CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e396ab309b5ca5f506cfa50/menag-luruskan-soal-pemulangan-600-wni-eks-isis

Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bicara soal informasi yang mengaitkan dirinya dengan isu pemulangan WNI mantan anggota ISIS di Timur Tengah. Fachrul mengaku tidak pernah menyampaikan soal rencana pemulangan WNI eks ISIS itu.
"Sebetulnya itu udah biasnya jauh banget ya," kata Fachrul di kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Fachrul lalu menjelaskan mengenai informasi yang beredar tersebut. Menurutnya, pembahasan soal ISIS itu ada di acara relawan Bravo lima menjadi ormas yang membantu pemerintah. Fachrul sebagai Ketua Umum Bravo Lima menghadiri acara itu.

"Kemudian saya mengundang wakil dari menteri apa, Kementerian Dalam Negeri, kemudian dari BNPT, untuk memberikan pembekalan," sambungnya.

Selain Fachrul, beberapa pembicara juga diundang yaitu perwakilan Kemendagri yang memberikan pembekalan tentang radikalisme, dan BNPT yang diwakili oleh Mayor Jenderal Hendri Paruhuman Lubis membahas masalah terorisme, salah satunya adalah ISIS.

"Ditampilkanlah ISIS itu yang sampai anak kecil terlatih menembakin orang tua yang lagi ditahan, kemudian orang yang kepalanya dipasang bahan peledak, pleengg (menggambarkan suara ledakan), mental kepalanya itu, ada yang di dalam kerangkeng dibakar dan sebagainya, sambil mengatakan, 'nih kira-kira beginilah ISIS itu. Coba bayangkan kalau dia 600 orang itu pulang ke Indonesia misalnya dipulangkan'" ucap Fachrul menirukan ucapan Hendri Paruhuman Lubis.

Fachrul mengatakan video gambaran aktivitas ISIS yang terbilang sadis juga ditampilkan. Setelah penampilan video tersebut, dia memberikan pengarahan pada para anggota organisasinya.

"Selesai, saya beri penekanan. Kalau gitu kalian, satu, misalnya masalah kerukunan. Bantu kerukunan umat beragama. Kedua, soal radikalisme tadi yang disampaikan diwaspadai misalkan supaya sekitar kita temen orang yang radikal itu bisa diajak dialog untuk jadi moderat gitu ya. Terus tadi yang disampaikan Mayor Jendral Lubis itu menjadi diwaspadai, kalau betul-betul dipulangkan ya bukan gampang kemungkinannya," katanya.

Fachrul mengatakan video tersebut diputar oleh Mayor Jenderal Hendri Paruhuman Lubis. Fachrul juga mengulang statement Lubis yang mengatakan lebih cepat membuat orang yang moderat menjadi radikal dibanding sebaliknya.

"Kalau membina dia (teroris ISIS) untuk menjadi orang baik, menjadi radikal, diceritakan Lubis itu hanya butuh berapa menit saja malah sejam dua jam sudah jadi. Tetapi membina kembali orang sudah radikal itu butuh bertahun-tahun nggak jadi-jadi. Itu aja ditekankan. Nggak ada apa-apa. Nggak ada cerita pendapat saya, pendapat saya," ujarnya.

Fachrul juga mengatakan pernyataan mengenai pemulangan 600 WNI mantan anggota ISIS juga berasal dari Mayor Jenderal Hendri Paruhuman Lubis. Fachrul mengklarifikasi hal tersebut.

"Itu kan, anu, yang bilang andaikan itu si anu, siapa si (Hendri Paruhuman Lubis), bukan saya. Saya hanya mengingatkan tuh yang tadi dia sampaikan begitu bahayanya begitu. Jadi membina orang baik jadi radikal hanya dalam waktu pendek, membina orang radikal menjadi baik kembali butuh waktu yang sangat lama dan nggak jadi-jadi itu," jelasnya.

Saat ditanya ada tidaknya kajian mengenai pemulangan WNI eks ISIS itu, Fachrul menyarankan untuk menanyakan ke Kemenkum HAM. "Oh itu Kemenkum HAM, Menko. Jadi bias jauh banget. Nggak ada, nggak ada ngomong apa-apa," pungkasnya.

Sebelumnya, Polri mengatakan sudah mendapat informasi dari Menag Fachrul Razi soal rencana pemulangan 600 WNI eks ISIS di Timur Tengah. Polri akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keberadaan para WNI itu.

"Sebagaimana diinformasikan Menteri Agama (Fachrul Razi), ada 3 poin penting terkait itu, pertama kita masih koordinasi dengan pemerintah dimana warga negara eks ISIS ini berasal, maksudnya yang masih di negara Syria, Turki, dan Irak. Kita masih koordinasi," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Asep menyebut pihaknya juga akan melakukan profiling dan verifikasi. Langkah itu untuk memastikan kewarganegaraan 600 orang eks ISIS tersebut.

"Iya informasinya memang 600 orang, langkahnya tentu diverifikasi dan profiling dulu bener nggak WNI, harus jelas track record-nya, masih ada proses itu memastikan sambil lihat sikap pemerintah dari sana," ujarnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...wni-eks-isis/2

Virus ISIS ini sama berbahayanya dengan virus corona....

Mohon pemerintah pertimbangkan masak2...

Mereka pergi atas kemauan mereka bahkan ada pula yg berani membakar pasport mereka....

Mereka kini hanyalah eks WNI....

Kemungkinan pula ada penyusup yg ingin berkembang biak dengan faham isisnya...

Sedangkan yg ada di indonesia saja pemerintah belum bisa bertindak tegas kepada gerombolan khilafah yg bikin negeri ini jarang damainya....

Mau lagi di tambah masalahnya wahai Pak Jokowi...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bukan.Arab dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 2
Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS
profile-picture
profile-picture
nn2106 dan extreme78 memberi reputasi
kata si pisang tegang keras betul

isis saudara kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


wokeh cak....emoticon-Leh Uga

Ta colek dulu kanjeng @tanah.liat emoticon-Leh Uga
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Quote:


Wonge jek ruwet kang...
Pokoke jangan diganggu... kalau gak pengen kulitmu dijadiken papir.
emoticon-Ngakak



emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ya weslah terserah pemerintah aja gimana baiknya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ga gan, radikalisme itu jauh lebih bahaya dari corona (atau penyakit apapun). Ada gejalanya, batuk, demam, dst klo terindikasi bisa bawa ke dokter. Corona masa inkubasi 2 minggu ternyata masih sehat berarti emang bebas corona, udah ada yg bisa sempuh juga ternyata.

Lha klo otak radikal kadrun?
Hati dan pikiran orang siapa yang tahu?
Klo mau mati ngajak2 orang pula...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
str901 dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Quote:


yap....otak sulit mank tuk di sembuhkanemoticon-Shakehand2
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
cebong pada menjilat ludah sendiri dengan kelakuan rezim emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
str901 dan 2 lainnya memberi reputasi
MEMBESARKAN ANAK ITU GAMPANG.
YANG SUSAH ITU MENDIDIKNYA.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh r0man0
Quote:


Hanya meluruskan... Otak radikal masih bisa di poles.. Namun lebih sulit memoles otak kadal karena goib, jadi susah dijangkau.
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
shinkutou dan extreme78 memberi reputasi
buang ke laut aja, ngapain sampah masyarakat di bw pul emoticon-Marah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh tiieenn
Ingat sila pertama Pancasila menag jangan baper! Mereka hanya ingin mengamalkan ajaran agama mereka apa salahnya itu hak mereka!
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan extreme78 memberi reputasi
Kirim ke papua aja pak, ke area kkb disana
Biar perang
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


weis cak kita ngupi susu karo ngudut GIF
profile-picture
profile-picture
liee dan Theist memberi reputasi
Lepas dari mulut harimau masuk mulut buaya, lepas dari partai kadrun dapat partai hipokrit PDIPret + bonus si planga plongo.

Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Menag Luruskan soal Pemulangan 600 WNI Eks ISIS

Pengebom Gereja Surabaya Baru Pulang dari Suriah
https://m.detik.com/news/berita/d-40...suriahKeluarga

Terduga Teroris Pernah Berperang di Suriah Diamankan dari Cikarang
http://m.ayobekasi.net/read/2019/11/...-dari-cikarang

Teroris yang Ditangkap di Pasuruan Pernah Dikirim ke Suriah
https://m.detik.com/news/berita-jawa...-suriahTerduga

Terduga Teroris yang Ditangkap di Jateng Pernah Berangkat ke Suriah
https://amp.kompas.com/nasional/read...kat-ke-suriah6

Terduga Teroris JAD yang Ditangkap, Pernah ke Suriah hingga Disebut Militan
https://amp.kompas.com/nasional/read...sebut-militan9

Hasil Tes DNA, Pelaku Bom Bunuh Diri Filipina Suami Istri WNI
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...uami-istri-wni
^
Husband, wife who underwent deradicalization program behind bombing of Philippines cathedral: police
https://www.foxnews.com/world/husban...ines-cathedral
Diubah oleh raff.s
Quote:


apalagi bekas ISIS yang ideologi nya kuat. Di UK aja tobat bisa mledug
profile-picture
profile-picture
serep26 dan servesiwi memberi reputasi
Quote:


Jangan lupa dikocokin
{thread_title}
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
gak usah dipulangkan biar ajah disana busuk berdaki daki karna mereka secara sadar mengingkari indonesiq
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan extreme78 memberi reputasi
anjing rabies itu lebih baik dimatiin ajaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di