CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3910472525c336605f5550/kemenkes-stok-masker-habis-karena-hoax-bukan-corona

Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan menilai stok masker yang habis bukan karena wabah virus Corona namun akibat kabar palsu atau hoax yang membuat masyarakat cemas.

"Itu (habis) karena virus hoax-nya lebih banyak," ujar Direktur P2PML Kemenkes dr. Wiendra Waworuntu di Jakarta, Selasa.

Wiendra mengatakan bahwa saat ini situasi di Indonesia belum terjangkit virus Corona, sehingga imbauan penggunaan masker berlaku bagi kalau seseorang batik karena sakit dan tentunya tidak berada dekat dengan orang yang sakit.

"Kita saat ini merasa bahwa memakai masker itu dianggap sebagai kebutuhan dasar, padahal kebutuhan dasar itu adalah mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang, istirahat yang cukup, dan kalau sakit berobat ke fasilitas kesehatan," katanya.

Menurut dia, sebenarnya yang perlu disiapkan adalah penyakit-penyakit yang ada di Indonesia sekarang seperti TBC, HIV dan berbagai penyakit lainnya yang perlu ditangani.

Selain itu, Wiendra mengimbau bahwa masker bisa digunakan bagi mereka yang ingin menghindari cuaca yang tercemar polusi atau kondisi lingkungan udara yang tidak kondusif. Namun jika dalam kondisi sembuh atau sehat tidak perlu menggunakan masker.

Terjadinya wabah Novel Corona Virus di Tiongkok yang kemudian menyebar ke 27 negara di dunia, telah menjadi perhatian WHO dan Kementerian Kesehatan seluruh negara.

Saat ini telah ada 20.626 orang yang positif terinfeksi Novel Coronavirus dan korban tewas akibat terinfeksi virus corona telah mencapai 462 jiwa.

Ketakutan mengenai virus ini juga diperparah dengan adanya berita hoax mengenai penyebaran virus ini.

Penjualan masker meningkat pesat akibat merebaknya wabah Virus Corona dan penularannya yang dapat melalui antar manusia.

Menurut pedagang di Pasar Pramuka, Jakarta, penjualan masker mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa setelah wabah Virus Corona, sementara untuk masker jenis N95 telah langka di pasaran.


Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona


Pembeli memilih masker yang dijual di salah satu apotek di Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/ama.

Sumber: https://m.antaranews.com/berita/1278...n-wabah-corona
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan C4lyps0 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
dipasaran ky indomart msh byk kok masker2 3M biasa gt.
yg langka itu masker N95 biasa 400rb skrg sejuta...geblek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 4 lainnya memberi reputasi
Habis Karena diborong ama pedagang Malaysia, sgp, hk, mainland...boleh Tanya pemain alkes.. harganya pun bagus, yg biasa jual 20rb bisa jdi 50rb, kirim duit duluan puka
profile-picture
samradler memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ketika manusia kerasukan roh Mamon apapun dilakukan demi uang sesembahannya.
tengkulak2 emang keterlaluan.... bencana juga masih sempet2nya nyari untung emoticon-Blue Guy Bata (S)
bukan karna hoax dikit2 nyalahin ntuh
tuh masker diborong tetangga, untungnya lbh gede
emoticon-Busa
profile-picture
samradler memberi reputasi
emang hoax apaan yg bikin masker abis stock?
baru dengar ane
Diubah oleh samudra6969
Gw pake masker biar ga ketularan sakit, lg banyak virus bertebaran. Tau sendiri di sini pada batuk bersin sembarangan
profile-picture
samradler memberi reputasi
loh, mayan emoticon-Bingung yak itu yg dicarik klo orang bisnis mah.
menteri kurang jalan2emoticon-Marah, klo maen kurang jauh.
ya terlepas dari itu tetap mesti cari solusi toh
Ini orang asal njeplak ato gimana? Jelas-jelas pedagang bermain ketika ada corona, kok. Stok semua dihabisin sama pemain gede, ditimbun sampe dipasar habis, terus dijual berkali lipet. Buktinya bukan cuma masker doang yang kosong, ekspedisi tujuan HK dan sekitarnya juga penuh sampe timbangan dinaik-naikin. Bahkan barang yang sudah sampe sono aja ditimbun sama pemerintahnya.

Kalo bisa stok makanan dan obat juga dimainin. Biar pada busuk semua.
gegara kehabisan masker N95, ane terpaksa cm bs pke masker bengkoang emoticon-Hammer2
profile-picture
variolikes memberi reputasi
Quote:


Mafia tanah sudah ada.
Mafia beras sudah ada.
Mafia sempak msh blm ada. Kl ada itu lengkap sudah 3 kebutuhan primer manusia dimafiakan emoticon-Ngakak (S)
Balasan post gigiemaskeren
nah bener ini.. di IG orang malay ama china pada nyari pabrik masker buat diborong
ketika manusia berbondong2 beli masker
Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona

Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona

atau yg bisa di cuci ulang
Kemenkes: Stok masker habis karena hoax, bukan Corona
Diubah oleh MrJeffBezos
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:




Siapa tuh toko yang bilang masket anti korona? Spill dong
Quote:


Beli MASKER RESPIRATOR N95 3M 9004 ANTI VIRUS CORONA ASAP POLUSI DEBU
https://tokopedia.link/HwvYlHsGN3 di toko GOS Aksesoris HP Rp55.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!
masker d toko ane abis diborong sama keluarga TKI d hongkong. katanya anaknya kesusahan beli masker dsana. jd dikirimin dr sini
padahal laki ane ud jelasin masker semcm Senxi yg mode bedah itu ga terlalu mempan kalo halangin penularan virus.

tapi tetep diborong. laki ane mau pesen lagi buat stok, sales2 pada bilang kosong semua.
Lihat 1 balasan
Balasan post babysitter89
Quote:


yang penting sekarang sugestinya.

pakai masker = aman.

gak peduli betul atau tidak emoticon-Hammer2
masker mahal, ya pakai aja tisu ... hahahaha
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di