CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Membongkar Mitos Pakai Handphone di SPBU Bikin Meledak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e39037488b3cb037c20ccff/membongkar-mitos-pakai-handphone-di-spbu-bikin-meledak

Membongkar Mitos Pakai Handphone di SPBU Bikin Meledak

Membongkar Mitos Pakai Handphone di SPBU Bikin Meledak

Nyaris di semua SPBU di Indonesia tertempel stiker handphone dicoret. Apa iya menggunakan handphone saat mengisi bahan bakar bisa menimbulkan ledakan?

Rasanya semua orang di Indonesia pernah melihat larangan tersebut di SPBU. Gambar handphone dicoret umumnya bersanding dengan larangan merokok dan juga larangan menggambil gambar menggunakan kamera yang dilengkapi flash.

Membongkar Mitos Pakai Handphone di SPBU Bikin Meledak
Sudah terlanjur menjadi anggapan umum di publik, mengisi bahan bakar di SPBU bisa menimbulkan kebakaran atau ledakan. Di banyak forum internet, grup-grup whatsapp, sampai video yang beredar viral bagaimana kebakaran bisa disebabkan oleh penggunaan handphone di SPBU.

Katanya, ledakan bisa terjadi karena radiasi elektromagnetik. Mitos yang lain menyebut ledakan bisa terjadi karena baterai handphone memanas bisa memicu percikan api.

Padahal penelitian membuktikan tidak ada kaitan antara peggunaan handphone dengan ancaman kebakaran atau ledakan.

"Larangan mengaktifkan ponsel saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU bukan karena bisa meledak seperti yang dipikirkan," kata Peneliti utama Electromagnetic Design Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Harry Arjadi, dikutip dari halaman resmi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).


Kemungkinan terjadinya ledakan sangat kecil, bahkan nyaris nol. Soalnya,, radiasi elektromagnetik yang ditimbulkan oleh telepon genggam sudah tercampur dan terurai dengan komponen di udara.

Lalu kenapa banyak SPBU melarang penggunakan handphone saat pengisian bahan bakar?



"Kerugian sebenarnya ada pada si konsumen pengguna telepon selular itu sendiri. Sebenarnya, larangan tersebut ditujukan untuk melindungi akurasi takaran mesin elektrik pompa BBM," jelasnya.

Gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh handphone dapat mempengaruhi kinerja mesin elektrik pompa BBM. Atas alasan yang sama, penggunaan hanphone dilarang di ruang ICU saat alat pacu-jantung tengah digunakan. Dikhawatirkan gelombang elektromagnet handphone bisa mengganggu ritme kerja alat pacu-jantung tersebut.

Bantahan terhadap mitos handphone bisa menyebabkan ledakan di SPBU juga dikuatkan oleh program MythBuster yang tayang di Discovery Channel.

Sementara situs hotcars menyebut larangan penggunaan handphone di SPBU sebenarnya demi masalah keamanan semata. Dikhawatirkan, pemilik kendaraan kehilangan konsentrasi saat mengisi bahan bakar sambil memakai handphon. Yang pada akhirnya berpotensi memunculkan kecelakaan.



https://oto.detik.com/rona-roda/d-48...13.1541780864

YANG GA BOLEH ITU MASUKIN KOREK API NYALA KE LUBANG TANGKI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 7
ndak boleh, pakai handphone di spbu berbahaya bisa meledak.
emoticon-Leh Uga klo pakai nya sambil bakar2 spbu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 4 lainnya memberi reputasi
Sambil tepok pantat mbak petugas spbu juga gak boleh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 4 lainnya memberi reputasi
udah dilarang cari alasan buat tetap bisa liat hape,
padahal ga lama buat isi bbm ga sampe satu jamemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nice info.
budaya safety di indon kadang dibawah rata2,udah tau mau ngisi bensin mesin nyala.kebanyakan bisa bawa motor tapi bego ngk ketulungan.
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
Lihat 2 balasan
Balasan post jurumudi75
Mesin nyala emang knape gan? Mobil F1 aja klo isi bensin mesinnya nyala juga 😁

Sebenernya klo mesin mati lebih riskan loh, apalagi klo tuh mobil punya kelistrikan jelek, pas start mesin lagi, nimbulkan percikan api bisa bahaya malah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 11 lainnya memberi reputasi
Ngak meledak cuman kalau pas isi BBM di SPBU mainan HP maka akan mempengaruhi akurasi takaran mesin elektrik pompa BBM
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Quote:


Takutnya ada adanya aliran listrik statis gan,bisa terjadi percikan....meski kemungkinan terjadi kecil tapi namanya SAFETY ya dipatuhilah.kalau yg ngisi meleduk kagak bawa orang lain mah gpp.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 8 lainnya memberi reputasi
yaudah silahkan dicoba dan post videonya di mari sebagai buktiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan fariza888 memberi reputasi
Itu orang ksh info sesat ga ada kejadian SPBU terbakar gara2 telpon. Pdhl blm lama d jln Panga larang, cipayung ada SPBU terbakar gara2 kostumer nelpon waktu isi bensin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
strangekl dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Main udel juga gak boleh di spbu, gak sopan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan fariza888 memberi reputasi
Disana ada loh yang meledug pas telponan, iya disana
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
yups bener bgt
jikalau pake hp bisa meledak tapi pertamini malah menggunakan sistem bayar pakai link aja,,!!!
profile-picture
profile-picture
Gomex130 dan ciptawan memberi reputasi
Disini ada petugas spbu yg brewok bin songong
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan pucuy19 memberi reputasi
kadang begitu lah....faktor kebetulan sering dijadikan suatu kepastian dan hukum tetap serta dipercaya pula.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan aficii memberi reputasi
Bingung pakainya gan.. gak ada kancingnya hp aneemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan aficii memberi reputasi
Emang mitos sih emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan aficii memberi reputasi
salah kaprah yg udah mendarah daging buat masyarakat indo
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan aficii memberi reputasi
Ada larangan pake HP, tp skrg pom bensin nerima pembayaran pake OVO, LinkAja, hadeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Gapapa kok, buktinya spbu bisa bayar via linkaja, otomatis make hp ini
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Rendykkuya memberi reputasi
Uda tau sih, emang cuma mitos

profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di