CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e38ecc54601cf208155271e/7-skill-dasar-ini-wajib-dimiliki-agar-jadi-orangtua-yang-cerdas

7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas

7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas

Sebagai bagian dari primary group, keluarga, khususnya orang tua, memang memiliki peran yang paling utama dan penting dalam pembentukan karakter dan juga kesehatan anak. Tentunya, setiap orang tua mengharapkan si kecil akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkarakter positif dengan taraf kesehatan yang baik.

Namun sayang, berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa prevalensi stunting (masalah gizi kronis) berada di angka 30,8 persen. Sementara WHO menetapkan ambang batas tingkat stunting hanya 20 persen. 

Hal tersebut membuktikan bahwa masalah gizi di Indonesia masih ada pada level urgent, dan menunjukkan peran primary group, yaitu orang tua, tidak berjalan seperti semestinya, yang disebabkan oleh rendahnya edukasi dan awareness orangtua perihal kesehatan dan pemenuhan gizi anak.

Melalui acara “Good Doctor X IDN Times: Gizi Seimbang, Pertumbuhan Cemerlang”, yang diadakan pada 11 Januari 2020 lalu di Harlequin Bistro, Kemang, Jakarta, yang turut dihadiri beberapa narasumber kece, salah satunya dr. Shanty Handayani, yang membagikan informasi-informasi kece yang pastinya edukatif untuk menjadi good parents nih, tentunya bikin kamu jadi semakin aware dan melek informasi tentang tumbuh kembang anak yang lebih cemerlang melalui pemenuhan gizi yang seimbang. 

Gak cuman itu, acara ini juga diramaikan dengan adanya cooking demo oleh Kushandari Arfanidewi (@kelincitertidur) loh, yang memperkenalkan resep makanan sehat, enak dan pastinya disukai oleh si kecil, wah asyik! 

Nah, dalam momentum menyambut Hari Gizi Nasional, sudah sepatutnya para orangtua atau pun calon orangtua, mulai belajar menjadi sosok orang tua yang kompeten dan juga cerdas dalam memerhatikan pentingnya perkembangan gizi si anak. Tentunya, demi si buah hati yang sehat dan cerdas, dibutuhkan keterampilan khusus, nih to be a good and smart parent. Apa aja, ya? Yuk, simak bareng-bareng!

1. Kemampuan meredam rasa stres7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Namanya hidup, tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai macam masalah. Entah masalah pekerjaan, keuangan bahkan juga dengan pasangan. Duh, pusing deh mikirinnya.

Gak bisa dimungkiri, masalah yang ada kerap kali bikin kepala mau pecah, stres makin menjadi-jadi, akhirnya emosi meluap ke mana-mana. Gak jarang beberapa orangtua yang gagal me-reduce rasa stres pun akhirnya menjadikan anak pelampiasan kekesalannya, waduh! Ini dia yang bahaya.

Nah, sebagai orang tua yang cerdas, pasti harus tau dong bagaimana cara menghadapi masalah dan juga meredam stres yang efektif. Kamu bisa menggunakan teknik meditasi atau relaksasi, melakukan hal-hal yang menghibur, hingga diskusi dengan pasangan, siapa tahu nemu solusinya, ya, kan?

2. Kemampuan mengedukasi dan mengajarkan anak7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Penanaman jiwa yang kuat, otak yang pintar dan tubuh yang sehat, berawal dari proses pembelajaran yang harmoni antara orang tua dan anak. Yes, education is number one! Anak yang cerdas dan sehat terbentuk karena orang tuanya pun demikian. Sebab, orang tua merupakan guru pertama dalam keluarga.

Selama itu, ajarkanlah mereka mulai dari hal-hal kecil seperti mengucapkan terima kasih saat diberi hadiah, meminta maaf saat berbuat salah, hingga cara bersikap yang baik pada orang lain. Meski begitu, teori saja gak cukup, tentunya kamu pun harus menjadi role model, sebab pada dasarnya anak-anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Nah, jadi contohkan hal-hal yang baik, di depan si kecil, ya!

3. Kemampuan mengajarkan pengetahuan spiritual dan agama7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Selain kecerdasan intelektual, dan emosional, anak juga perlu dibekali pengetahuan spiritual sejak dini. Sebab, dengan bekal wawasan agama yang baik, si kecil akan belajar untuk membangun hubungan yang serasi baik secara vertikal mau pun horizontal. Kamu bisa mendukung pembelajaran ini melalui partisipasi berbagai kegiatan religius baik di rumah atau pun di luar rumah.

4. Kemampuan membangun hubungan dengan pasangan7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Menjadi good parents gak cuman persoalan kita dengan si buah hati, tapi juga dengan si pasangan. Jangan salah, untuk menjaga hubungan yang baik dan sehat dengan pasangan juga butuh keterampilan, loh. Apalagi, masalah yang dihadapi pasangan suami-istri plus anak perkaranya udah beda sama masalah-masalah zaman pacaran. Pastinya lebih challenging dan depressing, duh!

Butuh pengertian dan usaha yang ekstra banget deh untuk bisa jaga perasaan pasangan. Sulit, sih, tapi demi keluarga kecil yang bahagia, coba yuk saling berusaha mempertahankan keharmonisan rumah tangga dengan saling mereda ego, dan kembali fokus pada tumbuh kembang si kecil. Jangan sampai, pertikaian ini terlihat dan mempengaruhi psikologisnya.

5. Kemampuan dalam menjaga pola hidup sehat keluarga7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Yup, karena sehat itu mahal! Tapi, untuk menjadi sehat itu tantangan berat dan somehow even torturing, ya. Bayangin, rasanya harus nahan makan ini dan itu, nyiksa banget deh rasanya! Nah, karena itulah, ini menjadi skill dasar tapi luar biasa susah, yang harus dimiliki setiap orangtua. 

Sekarang kalau kita sendiri gak bisa menjaga pola hidup sehat, gimana mau mengajarkan anak kita sendiri? Nah, caranya, tentunya dengan mempraktikkannya langsung kepada si kecil gaya hidup yang sehat dan melibatkan mereka di dalamnya. Langkah konkretnya, seperti olahraga (bisa dilakukan di dalam atau luar rumah), dan tentunya menyediakan makanan yang sehat serta kaya akan nutrisi.

6. Kemampuan memanfaatkan teknologi sebagai solusi yang bermanfaat untuk perkembangan anak7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Sebagai orang tua yang hidup di zaman modern, pastinya udah gak asing sama gaya hidup yang serbacanggih. Pemanfaatan teknologi ini bisa menjadi sarana pembelajaran anak untuk mengenal numerasi dan literasi yang efektif, misalnya melalui aplikasi yang edukatif. Selain itu, tersedianya beragam jenis permainan smartphone anak juga bisa menjadi media hiburan anak yang menyenangkan namun gak meninggalkan unsur edukasi, loh.

Meski begitu, hal-hal tersebut tentu harus diimbangi dengan adanya pengawasan yang ketat dari para orang tua, ya. 

Oh ya, biar pemanfaatan teknologinya makin maksimal, para orang tua cerdas harus eksplor, nih software atau aplikasi apa saja yang berguna untuk tumbuh kembang si anak, terutama untuk kesehatannya. 

7. Bagi para orangtua yang peduli banget sama kesehatan dan tumbuh kembang si anak, wajib banget nih pakai fitur Grab Health powered by Good Doctor!7 Skill Dasar Ini Wajib Dimiliki agar Jadi Orangtua yang Cerdas
Yup! Layanan terbaru dari Grab ini baru saja rilis untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas. Bagaimana tidak? Di fitur Grab Health powered by Good Doctor ini, kamu bisa menikmati layanan konsultasi online, lho! Di mana kamu bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar isu kesehatan yang nanti akan dijawab langsung oleh mitra dokter profesional dan berintegritas, karena layanan ini dijamin aman dan efektif, deh. Udah gitu, fitur ini setia 24 jam loh melayani kita, wow keren!

Gak cuman itu, di sini juga tersedia layanan Health Mall di mana kamu bisa membeli produk kesehatan dari sekitar kurang lebih 300 apotek resmi berlisensi, loh! Harga dijamin aman, transparan dan terpercaya karena langsung dikirim oleh Grab Express. Nah, sekarang jadi gak perlu capek-capek jalan ke apotek buat beli obat, kan?

Terus, butuh ketemuan langsung sama dokter? Tapi pengen praktis dan cepat? Tenang, ada fitur Booking RS, di mana kamu bisa janjian sama dokter dan klinik mitra yang dijamin mudah dan cepat, deh. 

Terakhir, kamu bisa update pengetahuanmu melalui layanan Health Tips yang akan memberikanmu konten edukatif terkini. Pastinya dijamin kredibel dan terpercaya. Wah, bikin kamu makin jadi orangtua yang cerdas nih!

Nah, gimana? Keren banget kan fitur-fitur dari Grab Health ini? Semuanya bisa kamu nikmati hanya dalam satu aplikasi Grab, lho. Yeay, jadi praktis deh! Tunggu apalagi? Yuk, pakai layanan Grab Health powered by Good Doctor demi merawat keluarga kita tetap sehat dan selalu ceria!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/family...mpaign=network

---

nais inpo nih kalo dah jadi ortu
Save, praktekin nanti kalo udah jadi ortu 😂

menurut ane ortu harus selalu memberi contoh baik buat anak2nya. Jangan mengumpat atau mengeluh di depan anak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di