CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Faktor Penyebab Kanker Usus Besar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e394076facb9542dc08f051/faktor-penyebab-kanker-usus-besar

Faktor Penyebab Kanker Usus Besar

Bagaimana perasaan kamu mendengar kata kanker? Pasti menakutkan bukan?
Penyakit kanker bisa menyerang organ apa saja. Tetapi kali ini kanker usus besar lah yang akan menjadi topik pembicaraan kali ini.
emoticon-Entahlah

Faktor Penyebab Kanker Usus Besar

Sumber Foto : hay-geni-haxtanak.blogspot.com

Kanker usus besar adalah salah satu jenis penyakit kanker yang sudah sangat sering terjadi. Nah, mengapa bisa sih terkena penyakit kanker usus besar ini? Pastinya ada beberapa faktor yang membuat seseorang terkena penyakit kanker usus besar ini.
emoticon-Bingung

Apakah kamu sudah pernah mendengar adanya penyakit polip? Penyakit polip ini adalah adanya gumpalan kecil yang dibentuk di dalam usus besar. Nah, gumpalan kecil dalam usus besar ini lah yang memulai terjadinya kanker usus besar ini. Jika dalam sel-sel yang sehat dalam usus besar mengalami perubahan pada DNA nya, maka ini lah awal dari penyakit kanker muncul. Cara penyerangan sel-sel darah itu adalah dengan membelah diri dan kemudian merusak organ-organ dalam tubuh.
emoticon-Matabelo

Sampai saat ini pun orang yang berprofesi sebagai dokter masih belum mengetahui dengan pasti penyakit kanker usus besar itu disebabkan oleh apa. Hal ini didapat dari tulisan Mayo Clinic. Walaupun begitu, sudah ada beberapa faktor yang ditemukan oleh dokter bahwa faktor itu lah yang membuat adanya kemungkinan untuk terkena penyakit kanker usus besar. Mudah sekali untuk dipahami bahwa semakin banyak faktor risiko yang kamu miliki maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk kamu terkena penyakit usus besar.

Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Berikut ada beberapa faktor risiko yang membuat adanya kemungkinan untuk terkena penyakit kanker usus besar, yaitu :

Usia di atas 50 tahun
emoticon-Matabelo
Penyakit mematikan, kanker usus besar ini sebetulnya bisa dialami orang dengan berbagai usia. Tetapi, perlu diketahui bahwa biasanya, penyakit kanker usus besar ini sangat banyak terjadi pada orang yang memiliki usia di atas 50 tahun. Hal ini telah ditulis oleh Healthline.

Riwayat penyakit
emoticon-No Hope
Nah, apa yang dimaksud dengan riwayat penyakit ini? Riwayat penyakit ini berarti apakah kamu sebelumnya sudah pernah mengalami penyakit polip atau pun sudah pernah mengalami gangguan atau penyakit yang juga terjadi di usus besar? Jika kamu sudah pernah terkena penyakit itu, akan ada kemungkinan yang besar untuk terkena penyakit kanker usus besar di hari esok.

Inflamasi usus
emoticon-Sorry
Selanjutnya adalah inflamasi usus. Jika kamu pernah mengalami penyakit radang pada usus yang kronis, seperti colitis ulserativa dan juga penyakit Crohn, maka juga akan ada kemungkinan yang besar untuk terkena penyakit kanker usus besar.

Gen dan riwayat keluarga
emoticon-Turut Berduka
Jika ada dari keluarga kamu yang memiliki penyakit yang berkaitan dengan usus, maka gen tersebut akan diturunkan dan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker usus besar. Apalagi ditambah dengan jika kamu memiliki keluarga yang memang menderita penyakit kanker usus besar, maka semakin besar risiko kamu untuk terkena penyakit kanker usus besar.

Pola makan rendah serat, tinggi lemak
emoticon-Cape d...
Pasti kamu sudah tahu bahwa usus merupakan salah satu organ pencernaan dalam tubuh. Nah, tugas dari organ usus ini adalah untuk mengolah makanan yang kamu makan sebelum dibuang menjadi feses. Jika kamu adalah orang yang mengonsumsi makanan yang rendah serat dan tinggi lemak, maka hal ini akan berkaitan dengan masalah pada usus besarmu. Hal ini telah dibuktikan melalui studi.
Untuk kamu yang menjadikan daging merah sebagai santapan kamu, lebih baik mulai sekarang jauhilah karena risiko kanker usus besar akan meningkat dengan seringnya mengonsumsi daging merah maupun daging olahan.

Tidak berolahraga
emoticon-Cape deeehh
Sudah banyak orang yang tahu bahwa olahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh kamu. Maka, sudah tahu dong olahraga itu harus dilakukan jika kamu ingin tubuh yang sehat? Nah, males bergerak atau tidak pernah melakukan aktivitas olahraga itu adalah gaya hidup yang perlu diubah, karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker usus besar.

Diabetes
emoticon-Ultahemoticon-Shutup
Faktor risiko yang selanjutnya adalah jika kamu menderita penyakit diabetes ataupun insulin dalam tubuhmu yang mengalami masalah, maka kamu adalah orang yang memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit kanker usus besar.

Gaya hidup tidak sehat
emoticon-Toastemoticon-Shutup
Nah, faktor risiko yang terakhir adalah mengenai gaya hidup yang kamu terapkan. Jika kamu menerapkan gaya hidup yang tidak sehat dengan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan juga jika kamu mengalami obesitas, maka untuk terkena penyakit kanker usus besar akan meningkat.
 
Faktor-faktor di atas ini lah yang harus kamu hindari jika kamu tidak ingin terkena penyakit kanker usus besar.


Ubahlah gaya hidupmu supaya selalu sehat ya guys...

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Waah bermanfaat sekali nee informasi nyaemoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di