CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Potensi Investasi Capai 37 Triliun, KEK Maloy Justru Sepi Investor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a66335cf6c442364adfcd/potensi-investasi-capai-37-triliun-kek-maloy-justru-sepi-investor

Potensi Investasi Capai 37 Triliun, KEK Maloy Justru Sepi Investor

Potensi Investasi Capai 37 Triliun, KEK Maloy Justru Sepi Investor

Presisi – Sejak di resmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April 2019 lalu, Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) yang berada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) belum juga menarik bagi para investor.

Padahal, saat peresmian yang berlangsung di Manado, Sumatera Utara itu Jokowi menyebut KEK MBTK memiliki potensi nilai investasi dari industri pengolahan kelapa sawit, industri energi dan logistik sebesar Rp 37,71 triliun dan mampu menyerap 55.700 tenaga kerja.

Potensi Investasi Capai 37 Triliun, KEK Maloy Justru Sepi Investor

Sumber Foto : Video Profil Kawasan Ekonomi Khusus - Indonesia SEZ

Tak hanya itu, KEK MBTK dalam proyeksi Jokowi mampu memberi kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kutai Timur sebesar Rp 4,67 trilliun di tahun 2025.

Tingginya potensi investasi yang bisa menjadi nilai tambah terhadap pergerakan ekonomi di Kaltim itu masih dihadapkan dengan persoalan lain yang akhirnya menghambat jalan investor untuk mengucurkan dana investasinya.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim Melati Bhakti Satya (MBS), Agus Dwitarto menuturkan, belum terlengkapinya fasilitas pendukung berupa air, jalan dan listrik menjadi alasan utama yang menghambat masuknya investasi di lokasi tersebut.

Potensi Investasi Capai 37 Triliun, KEK Maloy Justru Sepi Investor

Foto : Agus Dwitarto - Direktur Utama Perusda Kaltim Melati Bhakti Satya (MBS)

“Sudah sampaikan ke DPRD (Provinsi Kaltim) untuk dicarikan solusinya.  Utamanya, kebutuhan infrastruktur tambahan agar menambah daya tarik investasi," terang Agus saat ditemui usai menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPRD Kaltim, Selasa (4/2) kemarin.

Lanjut dicontohkan Agus, ketersedian daya dukung listrik yang ada di KEK MBTK masih sebesar 30 MVA, sementara daya yang dibutuhkan adalah sebesar 90 MVA.

Oleh sebab itu, lagi dikatakan Agus permasalahan yang dihadapi oleh KEK MBTK harus segera di evaluasi, kurangnya sarana dan prasarana pendukung harus segera diadakan guna meraup keuntungan dari salah satu megaproyek yang dibangun di era Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak ini.

"Biar para investor tertarik," tegasnya.

Namun demikian, Agus menyebut bahwa saat ini sudah ada beberapa investor yang melakukan survei bahkan membuat nota kesepahaman dengan KEK MBTK.

"Makanya nanti kita surati. Mereka (investor) serius atau enggak," tutupnya.


Sumber Berita
https://presisi.co/read/2020/02/05/4...sepi-investor
Halaman 1 dari 2
Alah investor china aja ditolak gegara corona
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Ya baguslah
profile-picture
profile-picture
SVDragunova dan gabener.edan memberi reputasi
Dari dulu di sana Banyak mafia yg mempersulit ijin pabrik kelapa sawit..

Sekarang jadi pada males mau buat pabriknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Kawasan Ekonomi Khusus akan gagal ketika hukum negara yang menyelenggarakan masih berlaku di sana. Kalo hukum negara penyelenggara masih berlaku, lalu di mana khususnya kawasan itu?

Kalo mau KEK berhasil, maka hukum negara yang menyelenggarakan tidak boleh berlaku di kawasan tersebut. Contohnya Dubai dan Shenzhen.

emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh peyotpetot
Lihat 2 balasan
Kalau menurut ane

Kurang menarik karena sda ama regulasi plus standar gaji + pajak
profile-picture
profile-picture
bajier dan gabener.edan memberi reputasi
Balasan post peyotpetot
oya baru tau ane. Terus shenzhen dan dubai pake hukum apa?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
pengusaha bikin pabrik itu ngeliat situasi premannya

yang masih mendingan emang pulau jawa, walopun banyak preman ama ormasnya setidaknya mintanya 1 bulan sekali, kalo dah ngasih ke satu ormas/preman, yang lain ngga bakalan minta jatah karena istilahnya dah dilindungi.

diluar itu jangan harap dah bisa tiap hari mintanya beda2 ormas

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sebenarnya gampang untuk menarik investor ...
Bangun aja daerahnya dengan jumlah gereja, vihara, pura, dan kelenteng dalam jumlah yang cukup banyak ...

Terus bangun jalan raya yang terintegrasi sampai ke pusat kota dan pusat pelabuhan ...
Dijamin investor berdatangan... karena tahu artinya daerah tersebut:

- Aman dan nyaman
- Memiliki tingkat toleransi yang baik
- Aksesnya lebih mudah
- Akan ramai oleh orang-orang kaya

Contoh nyatalah ... itu PIK kenapa bisa selalu laku ...
Karena banyak tanah yang sedari awal sudah dipetakin untuk pembangunan gereja dan rumah ibadah lainnya ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post .soroga.
Karena di PIK sendiri akses ke bandara dan sumber daya (air, listrik, jalan) sudah banyak. Sedangkan di daerah itu sulit akses baik jalan, air bersih sampai internet.

Ga usah internet deh, listrik aja di daerah masih byarpet kok. Di Kutai sendiri listrik bisa cuma nyala 6 jam aja kalau lagi kumat byarpetnya.

makanya disebut di berita :
Quote:
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh mows
Balasan post .soroga.
@mows PIK sendiri banyak lemahnya kok ... mulai dari bau, akses air dulu bermasalah, sampai daerahnya yang tergolong masih terlalu jauh ke pusat bisnis ...
investor mau investasi dipalakin mulu....
profile-picture
bajier memberi reputasi
Diubah oleh rajkapoor
Quote:

Maaf pak agus, orang indonesia ga makan infrastruktur ...emoticon-Ngacir
Masalah ini akan teratasi dengan pindah ibukotak emoticon-Ngakak
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
bentar lagi juga rame
apalagi dekat ibukota baru emoticon-Big Grin

ya mirip2 tangerang lah nanti emoticon-Big Grin
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Balasan post Bata.Pedas
Quote:


di gotham city gt bisa berapa kali ya mintaknya itu preman2 di sana para mukapetak?
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan Doenanz memberi reputasi
Quote:


Maksudnya hukum negara gimana bre? emoticon-Bingung
Diubah oleh elefana
Lihat 1 balasan
Kebanyakan pajak. Minim insentif.
Negara laen lebih menarik.







emoticon-Traveller
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Balasan post .soroga.
Investor ga nyaman dgn bnyk mesjid itu fakta
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan kaiserwalzer memberi reputasi
Balasan post peyotpetot
@sehau76 Hukum buatan pengelola kawasan.
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan sehau76 memberi reputasi
Balasan post elefana
UUD1945 dan segala peraturan di bawahnya tidak boleh diterapkan di kawasan ekonomi khusus emoticon-Entahlah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di