CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Komunitas PKBM Watogokok Siap Hadirkan Bank Sampah Di Flotim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a45fcdbf76469546dac4d/komunitas-pkbm-watogokok-siap-hadirkan-bank-sampah-di-flotim

Komunitas PKBM Watogokok Siap Hadirkan Bank Sampah Di Flotim


Komunitas PKBM Watogokok Siap Hadirkan Bank Sampah Di Flotim
Komunitas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Watogokok Waibalun Larantuka, tengah merancang strategi unatuk menciptakan inovasi berbasis lingkungan hidup, yakni menghadirkan Bank Sampah di Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ide brilian rancangan komunitas PKBM Watogokok tersebut, lahir dari keprihatinan dan kepedulian akan sampah di di Kabupaten Flores Timur. Kami jadikan langkah awal sebagai PKBM yang peduli akan lingkungan yang bersih  sesuai dambaan masyarakat. Apalagi,melalui hal baru atau inovasi baru yang namanya Bank Sampah yang akan dibentuk yang dapat menarik minat dan menyadarkan masyarakat akan pentinganya menjaga kebersihan lingkungan, ‘demikian menurut Pimpinan PKBM, Elisabeth Wilhelmina Jawa Tukan, S. Pd dan Ibu Bunga Weking.  Menurut kedua pengiat Lierasi dan Lingkungan itu, sekarang kita tidak boleh saling menyalahkan, karena urusan sampah merupakan tanggungjawab kita bersama, baik pemerintah maupun masyarakat. Keduanya berharap kita harus memiliki tekat dan semangat untuk berbuat suatu hal demi kota dan desa kita yang lebih bersih.

Kepada media, Selasa (04/02/2020), penggagas Bank Sampah Watogokok, mengungkapkan dengan adanya Bank Sampah dengan sendirinya kita semakin  peduli akan lingkungan dan secara tidak langsung kita dapat menabung uang dari sampah yang telah kita kumpulkan ke Bank Sampah. Artinya, selain mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), dapat juga menghasilkan keuntungan ekonomi sirkular. Misalnya,program membayar sekolah dengan sampah, membayar listrik dengan sampah dan membeli sembako dengan sampah, dan juga bisa membayar biaya kesehatan dengan sampah.

Terkait pendidiriannya, pihak PKBM Watogokok tengah melakukan berbagai persiapan-persiapan melalui diskusi antar komunitas dan juga dalam waktu dekat akan berkordinasi dengan Pemda Flores Timur melalui Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Flotim sehingga bisa mendapatkan dukungan penuh dari para pemangku kepentingan di Flotim. Setelah mendapat legitimasi dari Pemda Flotim, pihaknya akan segera meralisasikan niat baiknya tersebut demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar kita. Sebagai langkah awal, pengiat lingkungan dari PKBM Watogokok akan melakukan perang sampah di Pasar Inpres Larantuka atas kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Flores Timur, yang akan terjadi pada Sabtu mendatang.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di