CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Proyek LRT Anies Batal Gegara Tabrakan dengan Pusat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3a278e65b24d4bc128fa9d/proyek-lrt-anies-batal-gegara-tabrakan-dengan-pusat

Proyek LRT Anies Batal Gegara Tabrakan dengan Pusat


Proyek LRT Anies Batal Gegara Tabrakan dengan Pusat

Beritaterheboh.com - Proyek pembangunan Light Rapid Transit (LRT) fase 2A rute Pulogadung-Kebayoran Lama dibatalkan. Alasannya, karena proyek ini dianggap tumpang tindih dengan garapan LRT milik Pemerintah Pusat.

Pembatalan ini diungkap oleh Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak dalam rapat Komisi B di Gedung DPRD DKI. LRT koridor Timur-Barat ini dibatalkan langsung oleh Pemerintah Pusat sendiri.

Pemerintah Pusat disebutnya tengah mengerjakan proyek MRT dengan koridor Timur-Barat rute Cikarang-Ujung Menteng-Kalideres-Balaraja. Proyek ini yang dianggap tumpang tindih dengan pembangunan LRT fase 2A milik Dinas Perhubungan DKI.

Selain masalah proyek yang bertabrakan, Proyek Pemprov DKI ini dinilai Gilbert tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jakarta Tahun 2030. Nomenklatur rencana pembangunan LRT disebutnya tidak ada dalam peta rencana struktur ruang.

Gilbert lantas menyesalkan adanya kejadian ini. Menurutnya, pihak Pemprov tidak melakukan kajian yang matang sehingga tidak sinergi dengan proyek milik Pemerintah Pusat.


"Ini kesalahan fatal. Bagaimana bisa perencanaan tanpa sesuai RTRW dan nomenklatur. Rencana pembangunan LRT Ini berarti dibuat tanpa perencanaan yang matang dan kajian aturan yang ada dari pemerintah pusat," ujar Gilbert di gedung DPRD DKI, Senin (3/2/2020).


Perencanaan ini juga disebutnya tidak Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2018 Tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Akhirnya, Pemerintah Pusat menganggap proyek ini melanggar aturan itu dan dibatalkan.

Padahal, menurutnya pembangunan transportasindi Jakarta juga harus mengacu pada RITJ. Karena itu ia menilai Pemprov DKI kurang melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam perencanaannya.

"Kalau mengacu RITJ yang ditandatangani Presiden Jokowi, semua perencanaan mengintegrasikan ke situ. Bukan kemudian main bikin rencana seakan-akan tidak berhubungan dengan pemerintah pusat. Semua mesti terintegrasi dengan satu wadah yakni RITJ, " jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun rute atau trase baru LRT.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo menyampaikan, rute baru itu mencakup Pulogadung-Kebayoran Lama.

Menurutnya, trase itu termasuk dari usulan 27 koridor baru LRT. Sejauh ini, rute yang sudah mulai dibangun adalah Kelapa Gading-Velodrome dan Kelapa Gading Jakarta International Stadium (JIS).

"Kami akan melakukan akselerasi untuk yang koridor duanya itu dari Pulogadung ke Tanah Abang-Kebayoran Lama," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Rabu (11/12/2019).

Syafrin menjelaskan trase ini masih dalam tahap perencanaan administrasi. Ia menargetkan seluruh dokumen selesai tahun depan. Meski demikian, ia sudah merencanakan jalur mana saja yang akan dilewati oleh LRT ini.(suara.com/Artikel Asli)




source : http://www.beritaterheboh.com/2020/0...-tabrakan.html

duh gimana sih nih gilbert... GUBERNUR INDONESIA itu... jangan dilawan.. mau elu didemo berjilid - jilid kaya si "penista agama"????

emoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 2 lainnya memberi reputasi
Gile yaa udah punya anak buah 76 orang TGUPP Masih aja kajiannya tidak matang.

Ini nih yg dibilang "Gurbernur Indonesia"? emoticon-Wakaka
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
biar gk tabrakan lg dengan pusat jadikan anis presiden
Diubah oleh 54m5u4d183
dasar pekok emoticon-Wakaka
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
Proyek LRT Anies Batal Gegara Tabrakan dengan Pusat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 4 lainnya memberi reputasi
Kebayoran lama - tanah abang bukannya ada KRL?
Kenapa kaga bangun dari pluit ke kuningan.
Khan yg punya mobil banyak2 wilayah ini.
LRT bukannya udah dr jaman jokowi-ahok? Ato baru lagi nih cerita?
Quote:


Malah nanti tabrakan sama negara tetangga...emoticon-Cape d...
Lihat 1 balasan
pantesan makin banyak postingan nyerang bu risma...

padahal pilkada masih lama looh, dan kalo kayak gini terus kebijakan anis, 2022 lawan sendal jepit pun anis bakal kalah...
Balasan post yeesalah
brarti presiden dunia emoticon-Ngacir
profile-picture
yeesalah memberi reputasi
Quote:


Khilafah....emoticon-Angel
Quote:


Mending diubah trasenya, kenapa fokusnya ke sana padahal MRT Jakarta udah ada plan yang lebih jelas. Harusnya fokus ke rencana anies saat waktu naik, ke Tanah Abang lewat Manggarai dan Dukuh Atas. Lewat Dukuh Atas bakal terintegrasi dengan Transportasi massal lainnya ( MRT Jakarta, KRL, LRT Jabodebek, Kereta Bandara, dll) emoticon-Embarrassment

Quote:


Udah dibangun LRT Jakarta ( Velodrome - Kelapa Gading ) jadi anies tinggal nerusin aja, tapi trasenya itu gak jelas dan selalu berubah. Awalnya Anies saat menjabat pengen LRT Jakarta lanjut ke Tanah abang, tapi berubah lagi sampe Manggarai aja dan malah lebih fokus ke Stadion Jakarta yang baru dibangun ( JIS ). Sekarang diextended lagi rencananya dari Pulogadung ke Kebayoran Lama, jalurnya bersinggungan dengan MRT Jakarta koridor TImur-Barat ( Cikarang-Balaraja ) yang udah punya planning lebih matang dan lama dari rencana yang diajukan sama tim anies ini emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya balik lagi ke Pemprovnya, kalau saran dari Kemenhub ya gitu
masterplannya ga ada malah nyolong proyek pusat
Balasan post killergodnana
Terus pas jokowi-ahok itu LRT kan gak direncanain mentok sampe velodrome aja kan? Kalo gak salah dulu ane pernah liat lumayan jalur rencananya...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di