CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e39cbdb6cc6487d116976d7/krupuk-nasi-bawang-salah-satu-resep-pemanfaatan-sisa-nasi-yummy-loh

Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!


GanSist, ini dia resep krupuk nasi bawang dari pemanfaatan sisa nasi. Sudah lama menunggu ya? Haiyah, TS geer emoticon-Ngakak Kepoin yuk thread pilar dalam sub forum resep nusantara kali ini.

Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!
Welcome to riwidy's thread



Sebelum menginjak ke resep di dapur kita , ada baiknya kita cek link thread Induknya lebih dahulu, yaitu Manfaatkan Nasi sisa, Dibuang Jangan Dilempar Kasihan, Ingat Program Zero Food Waste!. Klik yuk : Thread Induk

Bagaimana? ada kan penyebutan salah satu cara pemanfaatan nasi sisa adalah dibuat krupuk nasi bawang? Nomer 4 GanSist! Ok banget kan. emoticon-Betty

Apakah agan dan sista suka makan kerupuk? Apa alasannya kalau boleh tahu? Kalau ane memang tipe yang tidak bisa makan tanpa adanya si murah meriah, renyah, dan rame ini. Tidak lengkap rasanya nasi tanpa teman setianya ini. Uhui!

Lalu apakah Agan Sista sempat mengolah krupuk sendiri? Ada kelebihannya lho, selain lebih sehat, juga bisa disesuaikan dengan rasa yang kita inginkan. Mau gurih, manis, pedas atau nano-nano juga bisa dibuat. Up to you! You're the master of your own emoticon-Big Kiss

Manfaat dari nasi sisa juga berfaedah mengurangi limbah nasi di sekitar kita, Gan. Selain manfaat lainnya ya, membuat krupuk menjadi alternatif pemanfaatan limbah yang cerdas dan bisa juga dimonetize alias diuangkan. Asyik. emoticon-Sundul Up Kalau Agan Sista mau, ini bisa jadi industri rumahan yang keren.

Oke tidak berbasa-basi lebih lama lagi, cekidot resep krupuk nasi bawang ala riwidy ini.Sebenarnya ini resep teman ane, tapi ane modif sedemikian rupa sehingga penggunaan tepung kanjinya bisa diminimalisir. Karena judulnya krupuk nasi bukan krupuk kanji emoticon-I Love Indonesia


Resep Krupuk Nasi Bawang:

Bahan :

1. Nasi sisa sekitar minimal 3 centong full ya.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

2. Bawang putih 3 siung ukuran sedang sampai besar.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

3. Garam setengah sendok makan peres atau sesuai selera.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

4. Tepung kanji, banyaknya disesuaikan dengan tingkat lunak tidaknya nasi. Rata-rata sekitar 10 -20 sdm saja.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

5. Bahan-bahan tambahan sesuai selera , misalnya merica, terasi, gula, cabai, bubuk kaldu instan, atau aksesoris (elah ada aksesoris krupuknya) seperti daun bawang dan sebagainya.



Cara Membuatnya :


1. Uleg bumbu bawang dan garam sampai halus.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

2. Campurkan nasi panas-panas dengan bumbu, sambil diuleg, dibolak-balik dan ditaburi tepung kanji sampai rata. Cicipi biar pas rasanya.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

3. Adonan yang sudah hampir kalis diuleni sampai padat lalu dibentuk bulat-bulat memanjang.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

4. Rebus dalam air mendidih sampai matang kanjinya, sekitar 5-10 menit. Angkat dan dinginkan.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

5. Simpan adonan dalam kulkas sampai keesokan harinya agar tekstur lebih keras.

6. Iris adonan tipis-tipis sesuai selera.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

7. Jemur di bawah sinar matahari terik. Sesekali dibalik agar keringnya merata. Biasanya sekitar dua hari sudah kering sempurna.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

8. Goreng krupuk dalam minyak panas sampai mengembang.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

9. Krupuk siap dihidangkan. Simpan dalam toples agar awet renyahnya.
Krupuk Nasi Bawang, Salah Satu Resep Pemanfaatan Sisa Nasi, Yummy Loh!

Demikian Agan Sista, resep krupuk nasi bawang ala riwidy di selasa kuliner enak sederhana.


Selamat mencoba dan berbahagia.






Ngawi, 04022020



Sumber ref : pribadi
Sumber gambar : koleksi jepretan kamera pribadi, pixabay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riwidy
Halaman 1 dari 2
page one for ts
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan embunsuci memberi reputasi
Berkreasi dalam hal yang kita sukai dan butuhkan itu menyenangkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 2 lainnya memberi reputasi
For list links selasa resep sederhana by riwidy
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
silakan membaca, mempraktekkan dan berbahagia. Jangan lupa rate 5, cendol dan komennya ya. maturnuwun!
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
keren bener sista ini, rajin banget masak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 2 lainnya memberi reputasi
wah gurih nih
profile-picture
profile-picture
riwidy dan embunsuci memberi reputasi
beli aja gan...repot
profile-picture
profile-picture
riwidy dan embunsuci memberi reputasi
Kalau di tempat ane namanya karak sist.. enak banget nih kerupuk nasi, biasanya sih ane beli mentah dan digoreng sendiri, tuh di rumah masih ada stoknya.hehe.. Iya sama sist ane juga kurang lengkap rasanya kalau makan tanpa ditemani kerupuk dan sejenisnya.hehe...
profile-picture
profile-picture
riwidy dan embunsuci memberi reputasi
Waah gurih gurih gurih nyoi
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Quote:


Cucok cucok di musim penghujan
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Mau, Mak😍
profile-picture
riwidy memberi reputasi
enak ya sepertinya apalagi ane pecinta kerupuk
profile-picture
riwidy memberi reputasi
uenak kui nduk.... wajib dipraktekkan sama mak2 disini. Hayo up praktekannya
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Quote:


Aseliiii mnyenangkan dan dpt kpuasan trsendiri,👍🏼👍🏼👍🏼
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Quote:


Hihi ya gt deh soalnya anak2 dah gede n ane kan ga kerja kerjaannya masak n nulis hiks
profile-picture
evihan92 memberi reputasi
Quote:


Iya bener bgt guyihhh emoticon-Ngakak
Quote:


Wkwkwkw klo beli ga ada seninya dong, namanya jg daur ulang nasi. Biar ga mubadzir malah bs djual.
profile-picture
GroupTercela memberi reputasi
Quote:


Betul bgt. Rasanya ga mantab tanpa krupuk. Dia bisa meramaikan suasana etdah emoticon-Ngakak

Klo karak d tmpt ane sih nasi kering yg udh djemur. Klo di jateng emng ada sebutan karak tu krupuk nasi puli gt ya. Yg ni beda lg, tanpa pke ketumbar jd putih gt penampakannya. Mrip krupuk kanji kecil2 itu.
Lihat 1 balasan
Quote:


Nah ni mbk dlu ya yg nunggu resep ini. Ni krupuk pertama. Krupuk puli blm mbuat aq akakwkw. Tanpa boraks lo. Sehat
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Quote:


Buat yuk. Cma susah kering klo ujan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di