CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a94c6c8208479f8237033/kenali-5-tahapan-quarter-life-crisis-kamu-ada-di-mana

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?


Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?

Bertumbuh kembang menuju kedewasaan memang tak mudah. Berbagai aral rintangan datang membuatmu pusing tujuh keliling. Mungkin kamu bahkan pernah berpikir akan indahnya hidup tanpa bebas di masa kecil dulu. Jangan khawatir, tidak ada tantangan yang tak bisa dilewati, begitu pula dengan quarter life crisis. Dilansir dari berbagai sumber, layaknya orang yang sedang berdukacita, ada beberapa tahapan quarter life crisis yang mesti kamu lewati. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut! 

1. Pre-crisis

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
Sumber: pexels.com


Tahapan quarter life crisis pertama bisa disebut dengan istilah pre-crisis. Kamu membuat banyak keputusan besar dalam berbagai aspek hidupmu. Mulai dari karir, hubungan, pendidikan, hingga urusan pribadi. Bisa saja kamu memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan impian, atau diterima lanjut studi di kampus tujuan. 

Ada perasaan yang membuncah dari dalam hatimu akan berbagai kesempatan yang berhasil kamu dapatkan. Namun pada saat yang bersamaan, kamu merasa bahwa hidupmu terkekang dalam keputusan yang telah kamu buat. Keinginan untuk lepas dan lari dari ‘kurungan’ tersebut pun muncul, tapi pikiranmu mengatakan bahwa kamu tidak bisa keluar.  

2. Kepanikan Bermula

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
Sumber: pexels.com


Selepas tahapan quarter life crisis dimulai, kepanikan pun bermula. Perasaan membuncah yang kamu rasakan dari berbagai keputusan yang kamu perlahan menghilang dan gelombang panik pertama datang menghampiri. Keputusan yang kamu buat sepertinya kurang meyakinkan. 

Beragam kemungkinan yang dapat terjadi seandainya kamu memutuskan lain pun muncul di dalam benak. “Harusnya kemarin aku terima aja yah tawaran dari perusahaan itu.”. “Tahu gini kan mending aku bisa langsung naik pangkat seandainya waktu itu…”. “Astaga, apa yang sudah aku lakukan?”. Kamu merasa bahwa ada banyak pilihan yang bisa dicoba dan dorongan untuk mengubah hidup juga turut berkembang dalam tahapan ini. 

3. Penyangkalan: “Gapapa Kok”

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
Sumber: pexels.com


Setelah fase panik mereda, kamu akan berhadapan dengan tahapan penyangkalan atau denial. Dibanding menghadapi masalah dan ketakutan yang ada, kamu justru berpura-pura seakan semuanya sedang baik-baik saja. Kamu menganggap bahwa semua keputusan yang telah dibuat adalah benar adanya, everything is perfect.

Hidupmu berjalan sesuai dengan rencana dan segalanya terlihat sempurna sebagai orang dewasa. Secara bertahap kamu mulai membangun kembali susunan hidup yang sebelumnya sempat hilang entah kemana. Hobi yang sempat ditinggalkan dulu kembali dilakukan. Kegiatan favoritmu yang sebelumnya sulit dilakukan sekarang bisa lebih rutin digeluti. 

4. Antisipasi Mid-Life Crisis 

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
Sumber: pexels.com


Berlanjut ke tahapan quarter life crisis yang keempat. Kamu berhasil melalui beberapa krisis sebelumnya dan sekarang waktunya untuk melihat ke masa depan. Yap, di tahap ini kamu sudah tidak lagi pusing memikirkan kisah di masa lalu. Begitu juga dengan dampak dari keputusan yang kamu ambil. Kini, kamu telah menyadari betul jika ini bukanlah saatnya untuk merenung dan menyesali masa lalu. Saatnya bersiap untuk masa yang akan datang; mid-life crisis. 

Krisis yang menghampiri kemudian membuatmu terus berpikir bukan hanya satu, tapi setiap keputusan yang pernah kamu buat. Apakah kamu memilih karir yang tepat? Haruskah kamu membalas pesan dari match di Tinder beberapa hari lalu? Apakah jurusan yang kamu ambil pas kuliah dulu memang benar impianmu? Bisa dibilang kalau tahapan ini akan menjadi cukup menantang. Air mata bisa mulai menetes dan rasa ingin berteriak sekencang-kencangnya jadi lebih sering muncul. Tapi tahan dulu, masih ada tahapan berikutnya. 

5. Penerimaan

Kenali 5 Tahapan Quarter Life Crisis, Kamu Ada di Mana?
Sumber: pexels.com


Akhirnya, setelah keempat krisis sebelumnya berhasil kamu lewati, kini tiba saatnya untuk tahapan quarter life crisis terakhir. Kamu akan menyadari bahwa usiamu masih muda. Ada banyak ruang dan kesempatan untukmu membuat kesalahan dan belajar. Tantangan hidup di depan masih banyak, jalan panjang sudah menanti. Semua kesalahan yang kamu buat merupakan bagian dari pembelajaran hidup. 

Kamu punya resiko untuk diambil dan banyak orang baru yang menunggu untuk bertemu. Passion-mu menggelora! Kumpulkan uang sebanyak mungkin, habiskan sesukamu, dan jangan untuk simpan sebaik-baiknya. Waktunya mengatakan, berhasil! Welcome to adulthood! Nikmati waktu yang kamu miliki dan berikan apresiasi layak untuk dirimu sendiri. 


baca Juga Artikel Seru Lainnya :

5 Dilema Quarter Life Crisis yang Kerap Menghantui Milenial



profile-picture
jinzflix memberi reputasi
Kuncinya sabar dan bersyukur dalam hidup ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di