CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pertumbuhan Ekonomi RI 5,02%, Jokowi: Negara Lain Anjlok, Kita Tertinggi Kedua di G20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ac6c27414f56e564647cd/pertumbuhan-ekonomi-ri-502-jokowi-negara-lain-anjlok-kita-tertinggi-kedua-di-g20

Pertumbuhan Ekonomi RI 5,02%, Jokowi: Negara Lain Anjlok, Kita Tertinggi Kedua di G20

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu cukup baik di tengah kondisi global saat ini.

Presiden Jokowi menilai hal itu didukung oleh kebijakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan yang sangat baik. 

“Patut kita syukuri, yang lain-lain bukan turun, anjlok,” kata Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Jokowi menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tergolong sangat baik bila dibandingkan dengan negara G20. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebagai nomor dua tertinggi. 

Selain itu prospek ke depan juga masih terbilang baik. Hal ini ditunjukan oleh beberapa lembaga pemeringkat yang mengerek naik peringkat Indonesia. 

“Artinta kepercayaan internasional kepada kita lebih baik. Optimisme ini yang harus kita sampaikan. Jangan sampai ambil hal pesimis,” kata Jokowi. 

Adapun berdasarkan data Badan Pusat Statistik, realisasi pertumbuhan ekonomi 2019 melambat atau hanya mencapai 5,02 persen. Realisasi tersebut cukup jauh di bawah pencapaian tahun sebelumnya yang mencapai 5,17 persen. 

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto menyampaikan pada kuartal IV/2019 pertumbuhan ekonomi Indonesia naik 4,97 persen dibandingkan kuartal IV/2018. Sementara itu, dibandingkan kuartal III/2019, pencapaiannya terkontraksi 1,74 persen.

"Mempertahankan [pertumbuhan] 5 persen di situasi sekarang adalah tidak gampang. [Pertumbuhan] 5,02 persen di situasi yang menunjukkan pelemahan, ini cukup baik," paparnya dalam konferensi pers di kantor BPS, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Mengacu kepada data BPS, realisasi ini menjadi yang terendah sejak 2015, ketika angkanya hanya naik 4,88 persen. Realisasi ini juga tidak memenuhi target pemerintah sebesar 5,3 persen maupun proyeksi Bank Indonesia (BI) sebesar 5,1 hingga 5,5 persen.

Menurut Suhariyanto sejumlah hal menjadi pengganjal pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dari sisi global misalnya, perang dagang AS-China masih jauh dari selesai dan ada ketegangan politik di Timur Tengah. Hal ini memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi global. Kegiatan industri di banyak negara juga mengalami perlambatan dan harga komoditas masih fluktuatif.

Suhariyanto mencontohkan harga Indonesia Crude Price (ICP) yang menunjukkan kenaikan 6,04 persen pada kuartal IV/2019 dibandingkan kuartal sebelumnya. Tapi jika dibandingkan dengan kuartal IV/2018, ada penurunan 2,61 persen.

Pertumbuhan ekonomi beberapa mitra dagang utama Indonesia juga turut melambat, misalnya China. Ekonomi China tumbuh melambat dari 6,5 persen pada kuartal IV/2018 menjadi 6 persen pada kuartal IV/2019.

Di dalam negeri, lanjut Suhariyanto, ada peningkatan belanja pemerintah pada kuartal IV/2019 dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal itu didasarkan pada naiknya realisasi transfer ke daerah dan dana desa.

"Tetapi, di sisi lain, belanja pemerintah pusat turun karena adanya penurunan belanja barang dan jasa serta belanja subsidi. Ini pasti berpengaruh ke komponen konsumsi pemerintah," terang Suhariyanto.

Adapun konsumsi rumah tangga turun tipis menjadi 5,04 persen sepanjang 2019, dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 5,05 persen.

Tetapi, jika dibandingkan antara kuartal IV/2019 dengan kuartal IV/2018, penurunannya terlihat lebih besar. Pada kuartal IV/2019, realisasinya adalah 4,97 persen, sedangkan pada kuartal IV/2018, tercatat sebesar 5,08 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artike

https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/...ra-lain-anjlok

Tertinggi kedua, dollar juga udah 13.600
Semoga tahun ini membaik lagi!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sudarmadji-oye dan 8 lainnya memberi reputasi
Diperbanyak pupuk biar pertumbuhan semakin tinggiemoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Kesempatan kita chinaa mulaii merosot ekspornya gara2 korona.... tinggal kepercayaan ada pada negara kita...... mga2 bisa naikk pangkat.....
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Alhamdulillah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Semoga angkanya real & bkn polesan supaya abs.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Bl september masih lama ..ekonomi kok ude meroket sampe ke planet Namec ya ??

Pertumbuhan Ekonomi RI 5,02%, Jokowi: Negara Lain Anjlok, Kita Tertinggi Kedua di G20
anak: pa satu kelas dikasih nilai jelek sama guru emoticon-Mewek

bapak: waduh masa kenapa begitu emoticon-Cape deeehh

anak: tauk tuh gurunya rese, tapi aku no 2 loh biarpun semuanya dapat nilai jelek emoticon-Cool

bakap: kok bangga kamu bahlul! !@#$%^& emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lihat 1 balasan
janjinya berapa sih?
kenyataan sesuai janji kah?
Kopet pak
Euro ampir tembus 15000 (lagi).. emoticon-Matabelo
yg dulu omong besar bakal 7 % krn dijamanya beye bisa 6 %, taunya malah nyungsep. bikin stabil aja g becus mau naikin.
Balasan post hhendryz
Quote:


kadrun babi tau negara g20 itu apa?
di asean negara mana lagi yg jadi anggotanya selain Indonesia?

hari ini dah di sodomi murobi teroris muslim brotherhood belum?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di