterapkan ialah Pasal 27 dan Pasal 28 UU ITE.
"Kalau Pasal 27 itu, ya, tentu harus pengaduan delik aduan. Okelah kalau itu, berarti bu Risma pengadu berarti betul. Kemudian, kalau (Pasal) 28, itu kan bukan delik aduan, tetapi juga ada unsur SARA-nya," ujarnya. 
Berdasarkan hasil konfirmasi itu, Agus menyampaikan bahwa laporan kasus, penyelidikan, hingga penyidikan kasus tersebut sudah sesuai prosedur. "Dari hasil klarifikasi, saya melihat tidak melanggar Undang-undang ITE, tidak melanggar KUHAP pasal 310-319," kata dia.

Hasil konfirmasi Ombudsman itu berbeda dari keterangan Kasatreskrim, AKBP Sudamiran dan keterangan tertulis resmi dari pihak Pemerintah Kota Surabaya sebelumnya. Saat awal kasus mencuat, baik Sudamiran maupun pihak Pemkot menyampaikan bahwa Risma melapor melalui Kabag Hukum Pemkot. Soal hal itulah yang belakangan jadi polemik. (asp)



sumber


profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
Diubah oleh genderuwo777
Halaman 1 dari 3
Hati² menggunakan medsos
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cindurmato dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
belum ke jakarta udh bohong
diawal, rakyat sby nanti ngamuk
rupany ngelapor ndiri ato nyuruh jongosnyg buat laporan
khas pdip hihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petromaksplus dan 20 lainnya memberi reputasi
Balasan post genderuwo777
orang bogor ya? emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
lenonfloyd dan gabener.edan memberi reputasi
Balasan post unwell
Quote:


Mungkin dia kira, si org bogor milih risma buat jd walkot sby
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juniorjack dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post Sweetjulia01
Quote:


ente klo ada risma pasti nonggol buat counter...
jangan kasi kendor brayy..

emoticon-Wakaka
Quote:


kritik seperti apa, yg mana? yg ada di gambar yg pajang oleh 1 orang idiot yg lagi meratap minta ampun ke bu Risma?

Ombudsman Sebut Risma Laporkan Sendiri Penghinanya

jelasin ke gw..

betewe.. kalo ibu gw atau bini gw atau anak gw yg gambarnya dipajang di atas.. ane ga akan lapor polisi..

kurang greget eksekusinya. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 1 balasan
Balasan post genderuwo777
Quote:


Didalam kitab al-qadrun

Cacian=kritik emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 9 lainnya memberi reputasi
Balasan post jonfaisal
Quote:


Gubeng airlangga gang 4 nomer piro?
Cangkrukmu nangndi?
ditakoni alamat kok njegidek ae koyo tiang jamarat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangmansyur dan 6 lainnya memberi reputasi
Tp katanya orang bawah nya yg melapor

Hari ini kok beda lg wkwkwk

profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan galuhsuda memberi reputasi
Quote:


Quote:


justru klo bukan warga nya kenapa di laporin sendiri...sungguh memalukan sbg pejabat publik
jokowi biang kodok gak pernah laporin secara langsung ...

habis main risma gak punya muka lagi di luar daerah..
silahkan rebutan aja tar jabatan gubernur dg kofifah..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
totongJKW dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


ada yg salah dengan lapor2an penghinaan? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papa_kumis dan 4 lainnya memberi reputasi
Balasan post jonfaisal
mana nyokap lu sini gw hina2.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post genderuwo777
kritik kok bentuk wajah, dibilang kodok legend lagi, komplain sama tuhan lo masing2 aja, jgn di medos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Di medsos: kodok betina
Abis ditangkep: maafin ya bunda risma

SENSOR emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 3 lainnya memberi reputasi
padahal cuman jihad onlen, baru ketangkep udah minta ampun
gimana mau jihad beneran ke palestinja
kadrun dan kadrunwati emang besar mulut doang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
Biar itu presiden atau tukang ojol, kalo merasa dihina berhak buat lapor, biar hakim nanti yang buat putusan, ini negara hukum bung, ngapain malu wong sama2 manusia, punya hati ama pikiran, lo jual gw beli.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
hati dan tutur kata untawati yg baik adalah seperti zrikitiI
semoga semua istri dan ibu untawan seperti zikritiI.

caci dan hina khususnya semua pejabat PDIP ga perduli salah atau benar, yg penting kalo wan jembhud di kritik harus balas mencaci.
ntr kalo di tangkap tinggal minta maaf. klo ga dimaafin, gelar aksi demo besar besaran dgn alasan pejabat menzolimi ummat.

ulululululul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangmansyur dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di