CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a4fa365b24d41890c0b8d/ekonomi-ri-tergantung-china-awas-ketularan-corona

Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...

Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...

Jakarta, CNBC Indonesia - Awan mendung tengah menggelayuti perekonomian China. Setelah tahun lalu nelangsa gara-gara perang dagang lawan Amerika Serikat (AS), kini China menghadapi tantangan baru yang bernama virus corona.

Virus yang menyebabkan gejala seperti influenza ini berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Seiring libur panjang Tahun Baru Imlek, virus corona menyebar dengan luas dan cepat karena tingginya mobilitas masyarakat. Imlek memang momen puncak pergerakan warga China, baik antar-kota maupun antar-negara.

Mengutip data satelit pemetaan ArcGis pada Rabu (5/2/2020) pukul 00:16 WIB, sudah terjadi 20.704 kasus virus corona di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 427 orang meninggal dunia.


Berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) biaya pengobatan untuk virus corona di seluruh dunia sudah mencapai US$ 675 juta (Rp 890,41 miliar dengan kurs saat ini). Angka ini belum termasuk dampak sosial dan ekonomi.

Ya, dampak ekonomi akibat penyebaran (outbreak) virus corona memang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, virus ini membuat aktivitas ekonomi di Negeri Tirai Bambu seret.

Kalau ada virus mematikan sedang bergentayangan, tentu masyarakat berpikir ribuan kali untuk beraktivitas di luar rumah. Akibatnya, aktivitas produksi dan konsumsi pasti berkurang drastis.

"Awalnya pemerintah China menambah masa libur Imlek selama tiga hari. Namun sesudah itu, jumlah pabrik yang tidak berproduksi semakin banyak. Berbagai provinsi di China menunda aktivitas bisnis," sebut laporan IHS Markit yang dirilis 31 Januari lalu.

Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi China hampir pasti melambat. Bahkan risiko pertumbuhan ekonomi di bawah 5% adalah sesuatu yang sangat nyata.

"Untuk saat ini, sulit melihat penyebaran virus Corona akan melambat. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I-2020 bisa turun ke bawah 5% dan ini kemungkinan masih berlanjut pada kuartal berikutnya," kata Wang Jun, Kepala Ekonom Zhongyuan Bank, seperti diberitakan Reuters.

Beberapa ekonom lain yang dimintai pendapat oleh Reuters juga mengemukakan proyeksi yang gloomy. Louis Kuijs, Ekonom Oxford Economics, memperkirakan pertumbuhan ekonomi China sebesar 5,4% pada 2020. Lumayan jauh melambat dibandingkan pencapaian 2019 yaitu 6,1%. Sementara Tao Wang, Ekonom UBS, memperkirakan pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I-2020 hanya 3,8% dan sepanjang 2020 adalah 5,4%.

China Teramat Penting Buat Indonesia
China memainkan peran penting dalam globalisasi. Bagi banyak negara, China adalah mitra dagang dan investasi utama. Salah satu negara itu adalah Indonesia.

Dari sisi perdagangan, China adalah negara tujuan ekspor utama Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekspor non-migas Indonesia ke China sepanjang 2019 adalah US$ 25,85 miliar. Jumlah itu mencapai 16,68% dari total ekspor non-migas Tanah Air

Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...

Ketika aktivitas ekonomi di China lesu akibat virus Corona, permintaan produk-produk Indonesia juga tentu ikut menurun. Kala ekspor di China turun, kinerja ekspor secara keseluruhan pasti terganggu mengingat besarnya peranan China.

Tidak hanya di perdagangan, China juga memegang posisi strategis dalam hal investasi. Sepanjang 2019, investasi China di Indonesia tercatat senilai US$ 4,74 miliar yang tersebar di 2.130 proyek. China hanya kalah dari Singapura yang berada di posisi pertama.

Malangnya, dunia usaha di China sedang agak lesu. Ini terlihat dari angka Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur periode Januari 2020 yang sebesar 51,1.

PMI menggunakan angka 50 sebagai titik mula, kalau di atas 50 berarti sebenarnya industriawan sedang ekspansif. Walau angka Januari 2020 masih di atas 50, tetapi turun ketimbang bulan sebelumnya yang sebesar 51.5. Pencapaian Januari 2020 menjadi yang terendah dalam lima bulan terakhir.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa di Bawah 5%?
Melihat hubungan di bidang perdagangan dan investasi, ketergantungan Indonesia terhadap China cukup kuat. Oleh karena itu, jika ekonomi China melambat maka Indonesia pasti bakal kena getahnya.

Menurut kajian Bank Dunia, setiap penurunan pertumbuhan ekonomi di China sebesar 1 poin persentase, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terpangkas 0,3 poin persentase. Sayangnya, ekonomi China hampir pasti melambat akibat virus Corona.

Riset S&P menyebutkan, virus Corona akan memangkas pertumbuhan ekonomi China tahun ini sekitar 1,2 poin persentase. Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 mengasumsikan pertumbuhan ekonomi tahun ini 5,3%. Jadi kalau ekonomi China melambat 1,2 poin persentase gara-gara virus Corona, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini berkurang menjadi 4,94%, terendah sejak 2016.

Oleh karena itu, Indonesia harus waspada. Pemerintah dan otoritas lain harus memastikan bahwa konsumsi domestik cukup kuat untuk membendung dampak eksternal dari perlambatan ekonomi China.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...laran-corona/1

tergantung china? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 2 lainnya memberi reputasi

tanpa owe kalian gak makan laah..
Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...
untuk saat ini...
lebih baik mati daripada harus impor dari cina emoticon-Mewek kampret emang
ts nya sombong

kalo lu masi pake hp china artinya hidup lu masi tergantung sm china

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan diehard57 memberi reputasi
udeh pd pindah kemarih aje bleh
yg pling kaya di negara ni jg drsanaemoticon-Hai
Ya, dampak ekonomi akibat penyebaran (outbreak) virus corona memang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, virus ini membuat aktivitas ekonomi di Negeri Tirai Bambu seret. 
bodo amat blokir dulu smua urusan sama tiongkok emoticon-Ngacir2
kampret bakal jerit yg melekat di badan dari ujung kaki sampe ujung rambut bakal naik harganya, belum apa2 harga bawang putih udah tembus rp 60ribuan, siap2 aja harganya setara cabe rawit /kg emoticon-Big Grin
Republik Indonesia punya hak menentukan sikap bila sebuah product dianggap membahayakan warganya

emoticon-Cool
profile-picture
winehsuka memberi reputasi
Rajin wudhu, pakai cadar, baca quran CORONA pun keok
Dipilah aja mana yang beresiko mana gak. Gak perlu over reaktif dalam menanggapinya. Nanti yang rugi diri sendiri.
Quote:


Itu yg dibicarain ekspor bray... Kita jg banyak ekspor ke china....
Lihat 1 balasan
Balasan post angopmaksimal
ekspor lanjut terus, khan sampe dermaga doank. kirim barang langsung pulang.
indonesia siap-siap harga melambung tinggi

kecuali indonesia langsung gercep produktif untuk menutupi kekurangan

hello indonesia, jumlah rakyatmu sangat banyak
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
selundupan barang sih jalan lancar aja kek biasa....peduli setan sama virus corona emoticon-Angkat Beer
Ya ya lah


Supply dari china distop

Sementara demand makin banyak
Apalagi dari pihak nasbung

Sementara stok barang mau abis dan gk ada supply dari china

Pasti ada inflasi harga barang terus merambat ke harga makanan lalu merambat ke nilai tukar uang
Saatnya indonesia memainkan trik ekonomi sebagai exportir masker terbesar asia

Mumpung masker jadi produk premier global, usahakan buat semurah dan segampang gampangnya seperti masker limbah soptex atau pempers emoticon-Malu

Saatnya kita merasakan nikmatnya menjadi kapitalis

Ekonomi RI Tergantung China, Awas 'Ketularan' Corona...
Diubah oleh tsimtsum
sejujurnya bukan cuma RI aja. negara lain juga sama. china lumpuh, semua kena.

contoh kecil aja. hampir semua negara di dunia impor mur dan baut dari china. tanpa mur dan baut banyak banget industri yang stop produksi

Tapi hal ini ada kalanya baik sebagai momentum kalo mau menggenjot produksi dalam negeri.

Ada satu quote yg bagus dari self sufficient enthusiast. "You don't have to self sufficient at everything. Just self sufficient at something."

Maybe, indonesia harus mulai belajar untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, terutama kebutuhan dasar dan vital supaya ga bergantung sama siapa2
Diubah oleh megatron21
Ntar kalo produksi dalam negeri digenjot, waktu buat ibadah wajib jadi berkurang, mending import aja kan jadinya bre?
profile-picture
kingoftki memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di