CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Agupena Flotim Gencar Gelar Workshop Penulisan PTK dan PTS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ac3f8b84088477d07ed13/agupena-flotim-gencar-gelar-workshop-penulisan-ptk-dan-pts

Agupena Flotim Gencar Gelar Workshop Penulisan PTK dan PTS



Agupena Flotim Gencar Gelar Workshop Penulisan PTK dan PTS
Workshop Penulisan PTK dan PTS yang dilaksanakan oleh Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Cabang Kabupaten Flores Timur (Flotim) pada 7-8 Februari 2020 ini terdiri dari tiga materi dasar. Yakni 1) Motivasi Menulis, 2) Trik Cepat Menulis PTK, dan 3) Praktik Menulis PTS.

Materi Motivasi Menulis akan disampaikan oleh Ketua Agupena Flotim, Maksimus Masan Kian, S.Pd.. Materi ini berisi pengalaman praktis yang dialami oleh guru IPA pada SMPN 1 Lewolema ini sejak awal mengenal dunia tulis-menulis hingga berhasil menghasilkan belasan karya kini. Apa saja keuntungan menghasilkan karya tulis, akan disampaikan secara praktis dan taktis.

"Bila Anda ingin mengenal dunia, maka membacalah. Bila Anda ingin dikenal dunia maka menuliskan," demikian kata-kata yang senantiasa disampaikan oleh Guru Berprestasi Nasional ini untuk membuka materinya.

Materi kedua, Trik Cepat Menulis PTK. Materi ini disampaikan oleh Muhammad Soleh Kadir, S.Pd.. Materi dari alumnus FKIP Bahasa dan Sastra Undana, Kupang ini tidak berisi teori, melainkan trik-trik cepat serta rumus-rumus sederhana menulis PTK. Kendatipun berisi trik dan rumus, segala teori tetap menjadi sandaran guru Bahasa Indonesia pada SMPN 1 Adonara Timur ini, dalam mengaplikasikan trik dan rumus tersebut.

"Merancang judul dengan rumus K+Y+M+m+X+S+s+T+TP. Rumus ini merupakan satu pola judul dari berbagai pola judul PTK yang ada," demikian Pion Ratulolly, nama penanya, membagikan rumus judul PTK.

Tidak jauh beda dengan materi ketiga, Praktik Menulis PTS. Materi ini disampaikan oleh Silvester Sina Wuan, S.Pd.. Materi ini juga bersandar pada pengalaman menulis PTS dari Kepala SMPN 2 Adonara Timur, Witihama ini.

"Perbedaan antara PTK dan PTS terletak pada subjek penelitian. Jika PTS mengambil subjek penelitian pada siswa dalam satu dua kelas. Sedangkan, PTS mengambil subjek penelitian pada siswa pada beberapa sekolah," ujarnya lazim saat membuka materi.

Selain ketiga materi itu, peserta akan mendapatkan hal-hal lain yang menarik dari workshop ini. Misalnya, materi sambutan pembukaan dan sharing pengalaman yang disampaikan oleh Camat Solor Timur, Abdul Wahid Bapa Ana, SE.,M.Si.. Sambutan dari tokoh yang dikenal literat sejak mahasiswa ini, tentu bukan semata berisi kata-kata seremonial dan formil, melainkan berisi taburan ilmu pengetahuan dan wawasan.

Selain itu, salah satu hal yang luar biasa yakni sambutan penutup yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Drs. Bernardus Beda Keda, M.A.P.. Sebagaimana lazimnya, dalam arahannya selalu saja ada hal baru berkaitan dengan dunia kependidikan, akan disampaikan oleh pria murah senyum ini. Tidak hanya itu, motivasi-motivasi menjadi guru yang baik dan berkualitas, pasti disampaikan secara terstruktur dan terarah.

Lebih dari itu, para peserta yang hadir juga merupakan guru dan kepala sekolah terbaik di wilayahnya niscaya dapat membagikan pengetahuan dan pengalaman luar biasa selama mengabdi. Tidak ketinggalan, teamwork Agupena Flotim juga akan membagikan motivasi-motivasi bernas dalam dunia pendidikan. Di antaranya datang dari Alfius Sabon, S.Pd.Gr., Agussalim Bebe Kewa, ST., Tobias Tobi Ruron, S.Pd., Benediktus Bereng Lanan, S.Pd., Valentinus Wathon, S.Pd., Alfonsius Hurint, S.Pd.SD., serta beberapa punggawa hebat Agupena Flotim lainnya.

Lantas, apakah Anda ingin menjadi bagian dari materi pengetahuan dan pengalaman hebat dari tokoh-tokoh ini? Bergabunglah dalam giat ini 




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di