CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cina Peringatkan Indonesia Jangan Overreaktif Soal Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e390e3db84088066109ef21/cina-peringatkan-indonesia-jangan-overreaktif-soal-virus-corona

Cina Peringatkan Indonesia Jangan Overreaktif Soal Virus Corona

Cina Peringatkan Indonesia Jangan Overreaktif Soal Virus Corona
TEMPO, Jakarta - Duta Besar Cina untuk wilayah Indonesia, Xiao Qian, memperingatkan Indonesia untuk tidak bertindak berlebihan dalam menanggapi penyebaran virus Corona. Hal tersebut menyusul keputusan Indonesia menerapkan travel ban untuk rute cina serta menghentikan kegiatan impor produk-produk asal Cina untuk menekan penyebaran virus Corona.

"Tadi saya lihat ada berita pemerintah Indonesia akan menghentikan impor untuk mencegah virus Corona masuk ke Indonesia. Kami memberikan perhatian atas tindakan itu. Sampai sekarang belum ada bukti bahwa virus Corona bisa ditularkan lewat barang," ujar Xiao Qian dalam jumpa pers di kediamannya, Selasa, 4 Februari 2020.

Sebagaimana telah diberitakan, Indonesia akan menerapkan travel ban untuk rute Indonesia-Cina per hari Rabu esok. Dengan kata lain, perjalanan ke dan dari Cina akan dilarang oleh pemerintah Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan.

Sementara itu, untuk penghentian impor barang-barang dari Cina, Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa hal itu tidak berlaku menyeluruh. Hanya barang-barang impor tertentu yang akan dilarang masuk Indonesia. Hingga berita ini ditulis, pemerintah belum mengeluarkan daftar final untuk barang-barang impor yang akan dilarang masuk.

Adapun peringatan Cina atas tindakan Indonesia menyusul protes mereka ke Amerika kemarin. Pada hari Senin, pemerintah Cina menuding Amerika telah menimbulkan kegaduhan dengan lebih dahulu menerapkan travel ban. Menurut Cina, aksi Amerika malah membuat negara lain melakukan hal serupa di mana salah satunya adalah Indonesia.

Xiao Qian menagatakan, apa yang dilakukan Indonesia berpotensi menimbulkan dampak negatif, terutama terhadap hubungan perdagangan antara Indonesia dan Cina ke depannya. Menurutnya, hubungan Indonesia-Cina sudah harmonis selama ini sehingga jangan sampai dirusak oleh tindakan yang berlebihan dan tidak rasional.

Tak berhenti di situ, Xiao Qian menambahkan bahwa jika Indonesia terus menerapkan pelarangan, baik terhadap produk impor ataupun turis, maka hal itu juga bisa merugikan Indonesia secara ekonomi. Oleh karenanya, ia berharap pemerintah Indonesia bisa bertindak rasional dan yakin bahwa Cina akan memastikan penyebaran virus Corona bisa dihentikan.

"Indonesia adalah sahabat baik kami. Kami harap Indonesia bisa memandang upaya Cina (mencegah dan mengendalikan virus Corona) secara objektif, rasional, dan ilmiah serta mengikuti aturan kesehatan internasional. Jangan overreact yang bisa menimbulkan ganggungan terhadap kerjasama," ujarnya mengakhiri.

Perkembangan terbaru, sudah ada 20.624 pasien virus Corona di seluruh dunia. Sementara itu, untuk angka korban meninggal, sudah mencapai 427 orang. Sebagian besar dari mereka berasal dari Cina. Adapun di Indonesia belum ada korban meninggal ataupun pasien virus Corona.

https://dunia.tempo.co/read/1303300/...a/full?view=ok

Udah urusin negara lu sendiri sono. Pakai nyalahin negara lain.... Di Natuna lu angkuhnya bukan main..

profile-picture
profile-picture
nomorelies dan lokshin.khushin memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
baper emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan chisaa memberi reputasi
mencegah boleh dong....lagian hak setiap negara.
kalau dibilang overdosis blabla...terserah yg menyikapi aje.
profile-picture
profile-picture
kambing.bau dan chisaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau soal travel ban untuk rute Indonesia-Cina sifatnya sementara, untuk penghentian impor barang-barang dari Cina, Kementerian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa hal itu tidak berlaku menyeluruh.
profile-picture
profile-picture
LordFaries dan chisaa memberi reputasi
Alah taek. Jenenge preventif blok goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 2 lainnya memberi reputasi
Nah lho...
Dimarahin.. emoticon-Takut (S)
lebay coeg sekelas dubes ngasih peringatan
pemerintah juga punya tanggung jawab ngelindungi warganya dimari, lagian cuma sementara ini
profile-picture
profile-picture
chisaa dan LordFaries memberi reputasi
Baguslah import dr china di stop
Kl perlu smua made in china di stop, jgn pilih2 produk

Yg di rmh dan badan nya msh pake produk china segera beralih ke made in mamarika ato eropa


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post pilemon889
Quote:


Gak usah jauh-jauh. Produk lokal, Vietnam, Thailand murah dan lumayan bagus
Negara itu cerminan rakyat, rakyatnya iver ya negara over
"memperingatkan" itu kata siapa?
palingan mainan pers. padahal lebih ke "menghimbau" atau "mengajak".

gue sih dari dulu sudah jelas, pengennya indonistan putus hubungan bilateral saja dengan rrc, ribut mulu soalnya, terombang-ambing di antara perang pengaruh usa rrc.
indonistan itu baiknya murni jadi vassal state mamarika aja biar zombie-zombie nya tenang. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan sehau76 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
mampus loh emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Bukan overreaktif sih, kl udah masuk susah tuh apalagi kita bukan negara yg bisa dibilang super dalam segala hal jadi mending mencegah biarpun overreaktif daripada kalo sudah kena bisa habis semua.
profile-picture
LordFaries memberi reputasi
koh dubes jangan gitu, namanya negara wajib melindungi rakyatnya dari acaman wabah, daripada ente ngomong gitu mending fokus dan urusin corona, karena wabah di sekarang ini banyakan dari negara ente, bukan lagi dari afrika, mers, sars, flu burung sekarang corona
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
wihhh
"memperingatkan?"

mulai berani? mulai ngancem²?
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
Emang kalo udah ada embel2 CINA nya...reaksi kita selalu lebay. emoticon-Big Grin
profile-picture
lokshin.khushin memberi reputasi
wakakaa.. ketakutan kagak bisa masukkin barang

lah wajar dong pada takut gini. yg tewas di sono aja dah hampir 400 orang
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan maverick4ever memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Astajim

Lo pada tetiak teriak putus hubungan ...


Kagak mikir harga bawang putih merangkak naik emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan kaiserwalzer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post bodico
Quote:


Kok bukan jadi vassal-nya Arab? emoticon-Sorry
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Balasan post mas_paimin
Quote:


Saatnya tanam bawang emoticon-Ultah
kacung harus denger apa kata tuannya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di