CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a3cc09a972e20843bbc5f/klithih-siapa-yang-harus-bertanggung-jawab

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Masihkah Jogja Berhati Nyaman?




Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?



Sejak kemarin sore hingga tadi pagi, di grup WA ramai beredar video tentang seorang anak yang hendak dihakimi masa karena "klithih". Tampak dalam video itu seorang anak dilindungi oleh seorang ibu dari tangan masyarakat. Tak tanggung-tanggung, kejadian itu bukan malam seperti biasanya, tapi sore hari.

KLITHIH



Satu istilah yang belakangan ini populer di Jogja/DIY, dan hari ini masuk trending topic twitter. Bahkan, tagar #DIYDaruratKlithih menduduki trending topik di twitter selama dua hari kemarin. Namun, sesungguhnya, hal ini sudah mencuat beberapa tahun silam.

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Klithih berasal dari bahasa Jawa. Kata klithih sendiri, mengalami pergeseran makna. Dulu klithih hanya dimaknai jalan jalan tak tentu arah atau mencari angin di luar rumah. Ya, misal kita suntuk kita jalan keluar, gitu, Gan. Sekarang, kata klithih bisa diartikan kekerasan di jalanan, biasanya disertai penggunaan sajam. Dan kekerasan ini dilakukan tanpa motif yang jelas. Seperti hanya ingin menunjukkan eksistensi saja. Bisa dibilang iseng, tapi bisa berujung maut.

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Di daerah yang disebutkan ini memang rawan terjadi klithih, karena beberapa kali ada kejadian di daerah tersebut.



Klithih sendiri biasa terjadi malam hari. Mirisnya, tindakan ini banyak dilakukan oleh anak di bawah umur. Dari beberapa yang tertangkap, para pelaku adalah pelajar. Tak tanggung-tanggung, dari pelajar SD sampai SMA, juga anak putus sekolah.

Mereka mengganggu para pengguna jalan yang lain. Tak hanya mengganggu dengan kata-kata, mereka tak segan melukai korbannya. Mereka biasa bersenjatakan pedang, gir, pecahan botol, dan apa pun yang bisa melukai orang lain. Biasanya klithih dilakukan lebih dari satu orang dan mereka dalam pengaruh alkohol. Dalam seminggu ini, di Jogja, sudah ada tiga driver ojol yang menjadi korban klithih.

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Klithih, merupakan musuh kita bersama, tanggung jawab kita bersama. Kita semua harus bersinergi untuk menanganinya. Kewajiban atau wewenang kita adalah melaporkan bila melihat aksi yang terindikasi klithih. Selanjutnya, kita serahkan yang berwajib.

Untuk itu, Polresta Jogja sudah membuka hotline aduan dengan nama WhadulJogja. Demikian juga dengan Polres Sleman, Polres Bantul, Polres Kulonprogo, dan Polres Gunung Kidul. Begitu pun Polda DIY. Jika tak dilaporkan, maka bisa jadi pelaku klithih dihakimi masa.

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

So, mari kita berhati-hati dan menjaga diri, dimulai dari lingkungan sendiri. Beri perhatian untuk anak-anak kita, agar dia tak perlu mencari perhatian dan pengakuan dari luar. Terima apa adanya anak kita, tak perlu memberikan "stempel" anak malas, anak bodoh, dan lain sebagainya bila anak memang masih "kurang", karena "stempel" ini secara tidak sadar bisa membentuk anak sesuai stempel tersebut. Cukup beri kasih sayang, motivasi, dan penerimaan. Anggap dia "ada" dan layak untuk hidup di dalam keluarga dan masyarakat.

Klithih, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Sebagai warga Jogja, yuk kita ciptakan kembali "Jogja Berhati Nyaman", jangan sampai menjadi "Jogja Berhenti Nyaman".

Sumber:
1. Opini pribadi
2. Grup WA
3. Di sini
4. Di sini
5. Di sini

Sekian trit dari ane, semoga bermanfaat.
Jogja, matahari kelima bulan Februari.
Salam hangat dari ane yang ikut gemes dengan fenomena klithih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mayyarossa
Halaman 1 dari 15
selalu waspada ya GanSis
Lihat 1 balasan
Berhati-hati,dari lingkungan sendiri
Quote:


ini bener,..mereka masih bocah,..tugas kita bersama untuk membimbing mereka

semakin dibully semakin parah biasanyaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya Gan, bener banget. Darah muda, Gan. Semakin ditekan, mereka akan semakin berontak.
Balasan post mayyarossa
Akibat dari pergaulan, miris!
emoticon-Mewek
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Pergaulan yang salah. Sebagai ortu, harus memantau pergaulan anak juga. Yuk ah, selamatkan generasi muda kita
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan indahmami memberi reputasi
ngapunten. klitih niku nopo nggeh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ngapunten, Sampun diwaos dereng nggihπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan zerozt memberi reputasi
Hadeww, mending maen Toktok sana
ga terlalu besar dampaknya ke orang lain


emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
egonized dan mayyarossa memberi reputasi
gw dukung masyarakat aja. emang kalo polisi gak bisa ngatasin ya jangan salahin hakim jalanan deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 3 lainnya memberi reputasi
weleh, baru tahu ada sisi gelap lain jogja yaitu klitih ... kirain jogja bersih dari aksi ginian
profile-picture
profile-picture
abdullahrian89 dan mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Tok tok wow,acara jadul ganπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ
Quote:


Iya, Gan, lebih tak terkendali
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
Quote:


Bener juga,
Yahh..
Gimana yah?
Ortu sibuk nyari duwit buat ekonomi.
Kadang g' sempet mantau atau g' mau mantau.
emoticon-Nohope



Mumet ngagas jaman sax iki.
emoticon-Hammer
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Waspada aja, Gan. Kehidupan layaknya mata uang yang mempunyai dua sisi, Gan. Dan kalau sisi gelap, kalau malem juga gelap, GanπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Quote:


Nah, ini, Mi. Tanggung jawab kita lho anak itu, gak hanya di dunia
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Iyah, bener juga..
Apalagi anak tuh g' gampang ngatur dan mendidik'y.
Extra sabar
emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
mulivw dan mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Yups, bener banget.
profile-picture
indahmami memberi reputasi
Quote:


Motifnya apa biasanya? Begal atau jambret atau malak
profile-picture
profile-picture
udang.kecil dan mayyarossa memberi reputasi
Quote:


Nah, itu, motif malah ngga jelas. Anak muda yg ingin menunjukkan eksistensi lah. Bisa berawal dari geng geng an. " Ini loh guweh" , itu kalo lagi jalan sma kelompoknya.
Kalo udah ketangkep, sendirian, dah kaya kerupuk kesiram aer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 15


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di