- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Motor Dipasang Aki Ampere Besar?


TS
zeusbattery
Motor Dipasang Aki Ampere Besar?
Motor Dipasang Aki Ampere Besar? – Humm menurut Anda, kira-kira nih rugi atau untung sih, jika Anda pakai aki yang punya ampere lebih besar dibanding bawaan dari motornya?
Karena secara harga nih, aki yang ampere-nya lebih besar, pastinya dibanderol lebih mahal.
Baca juga : Cara Lepas Pasang Aki Mobil Dengan Benar
Seperti Aki Zeus dengan tipe kode GTZ5S, Tegangan 12 Volt, Kapasitas 5 Ah Amper Hour, dibanderol seharga Rp. 130.000.
Sedangkan Aki Zeus dengan tipe kode GTZ7S, Tegangan 12 Volt, Kapasitas 7 Ah Amper Hour, dibanderol mencapai Rp. 210.000. Lumayan ya bedanya?
Baca Juga : 3 Hal Yang Menyebabkan Garansi Motor Hangus
“Sebenarnya untung atau rugi ya tergantung kebutuhan pengendara motor sendiri. Kalau motor masih standar pabrik, dan tidak ada modifikasi apa-apa, bisa jadi ya pemborosan. Akan tetapi, jika ada part tambahan, yang membutuhkan listrik, penggantian aki ke ampere gede jadi kebutuhan,” ucap Subronto Laras dari bengkel Mandiri Motor di , Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Baca Juga : Ini Dia Aki Untuk Yamaha NMAX
Touring?
Misalkan, Anda suka touring, dan sudah menambahkan lampu tembak atau klakson telolet pada motornya.
Baca Juga : Motor Terendam Banjir? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini
Penambahan itu, tentunya harus diimbangi asupan listrik yang besar pula.
Maka dari itu, penggantian aki dengan ampere lebih besar, tentunya jadi kebutuhan.
Baca Juga : Katanya Aki Kering, Kok Pakai Air?
Jika tidak diganti, aki standar bisa cepat tekor. Karena tidak bisa memenuhi permintaan listrik yang besar.
Penggantian aki dengan ampere lebih besar, tentu juga harus diimbangi modifikasi jalur pengisian.
Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar
Biasanya nih ya, dengan mengganti gulungan spul magnet, dengan kawat yang lebih besar.
Dilakukan supaya proses pengisian, bisa lebih cepat. Karena daya tampung aki juga lebih besar.
Namun, pastinya Anda harus rogoh kocek yang lebih, untuk gulung ulang spul magnet.
Baca Juga : Barang Unik Bernama Selimut Aki
“Kalau tidak modif spul, proses pengisiannya tentunua jadi lama. Biaya jasa gulung spul magnet kan juga beragam. Biasanya 150 ribu sampai 400 ribuan, tergantung jenis motor. Tipe injeksi sih yang biasanya lebih mahal,” tambah Bronto yang akrab disapa Bronx.
Baca Juga : Katanya Aki Kering, Kok Pakai Air?
Jika Anda yang beranggapan, mengganti aki dengan ampere yang lebih besar, membuat tenaga meningkat, itu sih salah.
Motor Balap?
Memang sih, motor balap di arena road race Tanah Air yang kencang tersebut, banyak yang ganti aki ampere yang lebih besar.
Baca juga : Aki Menggelembung Pertanda Apa
Mereka pasang aki ampere besar, supaya asupan listrik ke sistem injeksi cukup, hingga akhir putaran.
Karena, motor balap umumnya pakai sistem pengapian total loss, yang tidak ada jalur pengisian.
Maka dari itu, butuh aki yang daya tampungnya lebih besar.
Baca Juga : Istilah CCA pada Aki
Akan tetapi, di motor standar, tidak ada pengaruh aki ke tenaga motor.
Nah, sekarang Anda tau kan untung dan ruginya pakai aki ampere besar?
Untuk motor yang full standar nih, tidak perlu mengganti aki, dengan ampere yang lebih besar.
Baca Juga : [TIPS] Cara Lepas-Pasang Aki Mobil Dengan Benar
Karena, jadi mubazir di motor Anda, dan harus keluar uang yang lebih untuk menebus akinya.
Kecuali yang sudah ada penambahan part, yang berhubungan dengan kelistrikan, silakan ganti dan siapkan koceknya ya hehehe.
[hr]
Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com
Telah terbit di : Zeus Battery
Karena secara harga nih, aki yang ampere-nya lebih besar, pastinya dibanderol lebih mahal.
Baca juga : Cara Lepas Pasang Aki Mobil Dengan Benar
Seperti Aki Zeus dengan tipe kode GTZ5S, Tegangan 12 Volt, Kapasitas 5 Ah Amper Hour, dibanderol seharga Rp. 130.000.
Sedangkan Aki Zeus dengan tipe kode GTZ7S, Tegangan 12 Volt, Kapasitas 7 Ah Amper Hour, dibanderol mencapai Rp. 210.000. Lumayan ya bedanya?
Baca Juga : 3 Hal Yang Menyebabkan Garansi Motor Hangus
“Sebenarnya untung atau rugi ya tergantung kebutuhan pengendara motor sendiri. Kalau motor masih standar pabrik, dan tidak ada modifikasi apa-apa, bisa jadi ya pemborosan. Akan tetapi, jika ada part tambahan, yang membutuhkan listrik, penggantian aki ke ampere gede jadi kebutuhan,” ucap Subronto Laras dari bengkel Mandiri Motor di , Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Baca Juga : Ini Dia Aki Untuk Yamaha NMAX
Touring?
Misalkan, Anda suka touring, dan sudah menambahkan lampu tembak atau klakson telolet pada motornya.
Baca Juga : Motor Terendam Banjir? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini
Penambahan itu, tentunya harus diimbangi asupan listrik yang besar pula.
Maka dari itu, penggantian aki dengan ampere lebih besar, tentunya jadi kebutuhan.
Baca Juga : Katanya Aki Kering, Kok Pakai Air?
Jika tidak diganti, aki standar bisa cepat tekor. Karena tidak bisa memenuhi permintaan listrik yang besar.
Penggantian aki dengan ampere lebih besar, tentu juga harus diimbangi modifikasi jalur pengisian.
Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar
Biasanya nih ya, dengan mengganti gulungan spul magnet, dengan kawat yang lebih besar.
Dilakukan supaya proses pengisian, bisa lebih cepat. Karena daya tampung aki juga lebih besar.
Namun, pastinya Anda harus rogoh kocek yang lebih, untuk gulung ulang spul magnet.
Baca Juga : Barang Unik Bernama Selimut Aki
“Kalau tidak modif spul, proses pengisiannya tentunua jadi lama. Biaya jasa gulung spul magnet kan juga beragam. Biasanya 150 ribu sampai 400 ribuan, tergantung jenis motor. Tipe injeksi sih yang biasanya lebih mahal,” tambah Bronto yang akrab disapa Bronx.
Baca Juga : Katanya Aki Kering, Kok Pakai Air?
Jika Anda yang beranggapan, mengganti aki dengan ampere yang lebih besar, membuat tenaga meningkat, itu sih salah.
Motor Balap?
Memang sih, motor balap di arena road race Tanah Air yang kencang tersebut, banyak yang ganti aki ampere yang lebih besar.
Baca juga : Aki Menggelembung Pertanda Apa
Mereka pasang aki ampere besar, supaya asupan listrik ke sistem injeksi cukup, hingga akhir putaran.
Karena, motor balap umumnya pakai sistem pengapian total loss, yang tidak ada jalur pengisian.
Maka dari itu, butuh aki yang daya tampungnya lebih besar.
Baca Juga : Istilah CCA pada Aki
Akan tetapi, di motor standar, tidak ada pengaruh aki ke tenaga motor.
Nah, sekarang Anda tau kan untung dan ruginya pakai aki ampere besar?
Untuk motor yang full standar nih, tidak perlu mengganti aki, dengan ampere yang lebih besar.
Baca Juga : [TIPS] Cara Lepas-Pasang Aki Mobil Dengan Benar
Karena, jadi mubazir di motor Anda, dan harus keluar uang yang lebih untuk menebus akinya.
Kecuali yang sudah ada penambahan part, yang berhubungan dengan kelistrikan, silakan ganti dan siapkan koceknya ya hehehe.
[hr]
Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com
Telah terbit di : Zeus Battery




latifbastian123 dan perutsehat memberi reputasi
0
2K
4


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan