CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / UKM /
Cash Flow Adalah Kunci Sukses Bisnis, Benar atau Tidak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3aa502f4d695033d0a9393/cash-flow-adalah-kunci-sukses-bisnis-benar-atau-tidak

Cash Flow Adalah Kunci Sukses Bisnis, Benar atau Tidak?

SUMBER : Cash Flow Adalah Kunci Sukses Bisnis, Benar atau Tidak?

Ada anggapan bahwa cash flow adalah kunci sukses bisnis. Apakah ini benar atau tidak? Menurut financial planner business consultant Mada Aryanugraha, manajemen cash flow yang baik adalah kunci penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Tanpa pengelolaan yang baik, usaha kamu bisa mengalami masalah keuangan.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kekurangan uang tunai, karena penjualan masih berbentuk piutang. Sementara, perusahaan membutuhkan dalam dalam waktu yang cepat. Untuk itu, setiap pengusaha perlu menjaga arus kas perusahaan dengan baik agar keuangan mereka sehat. Jika diibaratkan, arus kas sama dengan menjaga peredaran darah dalam tubuh agar berjalan lancar dan bebas dari penyakit. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan agar cash flow mereka tetap berjalan lancar, simak penjelasannya dibawah ini!

Cara memastikan arus kas berjalan dengan baik

Untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dengan pasti, kamu harus membuat laporan arus kas yang memuat 3 poin penting yakni:
- Aktivitas operasi
Laporan ini berisi dana yang digunakan untuk kegiatan perusahaan. Nilainya bisa diperoleh dengan memasukkan nilai pengaruh kas atau bank terhadap transaksi yang terlibat untuk menentukan laba bersih. Hal-hal yang termasuk dalam aktivitas ini adalah pembelian persediaan, penjualan barang dan jasa, perlengkapan dengan umur dibawah setahun, hutang kepada supplier, dan aktivitas lainnya.
- Aktivitas investasi
Biasanya, aktivitas investasi perusahaan berasal dari nilai yang dihasilkan oleh penjualan atau pembelian aktiva tetap. Selain itu, nilainya juga bisa berasal dari transaksi yang mempengaruhi bank atau kas untuk investasi pada aset yang umurnya lebih dari satu tahun, contohnya, pembelian atau penjualan aktiva tetap atau investasi jangka tetap.
- Aktivitas pendanaan
Aktivitas pendanaan merupakan aktivitas yang berasal dari penambahan modal perusahaan. Untuk menghitungnya, kamu bisa memasukkan nilai pengurangan atau penambahan kas yang bersumber dari ekuitas pemilik atau kewajiban jangka panjang seperti, utang bank, penyetoran modal awal, obligasi dan penerbitan saham.
Dengan memuat ketiga laporan tersebut, kamu bisa mengetahui dana yang telah digunakan untuk sejumlah aktivitas dengan pasti serta dapat mengambil keputusan terkait laporan tersebut.

SUMBER : Cash Flow Adalah Kunci Sukses Bisnis, Benar atau Tidak?

Masalah yang ditimbulkan jika arus kas tidak lancar

Merunut penjelasan diatas, cash flow adalah sebuah kunci penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Jika tidak berjalan dengan baik, keuangan perusahaan akan buruk dan menimbulkan berbagai masalah yang berujung pada kemunduran perusahaan. Berikut masalah-masalah yang bisa terjadi jika kamu tidak menjaga arus kas perusahaan dengan baik.
- Pencatatan keuangan tidak berjalan dengan benar
Masalah pencatatan keuangan yang tidak rapi masih menjadi masalah klasik yang kerap dialami oleh UMKM di Indonesia. Padahal, laporan keuangan yang rapi dan transparan menjadi kunci penting agar usaha mereka berkembang. Karena itu, setiap usaha terutama UMKM harus memperhatikan pencatatan keuangan mereka. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui kondisi keuangan mereka dari berbagai macam faktor.
- Kredit macet
Masalah piutang yang tidak tertagih menyebabkan kredit macet. Karena itu, perusahaan tidak memiliki dana yang dapat digunakan lagi untuk keperluan operasional. Hal ini dapat menimbulkan masalah baru berupa hutang dan kehilangan dana untuk digunakan dalam menambal hal tersebut.


SUMBER : Cash Flow Adalah Kunci Sukses Bisnis, Benar atau Tidak?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di