CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Hati-hati! 5 Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan Ini Bisa Membuat Tulang Keropos
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e38ffe3a7276813ff542782/hati-hati-5-kebiasaan-yang-sering-kita-lakukan-ini-bisa-membuat-tulang-keropos

Hati-hati! 5 Kebiasaan yang Sering Kita Lakukan Ini Bisa Membuat Tulang Keropos


Life Extension Indonesia -Tulang keropos atau osteoporosis adalah menurunnya kepadatan tulang, sehingga membuat tulang rentan mengalami keretakan. Keadaan ini bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak muda hingga orang lanjut usia.

Nyeri di bagian punggung bawah, nyeri leher, dan postur tubuh bungkuk merupakan beberapa tanda kalau kita mengalami tulang keropos.

Ada banyak hal yang membuat seseorang mengalami tulang kropos, misalnya gangguan hormon, mengonsumsi obat-obatan tertentu, penyakit kanker, penyakit lupus, penyakit hati, penyakit radang usus, dan radang sendi.

Selain hal-hal di atas, kita juga harus berhati-hati karena kebiasaan yang sering kita lakukan ini juga bisa membuat tulang keropos, misalnya:

1. Jarang bergerak

Saat ini, banyak sekali orang yang menjalankan gaya hidup tidak aktif (jarang bergerak), contohnya pegawai kantoran. Tuntutan pekerjaan membuat mereka harus duduk berjam-jam di depan komputer dengan sedikit aktivitas fisik.

Tak hanya pekerja kantoran, anak-anak juga banyak yang mulai menjalani gaya hidup tidak aktif. Di dalam kasus anak-anak, mereka biasanya menghabiskan waktu dengan main game, nonton film, hingga berselancar di internet.

Gaya hidup seperti itu akan membuat tulang tidak terbiasa untuk menahan beban, sehingga kepadatannya akan berkurang secara perlahan. Lama kelamaan, tulang akan mengalami keropos dan mudah retak.

2. Mengonsumsi camilan asin

Saat pergi ke swalayan, kita bisa menemukan beragam camilan asin yang enak untuk disantap. Namun, mengonsumsi camilan asin dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan tulang keropos. Menurut beberapa sumber, garam bisa membuat kita sering buang air kecil.

Tak hanya itu, garam juga bisa mengikat kalsium di dalam tubuh dan membawanya keluar bersama urine. Jadi, semakin sering kita mengonsumsi camilan asin, semakin banyak kalsium yang terbuang bersama urine. Hal itu bisa membuat tulang menjadi keropos.

3. Mengonsumsi camilan manis

Camilan manis biasanya  membuat gula darah naik dengan cepat, sehingga kita cenderung malas untuk mengonsumsi makanan lain. Saat kita malas mengonsumsi makanan lain, kebutuhan nutrisi (termasuk kalsium) pun akan berkurang.

Jika dibiarkan, hal itu akan membuat kepadatang tulang berkurang dan mengalami keropos. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis juga bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya.

4. Mengonsumsi minuman bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda saat cuaca sedang terik memang terasa segar. Namun, kita sebaiknya tidak melakukan kebiasaan itu terlalu sering. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Nutrition pada tahun 2014, mengonsumsi tujuh atau lebih minuman soda dalam satu minggu bisa membuat tulang mengalami penurunan secara drastis.

Selain itu, minuman bersoda juga tinggi kandungan gula sehingga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dan obesitas.

5. Mengonsumsi makanan dan minuman berkafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein memang enak dikonsumsi, apalagi saat kita suntuk di kantor. Namun, kafein bisa membuat tulang keropos. Hal itu sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2016.

Menurut penelitian tersebut, kafein bisa menyebabkan pelepasan kalsium di dalam tulang dan membuat tulang menjadi keropos. Masih menurut penelitian tersebut, 100 miligram kafein bisa membuat 6 miligram kalsium lepas dari tulang.

Apa yang harus kita lakukan untuk mencegah pengeroposan tulang?

Untuk mencegah atau menghindari pengeroposan tulang, kita harus menghindari atau membatasi kebiasaan di atas. Mulai ubah kebiasaan di atas dengan kebiasaan baru yang lebih sehat, misalnya:

-         Melakukan olahraga secara teratur

-         Menjaga pola makan

-         Manjaga asupan kalsium

-         Menjaga asupan vitamin D

-         Mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium atau vitamin D, seperti Vitamin D3 dan Bone Restore dari Life Extension Indonesia.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di