CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Dampak Corona, Moody's: Ekonomi China Tumbuh 5,8% di 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a4d472525c348924e1b20/dampak-corona-moodys-ekonomi-china-tumbuh-58-di-2020

Dampak Corona, Moody's: Ekonomi China Tumbuh 5,8% di 2020

Dampak Corona, Moody's: Ekonomi China Tumbuh 5,8% di 2020

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat global, Moody's Investors Service, memprediksi wabah virus corona yang terus merebak hingga saat ini akan berdampak pada kerugian ekonomi China seiring dengan penurunan angka pengeluaran konsumen pada sektor transportasi, ritel, pariwisata dan hiburan.

Risiko pelemahan ini membuat Moody's memprediksi Produk Domestik Bruto (PDB) China untuk tahun 2020 sebesar 5,8%. Selain itu, ada potensi penurunan tajam dalam pendapatan dan valuasi bisnis di seluruh China selama beberapa bulan ke depan.

Moody's memperkirakan, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah di China diharapkan memiliki instrumen keuangan untuk menyerap guncangan ekonomi dan fiskal.

"Jika dibandingkan dengan wabah SARS 2003, melihat bahwa permintaan konsumen yang semakin meningkat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, maka berarti wabah virus corona ini dapat memiliki dampak ekonomi yang lebih besar dari tahun 2003 [karena konsumsi turun]," kata Martin Petch, Wakil Presiden dan Senior Credit Officer Moody's, seperti dilansir dari situs resmi Moodys, Rabu (5/2/2020).

Saat itu wabah SARS menyebabkan pertumbuhan PDB China dan penilaian aset keuangan turun secara signifikan. Itu terjadi hanya dalam periode singkat sebelum akhirnya pertumbuhan ekonomi China rebound lagi sehingga bisa mengimbangi.

"Fakta bahwa epidemi tersebar tepat menjelang Tahun Baru Imlek, periode konsumsi masyarakat secara musiman dan perjalanan yang sangat tinggi memperburuk dampak ekonomi," tambah Petch.

Selain itu, tidak seperti tahun 2000-an, yang ditandai dengan ekspansi dan investasi yang cepat, ekonomi China saat ini juga terpengaruh oleh ketegangan perdagangan terutama dengan AS, perlambatan pertumbuhan dan tantangan demografis.

Untuk mengurangi potensi dampak ekonomi dari wabah, Moody's berharap pemerintah pusat China akan memperkenalkan kebijakan moneter dan fiskal.

Di samping menurunkan suku bunga sebesar 10 basis poin, bank sentral China, PBoC, juga telah menyuntikkan RMB 1,2 triliun (US$ 173 miliar) atau setara dengan Rp 2.353 triliun (asumsi kurs Rp 13.600/US$) ke pasar keuangan pada 3 Februari lalu.

Moody's melihat, pada titik ini, efektivitas pelonggaran kebijakan pemerintah China belum jelas, mengingat tingginya tingkat ketidakpastian, sehingga belanja konsumen mungkin akan lebih berhati-hati.

Lebih lanjut Moody's mengatakan akan mempertahankan perkiraan pertumbuhan PDB China saat ini untuk tahun 2020, tetapi akan terus memantau dan berpotensi mengubah ekspektasinya tergantung dengan perkembangan yang ada.

Pada kuartal III-2019, PDB China hanya tumbuh 6,0% year-on-year, lebih rendah dari pertumbuhan pada kuartal sebelumnya sebesar 6,2% sekaligus menjadi laju terlemahnya dalam hampir tiga dekade.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...buh-58-di-2020
penurunan ekonomi china ini berdampak global
semua index saham d seluruh dunia turun

gw sdh denger bbrp keluhan pengusaha d indo, import bahan baku stop, d lokal gak bsa produksi tanpa bahan baku
bbrp produk vital dr china pun stop
dampak juga ke indo & negara2 lain

import macet, apalagi eksportnya sudah pasti macet
(macet bukan berarti d tutup 100%)
macetnya pun gara2 libur diperpanjang kelamaan, kegiatan pabrik dibatasi & beberapa kota/provinsi kena lockdown

kalangan pengusaha indo yg eksport bahan baku & produk ke china pun pada teriak2
sektor ekonomi indo keguncang di level industri & korporasi
sektor retail tinggal tunggu waktu aja sampe barang2 jadi langka & mahal
amit2 jgn sampe sektor pangan kena dampak

ini pun china blom 100% lockdown, gak kebayang kalo 100% lockdown dah kyk gmn tuh ekonomi dunia

bagi para china haters yg happy gara2 ekonomi china turun, jgn nyesel nanggis kalo indo & dunia kena resersi gara2 wabah ini
jgn marah2 & kaget liat harga HP china yg kalian pake bakalan naik harga/tambah mahal (termasuk iphone) emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Schivver dan mewtwo68d memberi reputasi
Diubah oleh novocal2
Ntar lagi semua barang bakal langka dan mahal, nasbung pun teriak2 salah jokowi....sementara kadrun bilang gak butuh kafir, yg dipakai made in china semua...
Diubah oleh mewtwo68d
ya ini merupakan kesempatan emas buat pengusaha lokal agar bisa memajukan industry lokalnya... baik di tingkat produsen bahan mentah atau bahan jadi...

babi bpln mana ngeri yg beginian
lah, ini gimana sih, tanpa virus corona aja , banyak yg bilang tumbuh cuman 5,8%, ini ada virus corona juga 5,8% emoticon-Ngakak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di