CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
China Pesan Masker N95 untuk Tiga Bulan, Stok di Indonesia Menipis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e38ed93b8408868b954227a/china-pesan-masker-n95-untuk-tiga-bulan-stok-di-indonesia-menipis

China Pesan Masker N95 untuk Tiga Bulan, Stok di Indonesia Menipis

China Pesan Masker N95 untuk Tiga Bulan, Stok di Indonesia Menipis
Suara.com - Stok masker N95 di sejumlah wilayah Indonesia mulai menipis, salah satunya di Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Bahkan para pedagang pun harus mencari-cari sendiri demi ketersediaan stok masker di tokonya.
Sekretaris Jenderal Himpunan Pedagang Pasar Pramuka Yoyon mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi sales dari produsen masker yang mengirimkan masker N95 ke pedagang-pedagang di pasar tersebut.
"Dari sales-sales sendiri tidak mendapatkan untuk mensupplykan ke (pasar) Pramuka," kata Yoyon saat dihubungi Suara.com, Senin (3/2/2020).
"Jadi antar toko yang nyari-nyari. Jadi secara resminya itu bisa dibilang tidak ada lagi," sambungnya.
Meskipun masih ada beberapa toko yang memiliki stok masker N95, namun ia menyebut kalau di Pasar Pramuka sendiri masker N95 sudah mulai langka.
Bukan hanya masyarakat Indonesia, warga negara China yang bermukim di Indonesia pun ikut memborong masker N95 untuk dikirimkan ke negaranya yang kini marak dengan peredaran virus corona. Dengan begitu kelangkaan masker N95 tidak dapat terelakkan.
Sebelum merebaknya novel corona virus yang diduga berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, harga masker N95 dijual dengan harga Rp 200 ribu untuk satu boks berisikan 20 buah masker.
Namun karena kelangkaan yang terjadi, harga masker N95 yang dijual melonjak tajam yakni Rp 1,3 juta per boksnya.
Terkait itu, Yoyon mengaku tidak masalah apabila pemerintah memberikan bantuan kepada China yang telah memesan masker untuk stok tiga bulan ke depan. Akan tetapi ia meminta kepada pemerintah untuk lebih peduli kepada masyarakat Indonesia terlebih dahulu, termasuk kepada para pedagang.
"Alangkah kasiannya kita, luar kita kasih bantuan kaya gitu, sementara di sini harga melonjak di luar kewajaran karena kelangkaan masker itu sendiri," pungkasnya.
Untuk diketahui, permintaan masker ke China melonjak drastis imbas wabah virus corona yang terus menyebar di wilayah tersebut. Berbagai negara pun berlomba-lomba mengirimkan stok maskernya ke China.
Meski demikian, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan, agar kuota masker untuk kebutuhan di dalam negeri diprioritaskan agar jangan sampai seluruh masker yang ada dikirim ke China.
"Salah satu demand atau permintaan terhadap masker luar biasa, mengingat sampai tiga bulan ke depan seluruh produksi masker ini diserap oleh China," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (3/2/2020).
Airlangga mengatakan bahwa negara-negara seperti Indonesia tentunya juga harus menyiapkan kuota untuk kebutuhan di dalam negeri terlebih dahulu.
"Jangan sampai nanti semuanya diserap dan untuk kebutuhan di dalam negeri tidak kebagian," kata Airlangga Hartarto.

https://www.suara.com/news/2020/02/0...onesia-menipis

------------------------------------------------------------------------------------------------
gila mamenn ... dari harga 200k perbox sekarang jadi 1,3jt perbox
tau gini ane nyetok masker n95 banyak2 jauh2 hari ... bisa kaya mendadak ini yg punya banyak stock n95 harga lama emoticon-Big Grin

 
bonus kejet2 ala ncov emoticon-Takut (S)
profile-picture
profile-picture
LordFaries dan lokshin.khushin memberi reputasi
kaga enak makenya N95. gw ada nh beli dulu pas jakarta lagi ancur2nya polusi
Iya nih, ane 4 hari lalu dapet orderan dari temen di HK, pesen masker 600 box sama dettol hand sanitizer 500 pcs. Ane udah iyain kirain stok masih melimpah. Pas browsing-browsing di online shop semua udah sold out. Bahkan lempar offer di indotrading ngga ada yang terima. Kontak sales perusahaan malah produk masker udah indent.
Lihat 2 balasan
Balasan post Unapzeus
Quote:

waduh gagal kaya donk gan emoticon-Big Grin
maw bisnis kagak sih emoticon-Marah
indon bener2 kelas tempe invalid, masa ada pesanan gak bisa menuhin. kopong bener bisnis indon, bikin maluk emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lihat 2 balasan
Balasan post mibmobz
Quote:


cokin yg kapasitas produksinya berkali lipat indon aja gk bs menuhin kebutuhannya sendiri
kok ngarep sama indon?
Balasan post mibmobz
@amatir91 ngomong bisnis yang becus
klo kurs nya lamborginik yak langsung dihitung berapa meter kain yg dibutuhkan bwat barter, lalu hitung ongkos pengerjaan.
beres, habis se-gelondong yak tuker ame lamborginik sebijik. emoticon-Bingung kagak maw yak sudah, ndak ada yg maw. buaya kok dikadalin.
Kan masih ada softex bekas, ngapain pada rebutan masker hah? emoticon-Traveller
Kemaren ada gambar yg pamer cadar katanya mereka udah pake begituan sejak dulu untuk antivirus, napa gak pada pesan cadar juga untuk gantiin masker n95 ? emoticon-Big Grin

Sumpah bisa meledak ngakak gw kalo liat tuh gambar lagi China Pesan Masker N95 untuk Tiga Bulan, Stok di Indonesia Menipis
Diubah oleh donal.duck.
Balasan post Unapzeus
@kinonotabi Iya, bre. Ane telat update dan ngga paham sikon. Maklum bukan pelaku dagang. Di HK katanya dijual 4 kali lipet, harga sono tuh, bre. Kalo di sini, normal dari supplier sekitar 18k per box untuk merk sensi 3ply isi 50 lembar.

Terus sekarang malah katanya ekspedisi pada naikin timbangan. Mungkin harganya udah makin tinggi lagi.
repotnya masker N95 itu kalau dalam kondisi normal jarang dibutuhkan. sekarang pun sebetulnya bukan dibutuhkan mutlak tapi buat jaga2. kalau produksi digenjot, untung sesaat. setelah kondisi normal, itu masker yang sudah dibeli & jadi stok akan buat permintaan turun.
Laris manis, kesempatan buat meningkatkan produksi, biar dapat untung
kadrun aja dikirim ke wuhan buat ngisep semua virus corona terus tenggelemin ke laut
kalo stoknya di indonesia makin tipis ya didoain aja gan biar indonesia bebas virus korona ye gan. lagian orang indonesia kan kebal kebal katanyanya gan wkwkwkwk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di