CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
1,9 Ton Ikan Asin Formalin di Labuan Bajo Dimusnahkan"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a7942c0cad75dc369b7ce/19-ton-ikan-asin-formalin-di-labuan-bajo-dimusnahkanquot

1,9 Ton Ikan Asin Formalin di Labuan Bajo Dimusnahkan"

- Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama Satpol PP berhasil mengamankan 1,9 ton ikan asin yang terindikasi mengandung formalin. Ikan-ikan asin tersebut dibawa ke Dinas KPP dan telah dimusnahkan pada Selasa (4/2/2020). Kepala Dinas KPP Manggarai Barat Yeremias Ontong menjelaskan, ikan asin yang beredar di pasar Manggarai Barat ini berasal dari Selayar, Makassar, Sulawesi Selatan.


"Ikan kering berformalin ini pertama kali ditemukan tim Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan dijual di pasar di daerah Werang dan Rekas. Sidak dilanjutkan di dermaga penyeberangan kapal Ferry Labuan Bajo," ujar Yeremias kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Yeremias menjelaskan, setelah mendapatkan ikan tersebut, Dinas KPP menyita dan kemudian mengirim sampel ke Dinas Kesehatan Manggarai Barat. Kemudian, 10 sampel ikan asin yang dicek di laboratorium. Semua ikan tersebut ternyata terindikasi mengandung formalin, dengan kandungan formalin berkisar 0,9 - 8,3 milligram.

"Sebagian dari ikan tersebut sudah sempat dikirim ke beberapa daerah lainnya, yakni Lembor dan Ruteng. Beruntung sempat dikejar dan dicegat oleh petugas. Ikan yang disita itu dikirim kembali ke Labuan Bajo untuk dimusnahkan," kata Yeremias. Baca juga:

Yeremias mengatakan, Dinas KPP telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, guna melakukan tindakan lanjut baik bagi penyuplai atau pedagang yang menerima dan menjual ikan kering berformalin. Yeremias mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat agar berhati-hati saat mengonsumsi ikan kering yang dijual di pasar. 

 https://regional.kompas.com/read/2020/02/05/13244601/19-ton-ikan-asin-formalin-di-labuan-bajo-dimusnahkan. 



Burn them allll
tak pikir di jakarta aja ikan asin di formalin
hahaha
jangan banyak2 mamam ikan asin
Ya baguslah
Ga habis pikir kenapa sih di formalinin.
Masa sih ikan asin sebanyak itu ga laku sebelum di formalin ?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di