CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buruh Bakal Demo Kemenkes Tolak Kenaikan BPJS Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a3788dbf76473f12081d2/buruh-bakal-demo-kemenkes-tolak-kenaikan-bpjs-kesehatan

Buruh Bakal Demo Kemenkes Tolak Kenaikan BPJS Kesehatan

 Buruh Bakal Demo Kemenkes Tolak Kenaikan BPJS Kesehatan


Presiden KSPI Said Iqbal. (Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah aliansi buruh mengagendakan unjuk rasa ke kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menolak kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut demo itu akan digelar di depan kantor Kemenkes, Kamis (6/2).

"KSPI mendesak agar pemerintah segera membatalkan kenaikan tersebut," ujar dia dalam keterangannya, Rabu (5/2).

Menurut dia, pemerintah mestinya konsisten dengan pernyataannya untuk tidak menaikkan iuran BPJS Kesehatan kelas III. Kenaikan Penerima Bantuan Iuran serta kenaikan kelas I dan II, kata dia, sudah bisa digunakan untuk menutupi defisit.

Said Iqbal lantas merinci setidaknya ada lima alasan penolakan buruh itu. Pertama, membuat daya beli masyarakat jatuh. Ia mencontohkan dengan iuran peserta kelas III yang rencananya naik dari 25 ribu menjadi 42 ribu.

"Jika dalam satu keluarga terdiri dari suami, istri, dan tiga orang anak (satu keluarga terdiri dari 5 orang) maka dalam sebulan mereka harus membayar 210 ribu," ujar dia.

Bagi warga Jakarta dengan standar upah minimum atau penghasilan sebesar 4,2 juta, kata Iqbal, mungkin tidak memberatkan. Walaupun mereka juga belum tentu setuju dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

"Tetapi bandingkan dengan kabupaten/kota yang upah minimumnya di kisaran satu juta, mereka pasti akan kesulitan untuk membayar iuran tersebut," tegas dia.

Kedua, sambung Iqbal, BPJS Kesehatan adalah jaminan kesehatan dengan hukum publik, bukan PT atau BUMN yang bertugas untuk mencari keuntungan.

"Dengan kata lain, jika mengalami kerugian, sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menutup kerugian tersebut," ujar dia sembari mengatakan pemerintah tidak bisa serta-merta menaikkan iuran BPJS Kesehatan tanpa terlebih dahulu menanyakan kepada rakyat.

Ketiga, setiap tahun, iuran BPJS Kesehatan yang dibayarkan buruh selalu ada kenaikan. Keempat, akan terjadi migrasi kepesertaan dari kelas I ke kelas II atau III.

"Apalagi jika kemudian berpindah ke asuransi kesehatan swasta dan tidak lagi bersedia membayar iuran BPJS Kesehatan," ujarnya.

Kelima, kata Iqbal, rakyat tidak mampu lagi membayar iuran BPJS Kesehatan. "Sama saja kebijakan ini telah memeras rakyat," tutup dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku akan mengkaji opsi pembatalan kenaikan iuran BPJS Kesehatan peserta mandiri kelas III bersama DPR.

Solusi atas masalah itu, kata dia, pertama, pemberian subsidi pemerintah atas selisih kenaikan iuran pada peserta jenis Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Kelas III.

Kedua, memanfaatkan keuntungan atas klaim rasio peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang diproyeksikan pada tahun depannya. Ketiga, perbaikan data peserta PBI yang sedang dilakukan oleh Kementerian Sosial.
Namun, tawaran solusi-solusi itu belum direalisasikan.

(ain)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...bpjs-kesehatan

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan lokshin.khushin memberi reputasi
klo ini sih ane setuju. harusnya BPJS jgn dinaikin, karena BPJS itu salah satu kewajiban pemerintah buat menjaga kesehatan masrayakat.

Cma praktiknya mau dikata bagaimana, dana BPJS dikorupsi pasti ada. terus kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan juga masih rendah.
Lihat 1 balasan
Kewajiban pemerintah mulu ni tuntutan buruh..
Kewajiban lu sebagai buruh tu kerja bukan demo pas hari kerja.
Lihat 2 balasan
Balasan post kayakayak
Quote:


Kalau demo bukan pas hari kerja, lalu siapa yang bisa di demo? Mau nge demo gedung kosong? Lah pegawai pemerintah libur semua. Mikirrrr. emoticon-Cape d...
waktu minta setoran bwat biaya perawatan ditolak emoticon-Ngakak
kampret bener, yak ndak dikasik perawatan, pegimane maw merawat biaya aje kagak ada.
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
Apa mau dihapuskan aja BPJSnya? emoticon-Embarrassment
Jadi resiko tgg sendiri
eh buruh tolol.. yg kena imbas naiknya iuran bpjs tuh bukan elo tolol.. tapi pengusaha.. emoticon-Malu (S)

mereka yg nanggung seluruh iuran bpjs dan gaji elo.. tolol.. dan kerjaan elo cuma demo2 doang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
gikogaza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post jkwselalub3n4r
serah.. bosen liat org goblog2 memperkaya iqbal tempik
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
Skrg yg bayar demo ini ane yakin dr pengusaha
Krn BPJS naek itu yg berasa ya pengusahanya
Krn porsi besar pembayaran BPJS adalah di pemberi kerja
gawsah ngerokok dua hari udah nutup kali ah elah emoticon-Traveller
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
buruh goblok
Mantap, buruh tidak butuh BPJS Kesehatan
bpjs kesehatan bagi pekerja khan emang g naik ?
ttp 1 % dari gaji emoticon-Big Grin

yang naik khan mandiri emoticon-Big Grin
Balasan post valkyr7
Quote:


Bagaimana dengan wiraswasta gan?
Dengan kenaikan yang cukup besar dan saat akan mendaftar tidak bisa perorangan, satu keluarga yang terdaftar dalam KK harus ikut semua padahal bisa saja salah satu atau lebih dalam keluarga itu sudah memiliki asuransi dari pihak swasta.

Memang harus diakui kalau manfaat BPJS kesehatan banyak sekali dan sudah banyak pula orang yang menikmatinya, tapi ya jangan seenaknya pemerintah juga membebani rakyatnya dengan dalih bergotong royong, sementara pengawasan dan pengendalian pelaksanaan BPJS diinstansi terkait sangat lemah.
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
Quote:


Pertanyaan gw cuma 1.. kenapa wiraswasta nya ga demo ??.. emoticon-Malu (S)

Maka elo akan ngerti maksud gw.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Lihat 1 balasan
Balasan post cobainmain
Bkn ada , tp memang banyak , dapat pasokan dana tanpa pengawasan gimana ga ketagihan emoticon-Shutup
Balasan post valkyr7
Kalo yang wiraswasta sih udah pasti males mau demo. Udah berapa omset yang hilang untuk demo seharian, apalagi berhari-hari?

Cuma kalo ditanya keberatan dan diberikan wadah protes yg layak, pasti mereka udah protes juga.
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
Quote:


Berarti beban wiraswasta tambah berat dong.. udah iuran bpjs naik.. eh kena imbas demo buruh juga.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Nyicil motor sanggup. Bikin anak banyak banyak juga sanggup emoticon-Cape d...
nih buruh kapan sehatnya sih otaknyaemoticon-No Hope, ga nyadar apa di goblokin si iqbalemoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di