CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Kenali Gejala DBD Yang Mematikan, Berikut Infonya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a80567414f52cfe5d2023/kenali-gejala-dbd-yang-mematikan-berikut-infonya

Kenali Gejala DBD Yang Mematikan, Berikut Infonya

Kenali Gejala DBD Yang Mematikan, Berikut Infonya
Sumber Foto : Medical News Today

Halo GanSis...emoticon-Haiemoticon-Hai
Seperti yang kita tahu bahwa musim hujan merupakan salah satu cara mewabahnya penyakit demam berdarah dengue atau DBD. DBD yang dapat di tularkan melalui nyamuk yang bernama Aedes aegypti yang telah terinfeksi. Hal yang perlu di waspadai bahwa penyakit DBD ini adalah penyakit yang serius, maka dari itu kita harus bisa membedakan mana penyakit DBD dan mana yang hanya panas demam biasa.

Dalam thread kali ini kita akan sama sama membahas lebih dalam tentang DBD menurut lansiran dari CNNIndonesia.com :

Dilansir dari World Health Organization (WHO), pada setiap tahunnya terdapat sekitar 400 juta orang yang terkena infeksi DBD. Total dari 100 juta orang yang terkena infeksi DBD, sekitar 22 ribu di antaranya meninggal dunia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menjelaskan bahwa terjadinya DBD menimbulkan gejala yang tidak pasti entah mulai dari ringan sampai berat. Gejala DBD yang berat dapat menyababkan keadaan gawat darurat medis karena dapat mengancam nyawa hanya dengan beberapa jam.

Gejala awal DBD pada umumnya berlangsung selama 2-7 hari, dan dapat di obati dengan resep dokter. Gejala awal ini dapat berkembang menjadi DBD yang berat ketika 24-48 jam setelah demam turun di tandai dengan sejumlah tanda yang lebih parah.

Nah.. Berikut merupaka gejala dan tanda-tanda yang terjadi ketika DBD mulai menyerang :

Tanda-tanda Awal
-         Demam panas
-         Muncul bintik-bintik merah
-         Mual
-         Nyeri, sakit pada mata, otot, sendi, dan tulang
-         Sakit kepala

Tanda-tanda mulai parah :
-         Sakit perut
-         Muntah kurang lebih 3x dalam 24jam
-         Muntah darah atau darah pada tinja
-         Pendarahan pada hidung atau gusi
-         Merasa lelah dan gelisah

Kondisi DBD ini harus segera di tangani dan harus dalam pengawasan medis di rumah sakit, jika terlambat dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.
Penyebab dari DBD sebenarnya bukan masalah dari nyamuk itu sendiri, namun salah satu faktor yang mengundang nyamuk DBD dapat datang ke rumah kita adalah lingkungan kita yang mungkin kotor atau pengap. Intinya dengan menjaga agar lingkungan tempat kita tinggal, terutama seperti kamar tidur, kamar mandi, sela-sela gelap dalam rumah, gudang, dan tempat-tempat yang jarang dilalu-lalang oleh kita bersih, sehingga dapat membuat nyamuk nyamuk pembawa DBD itu pergi.

Lalu hal yang dapat kita lakukan dalam mencegah agar kita rethindar dari gigitan nyamuk adalah dengan cara menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang ketika keluar dari rumah, apalagi saat keadaan malam hari. Lalu menggunakan lotion anti nyamuk, dalam penggunaan lotion ini jangan samakan lotion nyamuk orang dewasa dengan lotion nyamuk anak-anak, karena pada umumnya dosis obat dalam lotion nyamuk orang dewasa lebih tinggi kadar racun nyamuknya untuk anak dibandingkan untuk orang dewasa yang kulitnya sudah lumayan kebal dan tebal. Dan yang terakhir pastikan untuk menjaga selalu tubuh tetap fit, karena kekebalan tubuh kita dapat menangkis DBD agar tidak menguasai badan kita.

Demikian lah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share thread ini ke teman teman, kerabat, dan keluarga dan lainnya agar mendapat informasi dan pengetahuan yang luasemoticon-Jempolemoticon-Jempol. Jangan lupa juga buat komen pada kolom komentar di bawah thread ini ya. Terimakasih emoticon-Nyepikarena sudah membaca thread ini dan sampai jumpa pada thread-thread selanjutnya.emoticon-Haiemoticon-Hai
emoticon-Toastemoticon-Toast



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di