CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a9653b8408879b4595c12/penting-banget-ini-dia-aturan-menerbangkan-drone-di-indonesia

Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia


Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Saat ini mau mengambil gambar dengan angle bird eye tidak serumit dulu. Jika di bayanganmu harus menggunakan helikopter, sekarang kamu hanya perlu menggunakan drone loh. Drone adalah pesawat tanpa awak (UAV) yang bisa terbang karena dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control atau komputer canggih. Dahulu perangkat mini ini hanya digunakan oleh sebagian orang karena harganya yang mahal, tapi sekarang kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau. Di artikel sebelumnya kami pernah membagikan rekomendasi drone murah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang aturan menerbangkan drone di Indonesia supaya tetap aman. Safety first!

Hindari Wilayah KKOP

Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia
Ilustrasi penerbangan di wilayah KKOP (sumber: pexels.com)


Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) adalah wilayah di daratan, perairan, atau ruang udara yang ada di sekitar bandar udara yang setiap hari digunakan untuk aktivitas penerbangan. Demi menjamin keselamatan setiap aktivitas penerbangan yang berlangsung di sana, maka terbitlah pelarangan soal menerbangkan drone di daerah KKOP.

Buat kamu yang mau mengambil gambar bird eye di Jakarta ada kabar buruk nih, karena sebagian besar kawasan Jakarta merupakan KKOP yang terlarang untuk menerbangkan drone. KKOP yang dimaksud di sini yaitu wilayah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, dan Istana Negara. Nah, mulai sekarang catat lokasi mana saja yang tidak boleh untuk menerbangkan drone hobi maupun komersial.

Pilih Lokasi Terbuka

Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia
Mengoperasikan drone di tempat terbuka (sumber: pexels.com)


Aturan menerbangkan drone di Indonesia yang berikutnya yaitu dengan memilih lokasi terbuka, contohnya lapangan. Menerbangkan di tempat terbuka dirasa lebih aman sekaligus menghindari risiko drone nyangkut di pohon atau tiang listrik. Apalagi kalau kamu syuting di lokasi padat penduduk hal tersebut tentu sangat berbahaya. Selain untuk menghindari risiko nyangkut, menerbangkan di lapangan bersama teman-teman dengan kesamaan hobi juga seru loh. Kamu bisa berkumpul dengan komunitas drone di sana, tapi dengan catatan tidak berada di wilayah KKOP yah.

Ketinggian Maksimal Menerbangkan Drone

Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia
Drone terbang di udara (sumber: pexels.com)


Mungkin sebagian dari kamu ada yang baru bergabung dengan komunitas drone hobi. Perlu diketahui bahwa menerbangkan drone ada batas maksimalnya loh. Berapa ketinggian maksimum menerbangkan drone di Indonesia? Jawabannya adalah 150 meter dari permukaan tanah berdasarkan tempat pilot mengoperasikan drone tersebut.

Sebenarnya bisa saja jika kamu ingin menerbangkannya lebih tinggi, tetapi risiko kehilangan sinyal GPS-nya sangat besar dan bisa-bisa malah hilang terbawa angin. Selain risiko hilang sinyal, menerbangkan drone di atas aturan maksimal bisa mengganggu navigasi penerbangan. Jadi, jangan coba-coba melanggaran aturannya kalau kamu tidak mau didenda sebesar Rp1,5 miliar atau hukuman penjara maksimal tiga tahun.

Periksa Kondisi Drone Secara Berkala

Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia
Memeriksa drone sebelum mengoperasikannya (sumber: photographypro.com)


Sebelum menerbangkan drone, pilot harus melakukan kalibrasi atau pengecekan dan pengaturan akurasi drone yang akan digunakan. Kalibrasi drone bertujuan untuk meminimalisasi terjadinya sistem error saat terbang. Lakukan kalibrasi secara rutin dan detail terutama di bagian baling-balingnya. Bakalan bahaya banget kalau drone-mu jatuh, karena drone memiliki baling-baling yang sangat tajam sehingga dapat menyebabkan luka robek pada kulit manusia. Selain baling-baling, kamu juga perlu memastikan tingkat kebersihan drone dan jangan simpan di tempat yang lembab.

Itu dia beberapa aturan menerbangkan drone di Indonesia yang bisa menjadi panduanmu sebelum mulai syuting. Apakah menerbangkan drone perlu izin? Jawabannya adalah iya dan kamu perlu menaati setiap prosedur keselamatan dengan keamanan dan kenyamanan bersama. 


Baca Juga Artikel Seru Lainnya :


10 Kamera Mirrorless Terbaik Harga 5 Juta-an



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di