CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makin Melambat, Ekonomi RI Kuartal IV 2019 Hanya Tumbuh 4,97%
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a4d242525c3131a554c10/makin-melambat-ekonomi-ri-kuartal-iv-2019-hanya-tumbuh-497

Makin Melambat, Ekonomi RI Kuartal IV 2019 Hanya Tumbuh 4,97%

 Makin Melambat, Ekonomi RI Kuartal IV 2019 Hanya Tumbuh 4,97%

Laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV 2019 semakin melambat. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia hanya tumbuh 4,97%, melambat dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 5,02% maupun periode yang sama tahun lalu sebesar 5,18%.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal terakhir tahun lalu terutama disebabkan oleh kondisi global. Adapun ekonomi sepanjang tahun 2019 tercatat tumbuh 5,02%, melambat dibanding 2018 sebesar 5,17%.

"Kuarta keempat 2019 cukup rendah hanya 4,97%. Namun dapat dipahami karena memang ek0nomi global sedang rumit," ujar Suhariyanto di Jakarta, Rabu (5/2).

Dampak perang dagang dinilai sebagai faktor utama perlambatan ekonomi pada sepanjang 2019. Akibatnya, realisasi pertumbuhan ekonomi jauh meleset dari target pemerintah dalam APBN 2019 sebesar 5,3%. Realisasi tersebut juga di bawah proyeksi terbaru pemerintah sebesar 5,05%.

(Baca: Rilis Data Ekonomi Topang Laju IHSG Hari Ini, Berikut Saham Pilihannya)

Suhariyanto menjelaskan, sektor pengolahan masih memiliki kontribusi terbesar pada perekonomian. Namun, sektor ini hanya tumbuh 3,66% pada kuartal IV 2019, melambat cukup dalam dibandingkan periode yang sama pada 2018 sebesar 4,25%.

"Industri pengolahan masih menjadi sumber terbesar pertumbuhan ekonomi sepanjang 2019 dengan kontribusi sebesar 0,8%," jelas Suhariyanto.

Selain sektor pengolahan, BPS juga mencatat sejumlah sektor ekonomi melambat pada kuartal IV 2019. Sektor nonmigas hanya tumbuh 4,73% pada kuartal IV 2018 menjadi 3,94%. Sementara sektor perdagangan tumbuh 4,24%, melambat dibanding kuartal IV 2018 sebesar 4,41%,

"Namun sektor pertanian tumbuh bagus pada kuartal IV sebesar 4,26%, lebih tinggi dari kuartal 3 sebesar 3,12%," jelas dia.

(Baca: Virus Corona Tekan Ekonomi Tiongkok, Dunia Waspadai Perlambatan Global)

Adapun berdasarkan komponen pengeluaran, BPS mencatat pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal IV 2019 masih mencapai 5,04%, turun tipis dibanding periode yang sama tahun lalu 5,05% Pertumbuhan pembentukan modal tetap bruto atau PMTB hanya mencapai 4,06%, melambat dari 6,01%, sedangkan ekspor dan impor turun masing-masing 0,87% dan 7,69%.

Sementara itu, konsumsi pemerintah tumbuh 3,25% dan konsumsi lembaga non-profit rumah tangga (LNPRT) tumbuh 10,26%.

Pemerintah dalam APBN 2020 menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini dapat mencapai 5,3% Dalam ringkasan rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah bahkan menargetkan rata-rata pertumbuhan ekonomi 5,4% hingga 6% dalam lima tahun ke depan seperti terlihat dalam databoks di bawah ini.

https://katadata.co.id/berita/2020/0...nya-tumbuh-497

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
music9000 dan jkwselalub3n4r memberi reputasi
Ya ampun
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
indonesia gak bakal tumbuh ekonomi nya klo gak dikasik pesta2, mereka lebih suka saling irit, saling pelit, gak maw rugi, trus dengan keadaan seperti itu apa ada pembangunan, yang maw dimix bwat pembangunan saling pegang bahan.
mending dibikin pesta, mereka saling mix bahan, perkembangan ekonomi jadi cepat melesat.
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
Nah gitu dong bawa berita ginian.. emoticon-Big Grin
Drpd merem trus gara2 berita SARA, Wan Abud, china n corona emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
negara idola turkimin dan turkiyem


 Makin Melambat, Ekonomi RI Kuartal IV 2019 Hanya Tumbuh 4,97%


emoticon-Sundul Up
4,9 ya termasuk tinggi...!!!

coba tengok rata2 dunia...!!!
.
.
plus cina lagi "batuk"....semua kena imbas...!!!
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
kalok naik ts ga ada kerjaan
Ya ini kan sudah diprediksi seblumnya pak.

Sekarang ekonomi global lagi hancur hancuran akibat perang dagang dan ada lagi virus corona.

Malah saya salut bisa bertahan di sekitaran 5%. Harusnya sudah 4% ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
yuk kita rame2 salah kan luar negeri..

emoticon-Ultah
Balasan post juraganind0
Quote:


dari salahin krisis yunani, krisis argentina, krisis turki, krisis brazil, sampe corona...
junjungan ente gak pernah salah..
ente yg gak mau move on

gmn gak anjlok pertumbuhan ekonomi..ini pakar nya

 Makin Melambat, Ekonomi RI Kuartal IV 2019 Hanya Tumbuh 4,97%

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
totongJKW dan juraganind0 memberi reputasi
Diubah oleh jonfaisal
2020 akan jauh lebih berat bos...
2021 mungkin baru mulai nanjak lagi
semoga cepat membaik
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post jonfaisal
@jonfaisal wiwi diuntungin ini malah
emang prediksi ekonomi dunia anjlok 2020 cuma rada aneh aja kalo trus2an nyalahin faktor luar kayak dimari kagak ada pakar ekonomi yang bisa kasih cara buat ngadepin

yang gw kagak nyangka malah tau2 corona ini yang nongol
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan angelo.ogbonna memberi reputasi
Balasan post vogstar
Quote:


mau sejago apapun ekonomnya memprediksi....tetep ada ada faktor tak terduga....zzzz...!!!
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Balasan post ajacid
@ajacid kira2 bakal tetep di kisaran 5 kurang dikit malah bakal anjlok lagi nih? ini corona bener2 kayak diluar prediksi
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post ajacid
@ajacid kira2 bakal tetep di kisaran 5 kurang dikit malah bakal anjlok lagi nih? ini corona bener2 kayak diluar prediksi
Balasan post vogstar
Quote:


kalo ditanya bakal....!!!

bisa bakalan diatas 5...bisa bakalan dibawah 5....baru 2 bulan jalan....!!!!
.
.
ilmu fisika mah ga ada seujung kuku nya ilmu "teori" ekonomi...!!!
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan goal481 memberi reputasi
Quote:


Ada kok pakarnya
Madam sri mulyani indrawati

Jurusnya 1.naekin pajak emoticon-Ngacir2
Lihat 1 balasan
Yang penting masi naik pertumbuhannya

Tapi emang menurut gua, sri mulyani keliatannya udah kehabisan akal untuk dorong ekonomi indonesia.

Belum lagi dijaman dia selalu ngambil jalan pintas untuk naikin pajak, cukai, dll. Tanpa memberikan insentif yang cukup buat pengusaha plus ekonomi mikro yang tertekan.

Kalo boleh saran, lebih baik jokowi reshuffle ditahun depan kalo masih dibawah 5 persen
Lihat 1 balasan
Balasan post warbound
Quote:


smi itu menkeu...^^^^
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di