CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Xanana Gusmao yakin RI Bantu Timor Leste soal Karantina Warganya dari China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3938a3349d0f4286668848/xanana-gusmao-yakin-ri-bantu-timor-leste-soal-karantina-warganya-dari-china

Xanana Gusmao yakin RI Bantu Timor Leste soal Karantina Warganya dari China

Xanana Gusmao yakin RI Bantu Timor Leste soal Karantina Warganya dari China

Jakarta - Pemerintah Timor Leste meminta bantuan Indonesia dalam hal karantina terkait warganya yang akan kembali dari China menyangkut virus corona. Menteri Perencanaan dan Investasi Timur Leste, Xanana Gusmao, menyebut permintaan bantuan tersebut lantaran Timor Leste tidak memiliki fasilitas layaknya pemerintah Indonesia.
"Ya, karena harus mengerti bahwa kita nggak punya fasilitas, nggak punya apa-apa. Oleh karena itu kita minta kalau bisa, seperti negara-negara lain," kata Xanana usai bertemu Menko Polhukam Mahfud Md di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Xanana mengatakan bantuan tersebut sangat penting untuk warga Timor Leste yang berada di China. Indonesia, kata dia, memiliki kemampuan tersebut.

"Bantuan ini bukan suatu bantuan yang eksklusif bagi kami kan. Tapi kalau bantu orang Timor Leste yang ada di China, pelajar atau apa, itu bantu kita semua," katanya.

"Oleh karena itu ini sesuatu yang global, bukan Timor Leste dan Indonesia dan saya percaya bahwa karena Indonesia punya kemampuan yang lebih besar dari pada kami, akan membantu kami untuk mengatasi situasi ini," sambungnya.

Meski demikian, Xanana Gusmao menyatakan tak ada pembahasan soal bantu-membantu terkait virus corona dalam pertemuannya dengan Mahfud Md. Xanana dan Mahfud membahas masalah perbatasan darat RI dan Timor Leste yang belum tuntas.

"Karena itu saya ke sini, untuk melanjutkan pembicaraan-pembicaraan yang dulu saya lakukan dengan Bu Retno, Pak Wiranto. Kita masih antara Timor Leste dan Indonesia kami masih punya pending issues di land border, kemudian boundary," ujar dia.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Timor Leste meminta bantuan Pemprov Bali untuk membantu mengecek kesehatan 17 warganya yang akan kembali dari China.

"Ada permintaan dari Timor Leste untuk memberikan fasilitas karantina di Bali sebanyak 17 mahasiswa Timor Leste yang sekarang ada di China dan akan kembali ke Timor Leste," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) kepada wartawan, Senin (3/2).

Pemprov Bali masih memproses surat yang dikirim pihak pemerintah Timor Leste. Dalam permohonannya, pemerintah Timor Leste meminta ke-17 warganya ditangani untuk antisipasi virus Corona selama 2-3 minggu.

"Ini sedang kita siapkan suratnya hari ini bagaimana kebijakan dari provinsi karena mereka minta izin untuk dikarantina di Bali selama 2 minggu sampai 3 minggu di Bali," sambung Tjokorda.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...rom=wpm_nhl_16

Mari kita lihat respon warga bali terhadap isu ini.. dimana WNA d karantina d lingkungan mereka.. biar bisa kita bandingkan ma warga natuna.. emoticon-Malu (S)

Walaupun secara pribadi gw anggap permintaan timor leste ini suatu bentuk "ga tau diri".. minta bantuan kok milih2 tempat.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 9
Quote:


beda kasus..

itu mah warga luar.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Lho.. malah lebih bagus dong buat jadi perbandingan.. emoticon-Malu (S)

D natuna.. sesama WNI dan mayoritas seiman aja d tolak.. coba kita bandingkan ma yang WNA dan mayoritas beda keyakinan pula.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 6 lainnya memberi reputasi
Minta sama majikan dulu deh.
Si ostrali tuh mintain.
emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Idih, pada ngga malu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
satu kata sih buat xanana 'KWONGTOL' emoticon-2 Jempol
diluar kemanusiaan, ini bangsyat dulu yang memprovokasi temen temennya buat merdeka, sekarang jilat jilat minta tolong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yodotucu dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
urus diri masing-masing blok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 6 lainnya memberi reputasi
20+ merdeka dapat apa Om?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kemungkinan milih bali krn pesawat nya transit di bali

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Taruh dinatuna aj emoticon-Big Grin tp jg lupa billnya tagih juga emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 6 lainnya memberi reputasi
kok nyimut emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Ya jangan di bali lha, di pulau komodo boleh juga. Atau kenapa ga minta bantuan australia aja sih? Soalnya bali itu rentan banget mengingat pemasukan terbesar dari pariwisata. Sekarang kalau cuma gara2 17 WNA yang suspect corona masuk bali trus pariwisata lumpuh bisa abis kita2 yang hidup di bali.

Jangankan dikasih masuk, kemaren aja udah sepi parah gara2 banyak turis cina yang cancel ke bali, temen ane yang tour guide sampe megap2 ga ada pemasukan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Quote:


gw mah pengennya ditolak tuh si warga timor..

karantina di timor ndiri noh!

memerdekakan diri berarti siap segalanya..

emoticon-Ultah

lagian.. kalau kaga ngerasa sanggup soal karantina plus medisnya.. ngapain dipulangin? si xanana idiot! emoticon-Ultah



gw mah orangnya dengďeman.. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Atas nama moral dan kemanusiaan, satuin di natuna saja lah. Kasihan................. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Di Ostrali aja
kalo disini, rawan kelicikan si nana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
halah jembut... minta bantuan sama ozzy sana emoticon-Traveller

bata!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maspimang dan 8 lainnya memberi reputasi
minta tolong sama aussie aja di christmas island

biar deket ke pulau jawa

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post fintail
Di jawa gak apa klo pemerintah ok........ ane ok sajalah. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Diawal awal si gubernur bali dah secara tegas menolak tong,karena resikonya adalah wisata bali dan wisatawan.

Bisa saja wisatawan ketakutan dan akibatnya tidak mau datang

Klo memang alasanya alat dan fasilitas jelas di cina lbh baik dan ausie juga lbh baik. Jadi kenapa harus dipulangin,ga ditahan di cina saja



profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kenapa gak di NTT saja yaa... kan lebih dekat daripada Bali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
NO! urus diri sendiri saja... sudah merdeka kan??

majikannya ga mau tolong ya...?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di