CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
China Bete RI Setop Penerbangan Gara-gara Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3abddef4d6952dca7642b2/china-bete-ri-setop-penerbangan-gara-gara-corona

China Bete RI Setop Penerbangan Gara-gara Corona

Rabu, 05 Feb 2020 07:24 WIB

China Bete RI Setop Penerbangan Gara-gara Corona

Danang Sugianto - detikFinance

China Bete RI Setop Penerbangan Gara-gara Corona

Jakarta - Merebaknya virus corona menghebohkan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah RI sudah memutuskan untuk menyetop sementara penerbangan langsung Indonesia-China.

Pemerintah juga menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT. Tak hanya itu, pemerintah juga melaran seluruh impor hewan hidup dari China.

Keputusan itu mendapatkan respons dari pihak China. Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menilai semestinya Pemerintah Indonesia tidak bersikap seperti itu.

"Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri," ujar Xiao di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, Selasa (4/1/2020).

Xiao mengatakan selama ini kerja sama antara Indonesia dan China berlangsung baik selama 8 tahun terakhir. Selain itu turis dari China kerap memberikan keuntungan kepada Indonesia.

"Saya pikir Tiongkok sudah 7 atau 8 tahun berturut-turut menjadi mitra perdagangan terbesar di Indonesia dan Tiongkok sudah... seminimalnya tingkat negara kedua terbesar sumber wisatawan asing setiap tahun ada 2 juta lebih turis dari China yang datang ke Indonesia. Dan Tiongkok juga adalah salah satu sumber investasi terbesar kepada Indonesia," ucap Xiao.

Terkait penghentian impor pangan, Xiao mengatakan sudah mengetahui berita itu. Menurutnya penyebaran virus Corona belum terbukti bisa menular melalui bahan pangan.

Oleh karena itu, dia keberatan pemerintah Indonesia membatasi perdagangan terhadap China.

"Sekarang masih belum ada bukti yang bisa membuktikan Coronavirus bisa ditularkan lewat barang-barang impor, dan WHO sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju bahkan keberatan pada tindakan pembatasan perdagangan terhadap Tiongkok. Kami pikir bahwa kalau Indonesia benar-benar mengambil tindakan seperti itu akan mengakibatkan dampak yang negatif," tutur Xiao.

Lalu apa tanggapan pemerintah RI?



Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri kemarin mengumpulkan para menteri di Istana Presiden Bogor untuk membahas kebijakan yang diambil terkait virus corona tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat pun memberikan tanggapan terkait itu. Dia mengatakan bahwa pemerintah Indonesia hanya mengikuti protokol internasional.

"Kita ikuti global health protocol. Kita basisnya global health protocol," ujarnya di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Senada dengan Airlangga, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memiliki kewenangan penyetopan penerbangan langsung RI-China juga menyatakan bahwa apa yang dilakukan Indonesia juga dilakukan banyak negara lain.

"Kan yang kita lakukan ini sama yang diberlakukan oleh negara-negara lain. Kita sebetulnya sangat hati-hati untuk melakukan itu," tuturnya.

Entah apa yang menarik Ts bikin trit ini
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan triprasetyo3 memberi reputasi
Akhirnya pertamax
emoticon-Perancis
Diubah oleh maverick4ever
Gagal pertamax, keduluan virusnya emoticon-Hammer2
Diubah oleh gunturholigan
ya mau gimana lagii.. pemerintah jg gk mau ngambil resiko dong buat seenaknya ngasih akses pdhal tau ada kasus yg sangat bahaya ini.. lebih baik rugi dulu sementara drpd resiko yg lebih gede kan.. toh jg gk dilakukan pemutusan hubungan secara permanen..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di