CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e392298349d0f111e62a5c3/3-rahasia-dapur-di-balik-kelezatan-masakan-padang

3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang


3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang
Siapa suka masakan Padang?
Kuliner khas asal Sumatera Barat ini punya karakteristik hidangan yang berbeda dengan masakan nusantara dari daerah lain. Ciri khas resep masakan Padang yang kaya bumbu dan umumnya ‘berlemak’ ini punya cita rasa tersendiri yang menggugah lidah orang Indonesia. Tak hanya itu, salah satu menunya,rendang, pun telah diakui sebagai makanan terenak di dunia!

Mungkin belum banyak orang yang tahu, apa sebetulnya rahasia dapur dari masakan Padang yang sudah tersebar di berbagai penjuru tanah air ini. Beberapa hal ini bisa jadi jawabannya.
1. Nggak cuma kaya bumbu dan rempah pilihan, racikan untuk masakan Padang juga pas dan khas
3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang


Salah satu kunci kelezatan masakan Padang adalah penggunaan bumbu dan rempah yang jadi pilihan. Dari sekian banyak bumbu dan rempah yang digunakan, bawang merah dan bawang putih harus ada. Ada juga bumbu 4 sekawan alias lengkuas, serai, jahe dan kunyit yang juga nggak boleh dilewatkan.
Sedang untuk pengharum masakan, biasanya menggunakan daun salam, daun jeruk, atau daun aromatik lainnya. Sisanya ditambah bumbu dan rempah lain seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, atau jintan sesuai rasa yang diinginkan.
2. Masakan Padang banyak menggunakan cabai dan cita rasanya dominan pedas. Tak hanya selera, tapi karena ada unsur tradisi juga
3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang



Asal-usul masakan Padang berasal dari daerah dataran tinggi yang dikelilingi oleh hawa dingin. Nah, dari sinilah masyarakat Minang mulai menggunakan cabai di dalam resep masakannya, yang selain untuk menambah cita rasa juga sebagai penghangat badan.

Cabai yang sering digunakan adalah cabai merah besar, cabai merah keriting, dan cabai hijau. Tradisi menggunakan cabai di dalam masakan pun tetap ada sampai sekarang meskipun daerah tinggal masyarakat Minang bukan lagi di daerah dingin.
3. Pengolahan cabainya juga nggak boleh sembarangan, orang Minang lebih suka menguleknya daripada menghaluskannya dengan blender
3 Rahasia Dapur di Balik Kelezatan Masakan Padang


Betul kata orang, cabai yang dihaluskan dengan manual alias diulek lebih nikmat rasanya ketimbang yang dihaluskan dengan blender. Prinsip ini jugalah yang dipegang masyarakat Minang. Mereka tetap ingin mempertahankan proses pengolahan cabai secara tradisional, yakni dengan cara diulek. Sambal hijau misalnya, yang disajikan dalam keadaan ulek kasar.



4. Masakan Padang kuat akan rasa santannya yg berciri khas.. emoticon-Jempol
ane kalo mau nikmatin nasi padang tub harus nunggu laper selaper lapernyaa.... beh nikmat banget nasi padang


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di