CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
China Ingatkan Indonesia Agar tak Berlebihan Sikapi Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3926999a972e61016ad88d/china-ingatkan-indonesia-agar-tak-berlebihan-sikapi-corona

China Ingatkan Indonesia Agar tak Berlebihan Sikapi Corona

China Ingatkan Indonesia Agar tak Berlebihan Sikapi Corona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --
Pemerintah China meminta Indonesia tak berlebihan dalam merespons wabah virus Corona. Hal itu sehubungan dengan diterapkannya pembatasan perjalanan dan impor produk makanan serta minuman dari Negeri Tirai Bambu.

"Kami sudah lihat Indonesia telah mengumumkan beberapa tindakan pembatasan penerbangan dan pertukaran personel.

Menurut kami WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah menyatakan mereka tidak setuju dan bahkan keberatan atas tindakan pembatasan perjalanan dan perdagangan terhadap China,”
kata Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian saat menggelar konferensi pers di gedung Kedubes Cina di Jakarta, Selasa (4/2).

Xiao mengklaim kebanyakan negara sudah mengikuti saran WHO. Menurut Xiao, dalam situasi saat ini semua pihak harus tenang dan tidak perlu bereaksi berlebihan. 

Karena itu, Xiao menyesalkan Indonesia mengentikan impor produk makanan serta minuman dari negaranya. “Sekarang masih belum ada bukti virus Corona dapat menular lewat barang-barang impor. WHO juga sudah menyatakan mereka tak setuju bahkan keberatan dengan tindakan pembatasan perdagangan terhadap China,” kata dia.

Menurutnya langkah-langkah yang diambil Indonesia dapat menimbulkan dampak negatif. Langkah Indonesia akan merugikan hubungan perdagangan antara kedua negara dan akan memberikan dampak negatif terhadap hubungan serta kerja sama kedua negara.

"Ini menimbulkan akibat yang kedua belah pihak tak inginkan,” ujar Xiao.

Ia menilai Indonesia dan China adalah tetangga serta sahabat baik. Beijing berharap Indonesia bisa memandang wabah dan tindakan penanggulangan serta pencegahan yang diambil China secara objektif, rasional, ilmiah dan mematuhi saran-saran WHO.

"Mengambil tindakan-tindakan rasional, bukan berlebihan supaya menghindari gangguan dalam hubungan serta kerja sama kedua negara,” ucapnya.

Indonesia diketahui telah secara resmi membatasi perjalanan dari dan ke Cina. Kebijakan itu diambil mengingat masih mewabahnya virus korona. Indonesia pun telah mengambil langkah untuk menghentikan sementara impor produk makanan serta minuman dari Beijing
https://www.republika.co.id/berita/n...-sikapi-corona

Haiiyaa cilaka luwawelas waa
profile-picture
profile-picture
KRAVZHENKO dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
lah di sini bacot lebih gede dari pada kerja emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
EGP, urusin ajah tuh virus Corona di menlen, kalo udah kelar baru Indonesia buka kran impor dan perjalanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cicimilano dan 4 lainnya memberi reputasi
Untung ane dah janji kagak nyinyirin nguik sampe pirus korona ilang...

emoticon-Argentina


Sungguh janji yang sangat berat

emoticon-Mewek
Lihat 3 balasan
sampe segitunya...
akhirnya trump menang perang dagang..
entah karena dibela tuhan si kristen ato CIA laminating rhemason..
yg jelas si uclim mana tahan ikut2an senang..
profile-picture
profile-picture
westciss dan 48y24rd memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Bukankah ini bagus buat kementrian pertanian buat genjot produksi dalam negeri, jangan terlalu bergantung pada menlen
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan reid2 memberi reputasi
coba kalo amrik ngambil kesempatan dari hal gini
Kebijakan Pemerintah Indonesia terkait dengan travel ban untuk rute Indonesia-Cina yang sifatnya sementara, kemudian untuk penghentian impor barang-barang dari Cina, Kemendag sendiri juga sudah menyatakan bahwa hal itu tidak berlaku menyeluruh, sebenernya alasan dari Pemerintah cukup wajar dan bisa diterima oleh siapa saja, termasuk dari Pemerintah China, faktor keamanan, ya salah satu langkah antisipasi dari pemerintah agar tidak ada warga negaranya yang meninggal karena virus corona.

Pernyataan dari Dubes RRT, dalam komunikasi politik sebenarnya kode, mengingatkan agar Indonesia tidak melupakan China ( Katanya sebagai sahabat ) di sektor perekonomian. Ya jangan sampai Jakarta memanfaatkan kejadian virus corona terus melupakan Beijing yang selama ini sudah banyak membantu kemudian berpaling ke Washington.

Seperti yang telah diketahui bersama, Januari ( 13 Januari 2020 ) kemarin, Jokowi rela terbang ke Abu Dhabi demi menandatangani proyek investasi senilai US$ 20 Miliar. Nilai tersebut setara dengan Rp 280 Triliun hitungan kurs Rp 14.000, luar biasa kan, apakah ada syarat di balik layar, ngak tau juga. Yang pasti 600 orang yang ada di Suriah kabarnya akan dipulangkan ke Indonesia, pasca kekalahan ISIS, yang kalau ngak salah itu sebenernya menjadi tanggung jawab UNHCR. PBB tempatnya di Amerika, ISIS yang bentuk juga Amerika. Timur tengah secara umum bisa diliat sendiri situasinya seperti apa sekarang, luar biasa Amerika.

Amerika sama Iran lagi tegang, gimanapun juga Amerika tetep ingin berkuasa di Timteng, gimana caranya, ya liat aja kelakuan ISIS. UEA ini kawan baiknya Amerika, memang sebenernya hubungan antara Jakarta-Beijing agak kurang baik. Ya semoga ngak ada tekanan dari USA kepada RI.
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak berlebihan matamu picek emoticon-Tai
Makanan dan minuman yak cancel toh goblok emoticon-Marah
Pengen kitak celaka nih cina emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
tetettoet76 dan 48y24rd memberi reputasi
Rasis gak nih...... Bikin baper.... emoticon-Marah
Perjalanan antar propensi kok dibatasi..... Ini gub nya gimana sich???? Krcuali kalau perjalanan antar nrgara wajarlah klaau dibatasi.
kadrun 212 koh....
biasa mereka mahh katanya anti chinak tapi hp merk xiaomi emoticon-Leh Uga
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Sebenarnya bukan karena Corona, tapi lebih ke sentimen rasialis domestik.
Yang disasar itu bukan negara Cina, tapi "orang2 cina domestik" yang katanya menguasai perekonomian.
IMHO, ini momentum para rasialis untuk memperkencang agenda mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salman3112 dan 3 lainnya memberi reputasi
warga indo lebih penting daripada warga china itu sendiri

itu sudah emoticon-Angkat Beer

bata!
profile-picture
salman3112 memberi reputasi
Teman indon emang nggak pernah bisa diharapkan loyalitasnya..maunya empuknya aja..

Btw gw juga pribumi indon ..
profile-picture
salman3112 memberi reputasi
#RipCina emoticon-Turut Berduka



#GoodbyeCina emoticon-Sorry
Balasan post drs.obama
Quote:


kalo masih bergantung sama barang2 dr sono

mending ente diem saja, keliatan munafik soalnya

coba cek barang2 di rumah anda dulu
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Sekalinya komen lebih dari sebaris langsung panjang begini emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post drs.obama
Nunggu suatu virus hilang itu tahunan dan bisa 1 dekade lebih baru hilang dan karantina ya dibuka
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di