CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Virus Korona : Asal, Cara Penularan, Gejala dan Pencegahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3971eeaf7e933662138d0f/virus-korona--asal-cara-penularan-gejala-dan-pencegahan

Virus Korona : Asal, Cara Penularan, Gejala dan Pencegahan

Virus Korona - Dunia sedang mengalami wabah virus yang berasal dari daratan Cina. Virus Korona yang konon disebarkan oleh binatang ini telah menginfeksi sebagian besar manusia. Pneumonia yang disebabkan oleh virus korona ini, berasal dari pusat kota Wuhan di Cina. Kemudian virus ini menyebar ke seluruh Cina dan beberapa negara di Asia lainnya, bahkan saat ini telah dikonfirmasi jika virus ini telah menyebar di Amerika Serikat dan Eropa.

Untuk  memantau daerah penyebaran silahkan klik tautan 2019-nCoV Global Cases

SALMUASAL
Virus Korona : Asal, Cara Penularan, Gejala dan Pencegahan

Banyak ahli yang berpendapat jika virus ini berasal dari kelelawar dan ular, yang memang banyak dijual di pasar ikan dan pasar hewan di kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei. Hal ini disebabkan karena warga Kota Wuhan gemar mengkonsumsi jajanan ekstrem seperti sup kelelawar yang sangat terkenal di salah satu kota teramai di Cina ini. Selain kegemaran makan hewan eksotik, faktor kebersihan dan kondisi pasar hewan dan ikan yang berdesakan di Kota Wuhan juga menjadi sorotan. Banyak ditemui binatang yang masih hidup berdekatan dengan binatang yang sudah dipotong, selain itu di tempat yang sama juga banyak ditemui limbah pemotongan hewan seperti darah, bahkan bangkai binatang. Kondisi kebersihan yang kurang terjaga inilah yang mungkin menyebabkan terjadinya penularan virus dari hewan ke manusia.

Virus Corona ditemukan oleh para ahli, untuk pertama kalinya pada tahun 1968. Virus ini ditemukan pada mamalia dan juga unggas. Pada sapi dan babi menyebabkan diare dan pada unggas menyebabkan penyakit pernafasan. Pada manusia, virus yang dimaksud adalah demam, wajah pucat, dan leher yang seakan tercekik karena sulitnya bernafas.

Kata Corona pertama kali diumumkan oleh ahli ahli virologi dalam sebuah artikel berjudul “Coronaviruses” pada jurnal Berita dan Tampilan pada 1968

Jika dilihat dari tingkatan familinya, Corona masuk dalam subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronoviridae. Nama coronavirus berasal dari bahasa latin “corona” dan Yunani “korone” yang berarti mahkota atau lingkaran cahaya. Dapat ditebak penamaan ini memang tidak lepas dari wujud khas virus itu, yang memiliki batasan permukaan yang menyerupai mahkota.

CARA PENULARAN
Virus Korona : Asal, Cara Penularan, Gejala dan Pencegahan

Virus corona dengan sangat cepat dapat menular, dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, terdapat lima cara penularan virus corona dari manusia ke manusia lainnya. 

Transmisi dari cairan : air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter. Air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin.
Transmisi dari udara : virus corona bisa menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Cara ini sama dengan cara virus flu, SARS, variola, dan norovirus menular dari satu orang ke orang lainnya.
Transmisi kontak : virus dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh atau mengenai selaput lendir
Transmisi dari hewan : orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona dapat tertular melalui kontak tersebut;
Kontak dekat dengan pasien : keluarga, orang yang tinggal serumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien juga rentan untuk tertular,.



Virus Korona : Asal, Cara Penularan, Gejala dan Pencegahan


Selain penularan dari hewan ke manusia, virus corona jenis baru itu dapat menular lewat kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus itu.

Penularan dengan kontak langsung dengan penderita bisa lewat pernapasan, percikan ludahnya, terkena napas atau batuk dari orang yang positif terjangkit virus corona itu, atau menyentuh langsung ke makanan yang dimakan orang terinfeksi virus itu.



Menteri Kesehatan RI (Menkes),  Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) membeberkan beberapa ciri-ciri dari gejala virus corona. Salah satunya yakni dimulai dari batuk. Tapi bukan hanya batuk saja, harus disertai dengan demam, dan juga sesak napas. Jika orang mengalami ketiga gejala tersebut patut diwaspadai jika terinfeksi virus korona. Namun untuk lebih tepatnya, segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat. Hal ini sangat dianjurkan untuk keselamatan diri sendiri dan juga untuk mencegah penularan lebih jauh.

Dia meyebut, ketika seseorang memiliki ketiga tanda tersebut maka tidak bisa diindikasikan orang tersebut terkena virus corona atau tidak. Sebab, itu tidak terjadi apabila orang bersangkutan tidak mengalami kontak langsung dengan orang terkena virus tersebut. 



Dihimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan ke tempat terjadinya penyakit itu. Salah satu untuk bentuk mencegah terinfeksi virus itu yakni tidak melakukan kontak dengan penderita.


Upaya pencegahan lainnya adalah menggunakan masker, tetapi masyarakat Indonesia tidak perlu terlalu panik karena sejauh ini belum ditemukan kasus pasien positif yang terinfeksi virus ini. Dihimbau masyarakat untuk selalu melakukan gaya hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan. Karena virus dapat menyebar ke jaringan mukosa dalam tubuh, jangan menggosok mata, mulut dan hidung dengan tangan yang kotor. Pastikan selalu menjaga tangan tetap bersih, misalnya ingin menggosok mata, mulut, hidung, atau ingin makan, maka tangan harus dibersihkan terlebih dahulu mengunakan sabun dan dibilas dengan air mengalir atau bisa juga menggunakan desinfektan.



dikutip dari : https://suhuinfounik.blogspot.com/20...mengalami.html




profile-picture
eFVZee memberi reputasi
belum ada kepastian asal si virus ini.. dan bagaimana cara penularan dari inang awal ke manusia!

emoticon-shakehand
Lihat 1 balasan
menjijikan sekali kaya kanibal.dimasak lama aja blm menjamin apalagi setengah matang.emoticon-Matabelo
Balasan post khayalan
profile-picture
profile-picture
mows dan khayalan memberi reputasi
ras pemilik kavling sorga minum kencing onta, gen unggul ga mau kalah makan binatang ekstrim..
emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
gk beda jauh ama kelakuan babi2 di mari juga gitu...
mau beli masker N95, biasanya beli harga 200 ribuan per box
sekarang edisi spesial virus corona jadi 1.5-2jt per box
emoticon-Cape deeehh
Balasan post khayalan
Ya Kita tunggu sampe negara yg kena itu jadi sepenuhnya terbuka. Apalagi Sam's expert internasional. Gimanapun travel block, border block, ekonomi indicator yg njomplang

Itu realitas, gak bisa ditutupi, makin ditutupi makin bauemoticon-Embarrassment
Apalagi kalo diterapkan sensor totalemoticon-Embarrassment
profile-picture
khayalan memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di