CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e39c7c15cf6c40719162f6f/monyet-yang-bodoh

Monyet Yang Bodoh


Monyet Yang Bodoh

Malam yang sunyi dan cuaca sangat dingin. Sekelompok monyet berada di pohon. Mereka bergantungan pada ranting-rantingnya. Salah satu monyet berkata, “Saya berharap kita bisa menemukan api. Ini akan membantu kita tetap hangat. ”

Tiba-tiba mereka melihat kawanan kunang-kunang. Salah satu monyet muda mengira itu adalah api. Dia menangkap kunang-kunang. Dia meletakkannya di bawah daun kering dan mulai meniupnya. Beberapa monyet lain juga bergabung dalam upayanya.

Sementara itu, seekor burung pipit terbang ke sarangnya, yang berada di pohon yang sama dengan tempat monyet-monyet tersebut. Dia memperhatikan apa yang mereka lakukan. Burung pipit tertawa. Dia berkata, “Hai monyet-monyet konyol, itu adalah kunang-kunang, bukan api yang sesungguhnya. Saya pikir kalian harus berlindung di gua. “

Monyet-monyet tidak mendengarkan burung pipit. Mereka terus meniup kunang-kunang yang malang.

Setelah beberapa waktu, para monyet menjadi sangat lelah. Sekarang mereka menyadari bahwa apa yang dikatakan burung pipit itu benar. Mereka melepaskan kunang-kunang dan pindah ke gua terdekat.

Pesan moral dalam cerita:

Walaupun kegigihan adalah salah satu kualitas paling menentukan dari seorang siswa terbaik, selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari setiap hari! Monyet-monyet dalam cerita itu memang gigih tetapi kerja keras mereka tidak membuahkan hasil karena mereka menolak untuk mendengarkan pada awalnya. Selalu dengarkan tetua anda, mereka lebih tahu!



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di