CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Memilih Asuransi Kesehatan Murah, Gimana Caranya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a3681a7276849d55020e8/memilih-asuransi-kesehatan-murah-gimana-caranya

Memilih Asuransi Kesehatan Murah, Gimana Caranya?


 Memilih Asuransi Kesehatan Murah, Gimana Caranya?

Memilih asuransi kesehatan murah merupakan persoalan yang susah. Terkesan susah karena ada banyak istilah-istilah dalam asuransi kesehatan yang sulit sekali dimengerti oleh orang awam. Namun, belajar dari pengalaman memilih asuransi kesehatan, sekitanya ada beberapa cara yang bisa kita masukkan sebagai pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan. Apa saja sih yang saya lakukan?

Melihat Jenis Asuransi, Umum atau Unit Link


Sewaktu saya membutuhkan asuransi kesehatan, hal pertama yang saya lihat ialah jenis asuransinya, apakah asuransi umum atau asuransi unit link. Karena kebutuhan saya benar-benar untuk pembiayaan kesehatan di waktu mendadak, maka sebisa mungkin saya mencari asuransi kesehatan umum.
 

Banyak sekali jenis asuransi kesehatan umum yang menawarkan pertanggungan biaya kesehatan, seperti Mega Insurance, Cigna, Prudential hingga yang paling mahal ada Allianz atau Axa. Semuanya memiliki plus minus sendiri, jadi sebelum menentukan pilihan ada baiknya membaca brosur secara detail.

Melihat Tipe Pembiayaan Asuransi, Cashless atau Reimburse


Hal kedua yang saya jadikan pertimbangan ialah jenis pembiayaannya, apakah cashless atau reimburse. Biasanya asuransi kesehatan murah memiliki pembiayaan jenis reimburse. Pembiayaan reimburse mengharuskan saya untuk membayarkan terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan, baru kemudian saya mengajukan penggantian ke pihak asuransi.

Proses penggantian dari pihak asuransi biasanya cenderung lambat dan berbeli-belit, sehingga saya lebih memilih asuransi dengan tipe cashless sebagai pilihan. Asuransi dengan pembiayaan cashless hanya mengharuskan saya membawa kartu keanggotaan asuransi untuk ditunjukkan ke pihak layanan kesehatan jika sewaktu-waktu saya ingin mengajukan klaim.


Melihat Rekanan Layanan Kesehatan


Melihat rekanan layanan kesehatan yang dimiliki juga menjadi faktor terpenting lainnya yang menjadi pertimbangan. Percuma jika premi asuransi yang diterapkan murah, namun rekanan rumah sakit atau klinik yang dimiliki sangat jauh dari tempat tinggal.

Selain itu, penting untuk memilih produk asuransi yang memiliki banyak rekanan, terutama bagi anda yang sering berpergian ke luar kota. Percuma kan kalau anda rajin membayar premi namun tidak bisa melakukan klaim ketika anda sedang dinas keluar kota dan sakit?




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di