CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a75b3c342bb6a0518fd9f/membunyikan-klakson-saat-lampu-merah-di-sini-auto-telat-ngantor

Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor

Ketika lampu lalu lintas masih merah, ada saja pengendara di Indonesia yang terus membunyikan klakson. Padahal, suara klakson dari kendaraannya tidak bisa membuat antrian lampu lalu lintas itu terurai lebih cepat.

Kebiasaan membunyikan klakson saat lampu merah tidak hanya terjadi di Indonesia. Di India, kebisingan suara klakson terjadi lebih parah. Banyak sekali pengendara yang hobi menyalakan klakson saat mengantri lampu merah.

Kebisingan suara menjadi masalah pelik di India. Bahkan, kota Mumbai dianggap sebagai kota terbising di dunia dengan tingkat kebisingan lebih dari 100 desibel.


Solusi Polisi India mengurangi kebiasaan membunyikan klakson di lampu merah
Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor
Buat menanggulangi kondisi tak mengenakan itu, kepolisian India pun bersiasat. Mereka membuat sebuah sistem yang dapat mengurangi kebiasaan pengendaran membunyikan klakson.  

Perangkat bernama “Punishing Signal” tersebut bekerja dengan memanfaatkan sensor suara yang terhubung ke lampu lalu lintas. Setiap sensor membaca kebisingan suara mencapai 85 desibel, hitungan lampu merah akan kembali ke awal. Sehingga, jika pengendara masih membunyikan klakson, lampu lalu lintas tidak akan berubah hijau.

Sebagai imbauan kepada para pengendara, kepolisian India turut memasang tulisan bernada satir. “Terus bunyikan klakson, menunggu (lampu merah) akan semakin lama”. Konsekuensinya kalau tetap membandel, lebih lambat sampai tujuan, telat ngantor atau aktivitas lainnya. emoticon-Sorry

Alat tersebut diharapkan bisa meredam tabiat buruk para pengendara. Setiap mereka mengulangi kebiasaannya, maka kerugian waktu yang akan didapatkan.
Sistem sinyal kebisingan tersebut diklaim sebagai yang pertama di dunia. Cara tersebut merupakan alternatif selain peraturan lalu lintas yang sifatnya formatif.
Jika dibiarkan, kebisingan suara tidak Cuma mengakibatkan suasana tidak nyaman. Ada ancaman kesehatan yang dapat terjadi.

Tingkat kebisingan tinggi dapat merusak gendang telinga. Lebih lanjut, dampaknya bisa mengakibatkan stres pada orang-orang yang berada di lingkungan bising.

Kalo di Indonesia sendiri gimana ya? Yuk Gan baca disini! :2thumbup

profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan zee.zee.zero memberi reputasi
Nice thread
nice info gan
Good idea.
emoticon-Baby Boy
kalo ada yg klakson pas belum lampu hijau, rasane pengen nampol
profile-picture
profile-picture
theway001 dan ciptawan memberi reputasi
di Indo bisa dirubuhin lampuny
mantap juga tuh
Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor
Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor
Membunyikan Klakson Saat Lampu Merah di Sini, Auto Telat Ngantor
waduh salah komen
Diubah oleh pr1mus_corleone
Wkwk kalo di indonesia dibikin kaya gitu bisa auto baku hantam tuh
emoticon-Ngakak
Refleks soalnya kalo hijau pasti pencet klakson.
Belum lagi kalau nanti ada yang bikin prank
emoticon-Ngakak
Di Indo traffic light ga ada harga dirinya gan,, lampu masih nyala merah aja banyak yang berani teroboss emoticon-Bingung
tapi kadang sebel juga kalo udah lampu hijau eh malah gak jalan jalan tuh yang depan, kadang malah ngelamun atau main hp ,kalo ga diklakson kaga nyadar emoticon-Hammer2
Besok klaksonnya ganti bel kluntung sapi aja dah gan emoticon-DP
Di indonesia langsung demo bakar2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di