CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dubes China Sesalkan RI Setop Penerbangan, Ini Respons Pemerintah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e39727ab8408857e134f25b/dubes-china-sesalkan-ri-setop-penerbangan-ini-respons-pemerintah

Dubes China Sesalkan RI Setop Penerbangan, Ini Respons Pemerintah

Danang Sugianto - detikFinance

Dubes China Sesalkan RI Setop Penerbangan, Ini Respons Pemerintah
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Jakarta - 

Pihak China melalui duta besarnya menyayangkan sikap Indonesia yang terburu-buru melakukan penundaan penerbangan sementara dari dan ke China. Lalu apa tanggapan pemerintah Indonesia?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri hari ini mengumpulkan para menteri di Istana Presiden Bogor untuk membahas kebijakan yang diambil terkait virus corona tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat pun memberikan tanggapan terkait itu. Dia mengatakan bahwa pemerintah Indonesia hanya mengikuti protokol internasional.

"Kita ikuti global health protocol. Kita basisnya global health protocol," ujarnya di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Senada dengan Airlangga, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memiliki kewenangan penyetopan penerbangan langsung RI-China juga menyatakan bahwa apa yang dilakukan Indonesia juga dilakukan banyak negara lain.

"Kan yang kita lakukan ini sama yang diberlakukan oleh negara-negara lain. Kita sebetulnya sangat hati-hati untuk melakukan itu," tuturnya.

Sebelumnya Duta Besar China untuk IndonesiaXiaoQian menilai semestinya Pemerintah Indonesia tidak bersikap seperti itu. Dia keberatan pemerintah Indonesia membatasi perdagangan terhadap China.

"Menurut saya kalau ambil pembatasan seperti terhadap penukaran personal penerbangan dan perdagangan kami sangat tidak berharap itu dampaknya. Itu sebenarnya juga akan merugikan ekonomi perdagangan dan pariwisata Indonesia sendiri," ujar Xiao di kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, Selasa (4/1/2020).

Tepat pada Rabu pukul 00.00 WIB pemerintah Indonesia resmi melakukan penundaan penerbangan dari dan ke China. Keputusan itu tentunya akan menimbulkan kerugian khususnya bagi maskapai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku belum memiliki hitungan terkait hal itu. Sebab pihaknya ternyata belum melakukan rapat dengan para maskapai dan operator bandara.

"Ya pertemuan dengan maskapai dalam negeri dan maskapai dari luar itu, besok," tuturnya usai menghadiri ratas di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Budi mengaku belum memegang data rinci berapa potensi kerugian para maskapai. Namun menurut sepengetahuannya setiap tahunnya ada 2,1 juta turis China yang datang ke Indonesia.

"Saya nggak hafal, tapi penumpang dari China 1 tahun itu kira 2,1 juta. Dari RI ke China juga relatif sama," tambahnya.

Sementara untuk penumpang yang sudah membeli tiket juga akan diputuskan skema ganti ruginya saat rapat dengan maskapai dan operator bandara besok. Untuk sementara waktu Kemenhub menyerahkan penyelesaian dengan penumpang tersebut kepada masing-masing maskapai.

"Ya kan kita secara informal sudah memberikan arahan untuk memberikan satu solusi kepada customer. Pasti mereka punya cara sendiri-sendiri ya. Kita bakukan setelah rapat. Nantinya kita bisa arahkan, tapi sementara kita serahkan (kepada maskapai)," tutupnya.

https://m.detik.com/finance/berita-e...s-pemerintah/1

sementara..

sampai kapan?

sampai wabah corona mereda, dan ane akan sarankan ke pemerintah.. tutup dululah sampai vaksin corona yg ini ditemukan...

merugikan pariwisata dan perdagangan? jelas iya.. tapi daripada tu wabah melipir ke sini... gpp lah..

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
assassins1994 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
bodo amat.
yg penting aman dari corona.

lah, sesama WNI yg baru pulang aja menaruh waspada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udah bener ditutup aja bor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamfreedom dan 9 lainnya memberi reputasi
Quote:


betuuul..

wni yang baru pulang itu aja masih dikarantina.. padahal sudah lolos pemeriksaan di sono bebas corona..

yg ga lolos mah tetep ga bisa pulang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 8 lainnya memberi reputasi
Tanpa china gimana caranya bayar upeti ke padang pasir buat dapat undian ke sorga? Kasihanilah mereka!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
udah cucok lah langkah pemerintah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post khayalan
Quote:


???????
Lama lama eneg juga sama kelakuan dubes china, dikit dikit dicampurin. Terserah kamilah blok goblok, sensi amat sih...bangcat

emoticon-Marah

Emang nape kalo kami tutup penerbangan? Mau ngajak kelahi? Ayok!

emoticon-Belgia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Enteng emoticon-Ngakak ente baru menyesal
Kitak2 malah udah kapok ame ente
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 6 lainnya memberi reputasi
Bagus lah udah di ambil kebijakan kaya gitu. emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
romodov dan 4 lainnya memberi reputasi
kalo gak mau di stop ya dapetin vaksinnya dulu lah emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gih sana ke cina klo mau geludemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 4 lainnya memberi reputasi
Antisipasi aja, keamanan masing2 dulu, masalah ekonomi nanti bisa bangkit lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post khayalan
Si slider, xrm, sfast, diemin aja mereka

Komentnya suka ngaco

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 10 lainnya memberi reputasi
taik jg dubes cina.beberapa negara aja stop penerbangan kesana. udah benar keputusan pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 8 lainnya memberi reputasi
Semog bisa dimengerti oleh Dubes China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan 3 lainnya memberi reputasi
memang impact pariwasata jadi turun dibandingkan dengan korban jiwa yg berjatuhan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zulfi888 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yup ane setuju. Sementara lbh baik ditutup dulu. Mencegah lbh baik daripada mengobati.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
mending rugi dulu diawal yg gk seberapa gede.. drpd dibiarin sampe kena virusnya ntar dampaknga lebih gede lagii.. smua sektor bakal kena dan bisa rugi lebih gede
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ennoz dan 10 lainnya memberi reputasi
baperan. cuih. pas natuna aja kmrn sok2an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di