CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar Hukum: Kewarganegaraan 600 WNI Eks ISIS Otomatis Gugur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a2bc1c0cad751ed7a1427/pakar-hukum-kewarganegaraan-600-wni-eks-isis-otomatis-gugur

Pakar Hukum: Kewarganegaraan 600 WNI Eks ISIS Otomatis Gugur

Pakar Hukum: Kewarganegaraan 600 WNI Eks ISIS Otomatis Gugur

TEMPO.CO, Jakarta -
Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan bahwa 600 warga negara Indonesia atau WNI eks ISIS telah kehilangan kewarganegaraan Indonesianya.

"Menurut UU Kewarganegaraan 2006 di Pasal 23 ada beberapa alasan mengapa kewarganegaraan Indonesia gugur," kata Hikmahanto kepada Tempo, Rabu, 5 Februari 2020.

Hikmahanto menjelaskan, berdasarkan Pasal 23 UU Kewarganegaraan 2016 huruf (d) menyebutkan kehilangan kewarganegaraan disebabkan karena masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin terlebih dahulu dari Presiden.

Sementara huruf (f) menyebutkan secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut


Merujuk pada aturan itu, maka kewarganegaraan WNI yang bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS otomatis gugur. "Kan ikut ISIS masuk dinas tentara asing. Kalau istri atau anaknya karena mengangkat sumpah."

Kewarganegaraan mereka bisa saja dikembalikan. Namun, kata Hikmahanto, mereka wajib mengikuti prosedur yang diatur perundang-undangan. Dalam kasus mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Taher, misalnya, karena memiliki kewarganegaraan ganda dapat menjadi rujukan pemerintah jika ingin memulangkan 600 warga eks ISIS.

Hikmahanto mengingatkan ada dua pertimbangan yang harus diperhatikan pemerintah bila hendak menerima kembali mereka ke Indonesia. "Pertimbangan ini tidak sekedar penenuhan formalitas yang diatur dalam peraturan perundang-undangan atau alasan kemanusiaan," katanya.

Pertama adalah seberapa terpapar warga ISIS asal Indonesia dengan ideologi dan paham yang diyakini oleh ISIS. Penilaian ini perlu dilakukan secara cermat per individu. Penilaian mengenai hal ini penting agar mereka tidak menyebarkan ideologi dan paham ISIS di Indonesia.

Kedua, seberapa bersedia masyarakat di Indonesia menerima kehadiran mereka kembali. Kesediaan masyarakat di sini tidak hanya dari pihak keluarga namun pada masyarakat sekitar di mana mereka nantinya bermukim, termasuk pemerintah daerah. "Dewasa ini kebijakan pemerintah pusat bila tidak dikomunikasikan dengan baik ke daerah, bisa memunculkan penolakan dari daerah. Akibatnya pemerintah pusat akan kerepotan tersendiri," kata Hikmahanto.
https://nasional.tempo.co/amp/130366...pression=true#

Riskan..
1% nya aja kumat lagi bisa bikin mleduk di 6 lokasi
emoticon-DP




profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Sebaiknya tdk usah dipulangkan..biar mati diluar negeri aja..org kesana niatnya buat mati kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krisna.BPR.Arta dan 19 lainnya memberi reputasi
@jamie76 urusin paspor baru jem buat para mujahid

gak bole dholim ke sesama mukmin jem
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ga usah dibawa ke negara ini! kajeun jelema2 ieu modar kabeh ge di suriah oge.. paduli setan!

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mana.mana.aja dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 2 balasan
kirim ke Papua aje gan lawan OPM sayang TNI kita

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ThinSkunk
Pakar Hukum: Kewarganegaraan 600 WNI Eks ISIS Otomatis Gugur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syahali dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post khayalan
Quote:


gak boleh dholim ke sesama mukmin ya akhi
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
Quote:


lah.. gw kan udah dikapir2in sama yg ngebom2 sambil bawa anak bini (plus sama simpatisannya) dari kapan taun... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 2 balasan
berikut lengkapnya :

Setiap Warga Negara dapat dengan sendirinya mengalami kehilangan status kewarganegaraannya karena :

1. Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri;

2. Tidak menolak atau melepaskan kewarganegaraan lain, sedangkan yang bersangkutan mendapat kesempatan untuk itu;

3. Masuk dalam dinas tentara asing tanpa izin Presiden;

4. Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing, yang jabatan dalam dinas semacam itu di Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan hanya dapat dijabat oleh Warga Negara Indonesia;

5. Secara sukarela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut;

6. Tidak diwajibkan tetapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing;

7. Mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya, atau;

8. Bertempat tinggal di luar wilayah negara Republik Indonesia selama 5 (lima) tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara, tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi Warga Negara Indonesia sebelum jangka waktu 5 (lima) tahun itu berakhir, dan setiap 5 (lima) tahun berikutnya yang bersangkutan tidak mengajukan pernyataan ingin tetap menjadi Warga Negara Indonesia kepada Perwakilan Republik Indonesia yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal yang bersangkutan padahal Perwakilan Republik Indonesia tersebut telah memberitahukan secara tertulis kepada yang bersangkutan, sepanjang yang bersangkutan tidak menjadi tanpa kewarganegaraan;

9. Warga Negara Indonesia dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh Presiden atas permohonannya sendiri apabila yang bersangkutan sudah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kimpoi, bertempat tinggal di luar negeri, dan dengan dinyatakan hilang Kewarganegaraan Republik Indonesia tidak menjadi tanpa kewarganegaraan.


(Penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2007 tentang Tata cara Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan,dan Memperoleh Kembali Kewarganegaraan Republik Indonesia)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mows
Lihat 1 balasan
orang masuk isis itu sudah niat mau mati. ngapain negara ngurusin mereka pulang. biar di sono aja. biar jadi gembel di negara orang. Kan udah niat mau mati di negri orang.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


Urang satuju emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
mereka bukan WNI emoticon-Marah paham klean ?!
Quote:


kamuh teh orang yg biru apa yg kuning?

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan servesiwi memberi reputasi
Dari 600 mungkin sebagian besar sudah tobat dan bener2 pengen balik, tapi kalau 10%nya aja ternyata engga, itu artinya ada 60 orang calon teroris baru di Indonesia.
Risk vs Reward ngga sebanding jadi sebaiknya biarkan saja membusuk di Suriah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
iyalah jelas. ga usah dibawa pulang, buang aja dilaut emoticon-Cape d...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ending perang lawan isis... ya minyak tujuan akhirnya....pada ketipu semua wni gabung isis....us dh dpt minyaknya.... ampasnya mau dikirim ke indon
Pakar Hukum: Kewarganegaraan 600 WNI Eks ISIS Otomatis Gugur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gorepants87 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post khayalan
Quote:


pan password ente dan mereka sama toh


salam 73 emoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Sampah peradaban, manusia2 gak punya kewarganegaraan... taroh di pulau perbatasan dan jgn kasih kapal.. pengen liat apa mereka bisa survive hanya dg golongan mereka sendiriemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


bodo amat.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan suwartoangel777 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post khayalan
Quote:


langsung jurus denialnya keluar emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

sudah ku duga emoticon-Ngakak
Balasan post khayalan
setuju
profile-picture
khayalan memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di