CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Sebarkan Kabar Bahagia Ini, Nantinya Wajib Kuliah S1 Cuma 5 Semester Aja!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ab682a2d1951dbd188261/sebarkan-kabar-bahagia-ini-nantinya-wajib-kuliah-s1-cuma-5-semester-aja

Sebarkan Kabar Bahagia Ini, Nantinya Wajib Kuliah S1 Cuma 5 Semester Aja!

Wajah baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dibawah kepemimpinan Nadiem Makarim nampaknya selalu menggebrak terobosan baru di dunia pendidikan. Sebelumnya, Nadiem membuat kebijakan pengganti Ujian Nasional (UN) dengan sistem penilaian yang baru. Kebijakan itu wacananya bakal berjalan pada tahun 2021 mendatang. Kini, Mendikbud berumur 35 tahun tersebut menggagas kebijakan agar nantinya wajib kuliah Strata 1 (S1) hanyalah 5 semester saja. Apakah ini kabar baik untuk lo semua yang akan melanjutkan studi ke bangku perkuliahan? emoticon-Smilie

Sebarkan Kabar Bahagia Ini, Nantinya Wajib Kuliah S1 Cuma 5 Semester Aja!
Mendikbud Nadiem Makarim



Eh tapi lo jangan senyum kegirangan dulu, karena wacana kebijakan Kemendikbud tersebut akan tetap ada semester 6 sampai 8 Gan. Jadi, kalau lo udah menjalani bangku kuliah 5 semester ya belum serta merta langsung lulus. Gak semudah itu ferguso! emoticon-Wink

Lalu semester 6 sampai 8 itu diisi dengan apa? Nantinya di periode waktu tersebut mahasiswa mempunyai hak untuk menggali ilmu-ilmu lainnya yang berada di luar program studi yang telah diambil sejak awal. Bobotnya setara dengan 20 SKS. Jadi misalnya lo adalah mahasiswa jurusan Sosiologi bisa tuh ngambil mata kuliah di jurusan Akuntansi. Selain menambah referensi ilmu yang berbeda, ya bisa sekalian cari-cari gebetan baru. Jadi mulai sekarang sering-sering cek jurusan apa yang banyak cewek cakepnya ya, ntar semester 6 langsung sikat. emoticon-Big Grin

Sebarkan Kabar Bahagia Ini, Nantinya Wajib Kuliah S1 Cuma 5 Semester Aja!
Ilustrasi mahasiswi



Gak cuma itu aja, mahasiswa nantinya juga bisa ikut kegiatan lain di luar kegiatan kampus. Misalnya seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang. Kegiatan ini bobotnya setara dengan 40 SKS Gan. Bobot di kegiatan luar kampus ini emang dibuat gede oleh Nadiem. Hal tersebut dikarenakan ia menganggap jika selama ini bobot SKS kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan aktivitas di luar kampus sangat kecil.

Nadiem beranggapan kalau bobot yang kecil bisa merugikan mahasiswa itu sendiri. Kalau dibuat lebih besar nantinya bisa membuat masa PKL, magang, ataupun pertukaran studi dari mahasiswa lebih panjang. Dan, memang benar sih alasan dari Mendikbud ini, karena sebagai mahasiswa juga butuh proses aktualisasi diri ke luar kampus. Kalau cuma berkutat dengan aktivitas perkuliahan doang nanti pemikirannya kurang luas dan kurang kreatif.

Sebarkan Kabar Bahagia Ini, Nantinya Wajib Kuliah S1 Cuma 5 Semester Aja!



Untuk melancarkan kebijakan ini agar berjalan secara efektif, Kemendikbud juga menggandeng banyak perusahaan startup sebagai wadah mahasiswa untuk melakukan kegiatan PKL atau magang. Tapi gak hanya startup aja, mahasiswa juga diperbolehkan untuk aktualisasi diri di yayasan, perusahaan multinasional, hingga instansi pemerintah.

Melihat program dari Nadiem ini sih bisa disimpulkan kalau Kemendikbud ingin sekali mengubah aktivitas perkuliahan yang tadinya di dominasi oleh jam belajar menjadi jam kegiatan. Dan, ini adalah kesempatan berharga untuk mahasiswa agar bisa mencari pengalaman-pengalaman berharga sebelum nantinya lulus dari lingkungan sivitas akademika.


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexalbeast dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Halaman 1 dari 9
5 semester buat yg rajin. klo buat yg suka "berburu" di segala aspek hrs tetep 14 semester dong.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 2 lainnya memberi reputasi
wah banyak temen ane yg lulus dong taon ini

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
lapetlontong dan mulivw memberi reputasi


Quote:


Apem hunter emoticon-Cool
Quote:


Ga ada lagi gan kuliah S1 7 tahun..sekarang universitas negeri udah matok maksimal 5 tahun untuk S1..lewat 5 tahun, langsung di DO..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh minersky
Lihat 4 balasan
yang pengen jadi mahasiswa abadi mungkin akan kecewa.... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mau 5 semester, 4 semester atau 70 semester


duit gan duiiiiitttttt emoticon-Cool
profile-picture
panjul1993 memberi reputasi
Yoiiiii...... Supaya Calon Pengangguran lebih cepat terealisasi, disuruh cepet-cepet mikirin perut biar pada mikir kalau hidup itu bukan sekedar teori
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
berlaku untuk semua program studi kah ?
kalo jurusan arsitektur, persyaratan internasionalnya adalah 5 tahun pendidikan undergraduate. Kalo di sini, di-convert jadi 4 tahun pendidikan undergraduate + 1 tahun pendidikan profesi. Itu kalo mau jadi arsitek profesional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Jadi inget dosen ane dulu thn 90an, kuliah 7 tahun jurusan S1 ekonomi, pas lulus ngambil jurusan S1 DKV 4 tahun di kampus lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
iya ga usah lama², mau kuliah lama kalo kumpul ama kadrun pasti jadi goblok dan ga bermanfaat semua ilmu yang di pelajari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 6 lainnya memberi reputasi
S1 itu bukan diliat dari jumlah semester. Tapi harus menyelesaikan antara 140-160 SKS.
Kampus2 biasanya membagi jumlah SKS ini menjadi bbrp semester dgn bobot per mata kuliah.

Jadi kalo dipadatkan ke 5 semester ya dari dulu juga bisa, tapi lebih sengsara dong belajarnya.
Banyak kok anak2 pinter/jenius dari dulu selesai kuliah S1 cuma bbrp semester.
Pertanyaannya elo mau ngga. Gw sih ogah. Satu semester 18 SKS aja gw keteteran, bentrok mulu tugas sama maen.
profile-picture
profile-picture
slimy.cucumber dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mas menteri koplak iki😅
lah, sekarang ane udah masuk semester 6 nih.
trus ini gimana?
emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan kupss memberi reputasi
Terobosan bagus ini. Buat solusi bagi mahasiswa yg sering ngerasa salah jurusan tapi udah telanjur jauh. Sekaligus buat nyiapin masuk ke dunia kerja
profile-picture
wbros memberi reputasi
jadi pengen ambil s2 emoticon-Ngakak (S)
dkv 5 semester sisanya informatika atau sebaliknya bisa jadi kombo mantab buat bekal meraup meraup dollar adek2 sekalian emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan kaiharis memberi reputasi
wahh bisa dilihat hasilnya nanti, ane udah terlanjur lulus

masak iya balik s1 lagi
hehehe
gembok
Tar jugak kalok menterinya ganti, bakal balik ke 4 tahun atau 5 tahun...
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di