CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahfud MD Tak Setuju Pemulangan 660 WNI Eks ISIS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3abd4510d295343c1e0544/mahfud-md-tak-setuju-pemulangan-660-wni-eks-isis

Mahfud MD Tak Setuju Pemulangan 660 WNI Eks ISIS

Mahfud MD Tak Setuju Pemulangan 660 WNI Eks ISIS

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah masih mengkaji lebih dalam rencana pemulangan sekitar 660 warga negara Inodnesia (WNI) eks ISIS yang masih ada di luar negeri. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara pribadi mengatakan tak setuju dengan rencana itu.

Menurutnya pemulangan WNI eks ISIS berbahaya bagi stabilitas negara. Secara hukum, Mahfud menilai paspor WNI eks ISIS bisa dicabut karena dinilai melakukan perjalanan ilegal.

"Kalau tanya ke Mahfud MD setuju untuk tidak dipulangkan karena berbahaya bagi negara. Kemudian paspornya secara hukum harusnya sudah dicabut karena melakukan perjalanan ilegal. Kita juga tidak tahu paspor yang mereka pegang asli atau tidak," katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjelaskan para WNI eks ISIS itu pergi tanpa izin yang jelas dari negara. Sehingga ada kemungkinan paspor para WNI eks ISIS itu sudah dicabut sehingga status warga negaranya hilang.

Dia juga mengatakan sebagian besar negara yang memiliki warga eks ISIS tak berencana memulangkan mereka. Jika ada, menurutnya pemulangan dilakukan secara selektif.

"Banyak negara yang punya warga eks ISIS tapi tak satu pun yang menyatakan akan dipulangkan. Ada yang selektif, misal memulangkan anak-anak yatim saja. Tapi pada umumnya tak ada yang mau memulangkan bekas teroris," ucapnya.

Dalam kapasitas sebagai Menko Polhukam, Mahfud mengatakan rencana itu sedang dipertimbangkan baik dan buruknya. Termasuk program deradikalisasi yang harus disusun jika benar-benar dipulangkan.

Dia khawatir jika pemulangan dilakukan tanpa ditunjang deradikalisasi yang matang bisa menjadi virus baru bagi masyarakat di sekitarnya. WNI eks ISIS juga berpotensi jadi teroris di dalam negeri jika deradikalisasi tak tuntas.

"Kalau dari pemerintah memang belum diputuskan. Kekurangannya kalau dipulangkan mereka bisa jadi virus baru karena mereka pergi sebagai teroris dan kalau pulang harus deradikalisasi dulu. Sementara itu jika dia kembali ke masyarakat dan dijauhi, justru berpotensi membuatnya jadi teroris lagi. Tapi dia punya hak untuk tidak kehilangan haknya sebagai warga negara," ujarnya.

Wacana pemulangan WNI eks ISIS ini mencuat melalui Menteri Agama Fachrul Razi . Mahfud MD mengatakan pemerintah sedang mengkaji formula, mulai aspek hukum hingga aspek konstitusi masalah teroris pelintas batas tersebut. Dia memperkirakan pemerintah akan mengeluarkan keputusan pada Mei atau Juni 2020.

"Kalau ditanya ke Menko Polhukam jawabannya seperti itu," katanya.


Mahfud MD Tak Setuju Pemulangan 660 WNI Eks ISIS

gw dukung lo, om mahfud. lebih baik, Fachrul Razi aja yg nemani eks kombatan isis dan menetap selamanya di suriah. sekalian para kadrun pengasong khilafah diajak serta.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Koq yg pro malah dari mantan militer ya ?


Apa mau dipelihara ?


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Dulu teriak kilapah.. begitu tahu penuh kebiadaban, langsung mewek minta balik lagi.

Kadrun!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 5 lainnya memberi reputasi
ini maunya apa sih, kemaren ane mau gabung dihalang-halangi. sekarang para kambing pada mau pulang dilarang-larang.

yang konsisten lah,bong !
ganti aja tuh menag
ga jelas
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan MUF0REVER memberi reputasi
sama
ane juga gak setuju
bagi ane, simpatisan ISIS itu derajat nya lebih rendah dari hewan, tak pantas hidup di belahan dunia manapun
mereka layak di bunuh dan halal darah nya
mereka berpikri seperti itu bahkan ke sesama muslim
jadi kita juga harus mikir sama kayak ISIS kalo mau survive
jangan biarkan simpatisan ISIS hidup di indonesia

Mahfud MD Tak Setuju Pemulangan 660 WNI Eks ISIS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo yg nub gppa lah. Yg udah pro bawaannya mukil.
Menag Fachrul Razi ya harus hati-hati lagi kalau mengeluarkan pernyataan, jangan bikin gaduh, bikin pro kontra, habis itu setelah gaduh, itu baru usul...., ( Seperti soal melarang aparatur sipil negara memakai cadar dan celana cingkrang di lingkungan pemerintahan )

Kalau mau buat kebijakan ya lewat prosedur, mekanisme, pandangan yang komprehensif. Ya harus banyak² berdiskusi, jangan gegabah. Tapi melihat perkembangan yang ada, semakin menebalkan keyakinan publik ketidasesuaian kemampuan dia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ganti aja menag nya .. salah pilih nih jokowi
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan MUF0REVER memberi reputasi
Quote:


Hal begini masih dipertimbangkan? emoticon-Belo

Ya udah deh terserah kalian aja emoticon-Blue Guy Smile (S)


















































emoticon-Ngacir


Quote:


Ini Jill Gladys kalau ga salah.

Balasan post 37sanchi
karena mantan militer ga parnoan gan.. ngarti lah yg begini2..
sudah berbaiat janji setia sampe mati kepada isis ya sudah berkhianat pada NKRI..
profile-picture
gapatar memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mereka berangkat sendiri ya pulang sendiriemoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
mantap bung
jihad gagal udah kalah minta pulang, mending jihad onlen aje kek kadrun kaskus
udah gorok banyak orang begitu kalah minta pulang si otak cingkrang bangsad emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan galuhsuda memberi reputasi
Balasan post sibuk.nyaleg
Quote:


Ga parnoan ato mau dipelihara buat kepentingan dia sendiri ?


emoticon-Cape d...
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Quote:


Asabri lagi diselidiki
UU Nomor 62 Tahun 1958 tentang “Kewarganegaraan RI”. Pada pasal 17 menyebut, kewarganegaraan RI bisa hilang karena 12 alasan. Salah satunya, pada huruf (f) disebutkan: “masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Menteri Kehakiman.”

UU Nomor 62 tahun 1958 kemudian diperbarui dengan UU Nomor 12 tahun 2006 tentang Kehilangan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Pada Pasal 23 disebutkan bahwa "Warga Negara Indonesia kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan:...." Pada huruf (d), masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden. UU Nomor 12 tahun 2006 diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2007 tentang Tata cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia. Pada pasal 31 butir (1), disebutkan bahwa Warga Negara Indonesia dengan sendirinya kehilangan kewarganegaraannya karena (c) masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kadrun isiss biar jihattt disana.....

Gak usah balik....


gw dukung iniemoticon-Angkat Beer

cabut saja paspornya
Quote:


jadi drajat lu setara dengan hewan ? emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di