CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Buku Dijual Tanpa Sampul = Buku Curian, Masih Mau Beli?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a2e30c0cad7748f4fdf1e/buku-dijual-tanpa-sampul--buku-curian-masih-mau-beli

Buku Dijual Tanpa Sampul = Buku Curian, Masih Mau Beli?

Pernah ketemu buku bekas seperti ini? Yang sampul depannya hilang?

Buku Dijual Tanpa Sampul = Buku Curian, Masih Mau Beli?


Ternyata buku semacam ini termasuk illegal lho dalam konteks distribusi dan pemasaran buku.

Dalam praktek bisnis buku, ada aturan antara penerbit dan penjual buku (toko buku) untuk distribusi dan pemasarannya.

Saat sebuah judul buku tidak laku, toko buku akan mengembalikan buku tersebut ke penerbit untuk dihancurkan atau dilebur ulang. Namun, demi kepraktisan, toko buku hanya memotong dan mengembalikan sampul dari buku itu ke penerbit untuk laporan, sementara seharusnya bukunya sendiri dihancurkan oleh pihak toko buku.

Nah, di sini letak masalahnya,
Terkadang, buku yang seharusnya dihancurkan ini "lolos" dalam arti kemudian dijual lagi bukannya dihancurkan, sampai buku itu berakhir di lapak buku bekas atau di pasar loak.

Kabar buruknya adalah, baik penerbit maupun pengarang buku sama sekali tidak menerima uang royalti dari hasil penjualan buku tanpa sampul semacam ini.
Jadi, secara hukum, buku tanpa sampul ini sebenarnya illegal untuk diperjualbelikan.

Perhatikan ya, ada "disclaimer" yang rata-rata ada di dalam halaman awal bukunya, biasanya ini buku yang diterbitkan oleh penerbit besar.

Buku Dijual Tanpa Sampul = Buku Curian, Masih Mau Beli?


Quote:


Yang untung siapa kalau begini, tentu saja oknum yang mencurangi kesepakatan dari penerbit, bahwa seharusnya buku itu dihancurkan dan tidak diperjualbelikan ulang, kemudian penjual buku di pasar loak, terakhir kamu yang mungkin beli buku kayak gitu.
Yang rugi, jelas penerbit dan penulis buku, yang bukunya dibaca orang dengan cara beli, tapi tidak mendapat keuntungan/royalti sedikitpun.

Bagi pecinta buku, buku semacam ini sebaiknya dihindari, ya? Karena hukumnya sama dengan jual beli buku curian.

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11
reserved
profile-picture
profile-picture
mulivw dan adolfsbasthian memberi reputasi
Lihat 1 balasan
iya sih ane sering banget nemuin macem itu di toko buku bekas biasanya, entah karena ga sengaja kepotong apa emng udah ditarik dari peredaran ane kaga tau
Yang jelas kalo orang lagi di posisi mendesak pas banget butuh buku itu, ya udah beli aja gitu
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah info baru ini, baru tau gw gan... nice..

anyway, banyak kali ya yang belum tau info ini, beli ya beli aja.. sepanjang yang dia pengen baca tersedia di pasar buku loak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane malah mikirnya ini buku bajakan....beda ya ternyata
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post archangela13
Quote:


ada yang sengaja seperti itu, karena sampul dilepas dan dikirim balik ke penerbit buat laporan kalau buku itu sudah lewat masa jual dan dinyatakan tidak laku.

bisa jadi juga memang buku rusak, tapi kan bisa dicek cetakan dan kualitas kertasnya, bagus atau tidak
profile-picture
profile-picture
pein666 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pepatah mengatakan
Jangan Dilihat Dari Sampulnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
XXXID dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post Tonozz
Quote:


itu dia, aku sendiri juga baru tau kemarin ini emoticon-Shutup
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post Pazonda95
Quote:


secara hukum jual beli yaa sama saja dengan beli buku bajakan, buku curian malah emoticon-Hammer (S)
ane sering ini beli buku tanpa sampul emoticon-EEK!

















buat tkg gorengan emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post heane
Quote:


ohhhh
iya juga ya

haha emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post Vandisk
Quote:


biasanya klo ditukang gorengan ada cerita di rumah sendiri bersama tante emoticon-Shutup
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh Pazonda95
Quote:


beda gan, klo buku bajakan tuh biasanya bisa dicari ditmpt2 fotokopi yg udh pnya nama. Misal aja didaerah kampus, biasanya banyak tuh beli buku macem itu. Malah kadang bbrp tmpt fotokopi aja ada yg ngejual softfilenya doang, yg harganya lebih murah drpd dicetak difotokopiannya. Tp klo mnrt ane selagi bisa dibaca pembeli ttep aja bakalan beli sih, karna disamping lebih murah, pembeli jg butuh isi bukunya bukan sampulnya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan chisaa memberi reputasi
Diubah oleh lubangkaca
Buku tanpa sampul bagaikan fustun tanpa cd tinggal kunyam kanyem aja
profile-picture
profile-picture
heane dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Andriana7
Quote:


padahal kasian desainernya bermalem-malem bikin cover yg bagus emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
heane dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


kek gini banyak gan. Apalagi yg difotokopian itu mereka udh pnya softfile2 macem2 buku. Nanti kita mau yg mana bakalan dicetakin sesampulnya jg, dan hasilnya gak jauh beda dr buku yg lgsg dr penerbit. Bedanya ya ilegal aja itu. Kadang malah mereka jg ngejual yg softfilenya jg klo emg pembeli gamau dicetak
profile-picture
profile-picture
heane dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane tetep beli sih gan, ane masih ditahap haus akan bacaan soalnya... emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
heane dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau buku tidak laku ditarik untuk dihancurkan, terus hanya dihancurkan cover nya saja, tapi isi buku tidak dihancurkan dan dijual ke pasar loak, logika ane kok jangankan ada covernya dijual di toko aja ga laku, apalagi di pasar loak, apa lebih ga laku? atau bukunya dijual untuk bungkus gorengan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merckygan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmm ane dulu sering beli buku2 bekas tapi blm perna nemuin yg kaya gt sih
profile-picture
profile-picture
heane dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mungkin untuk masyarakat Indonesia umumnya belum pusingin itu buku legal atau illegal, tapi yg penting murah walaupun harus beli di kaki lima. Para ortu yg harus mikirin biaya buku sekolah buat anak2nya, para mahasiswa/i yg budget ny pas2an dll.

Mungkin peredaran buku2 illegal ini bisa di minimalkan dimulai dari toko buku dan penerbitnya, bila ada buku hendak dimusnahkan, karyawan yg terlibat harus diperketat supaya tidak ada yg lolos buku2nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heane dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wah baru tau ane gan bisa gitu2 juga ya
profile-picture
heane memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di