CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Tak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e384428b840880ec81ad33d/tak-selalu-buruk-ini-5-efek-melewatkan-sarapan-bagi-kesehatan

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan

Ada banyak kontroversi seputar perlu tidaknya sarapan, dan mayoritas masyarakat percaya bahwa tiap orang harus mengawali harinya dengan sarapan. Padahal kenyataannya, tak sedikit orang yang melewatkan sarapan selama bertahun-tahun dan kondisinya baik-baik saja.

Selain itu, ternyata banyak juga penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mitos seputar perlu tidaknya sarapan, dan beberapa bahkan mendapat hasil bahwa melewatkan sarapan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Nah, melansir dari Medium dan beberapa sumber lainnya, berikut beberapa efek dari melewatkan sarapan.

1. Melewatkan sarapan dapat meningkatkan HGH, pembakaran lemak, dan pembentukan ototTak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
Dalam jurnal Obesity Research & Clinical Practice, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 dengan melibatkan 8 orang laki-laki untuk mempelajari mitos seputar sarapan. Pada penelitian tersebut, para peserta diharuskan melewatkan sarapan, dan kemudian dikompensasi dengan makan siang dan makan malam dalam porsi lebih besar sebagai kompensasi karena melewatkan sarapan. Dan hasilnya adalah, melewatkan sarapan tidak memengaruhi pembakaran energi 24 jam.

Melewatkan sarapan juga memungkinkan tubuh terus membakar lemak untuk menghasilkan energi. Produksi hormon pertumbuhan pada manusia atau Human Growth Hormone juga akan meningkat saat tubuh melewatkan sarapan. Menariknya lagi, tingginya Human Growth Hormone ini berkontribusi terhadap pembentukan otot tanpa lemak.

2. Meningkatkan sensitivitas insulinTak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
Melewatkan sarapan juga efektif untuk mempertahankan otot yang telah terbentuk dan secara efektif dapat menurunkan berat badan. Karena sensitivitas insulin meningkat, tubuh dapat menyimpan karbohidrat dengan lebih efektif ke dalam otot dan menghalangi sel-sel lemak.

Selain itu, saat bangun di pagi hari kadar kortisol atau hormon stres sangat tinggi. Jika kamu makan dalam kondisi ini, kamu cenderung akan merasa lapar lagi tepat setelah makan. Untuk itu, idealnya kamu perlu makan 4-5 jam setelah bangun tidur, hal ini untuk memperkecil kemungkinan makan berlebihan sehingga akan meningkatkan berat badan.

3. Tidak perlu merasa stres perihal dietTak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
Stres karena merasa perlu diet memiliki dampak dalam kehidupan sosial. Harus menolak ajakan makan siang atau makan malam hanya karena menghindari asupan kalori, padahal diri sendiri merasa sangat lapar, sudah tentu akan sangat menyiksa. Terlebih diet dan penerapan pola hidup sehat seharusnya membuat kamu lebih bahagia dan meningkatkan kualitas hidup.

Untuk itu, mereka yang tidak sarapan, baik karena tidak sempat maupun sengaja melewatkan makan pagi ini tidak perlu merasa stres mengatur jadwal diet lantaran sudah melewatkan satu porsi makan atau beberapa kalori.

4. Tubuh menjadi lebih mudah mengeluarkan limbahTak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
Menariknya, ternyata melewatkan sarapan dapat membersihkan tubuh dengan kuat. Hal ini dimungkinkan karena saat kita terus makan, tubuh disibukkan dengan pekerjaan mencerna makanan. Tetapi ketika kamu memberi tubuh sedikit ruang untuk tubuh melakukan lebih banyak pekerjaan membersihkan dan membuang sampah di tubuh, kamu akan melihat manfaat lain.

Karena tubuh setiap manusia berbeda-beda, maka efek yang akan dialami setiap individu juga akan berbeda-beda, kamu mungkin akan melihat jerawat di wajah dan badan berkurang, tubuh semakin sehat, atau kamu bisa lebih aktif bergerak.

Kamu mungkin mengalami sakit kepala pada minggu-minggu pertama atau sedikit mual. Ini karena tubuh membuang sampah yang sudah menimpuk di tubuh. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan efek pusing serta mual ini akan hilang dengan sendirinya.

5. Membuat kamu lebih fokusTak Selalu Buruk, Ini 5 Efek Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan
Pada awalnya, melewatkan sarapan mungkin akan membuat kamu sedikit lemah, akan tetapi setelah satu minggu, kemungkin besar kamu akan terbiasa dan bahkan lebih berenergi. Selain itu, melewatkan sarapan juga membantu kamu lebih fokus dalam bekerja.

Umumnya, fokus seseorang lebih baik ketika pagi hari, dan kemudian berkurang seiring berjalannya waktu. Sebuah studi double-blind yang berfokus pada kekurangan kalori selama 2 hari menemukan bahwa kinerja kognitif pada 27 peserta yang sehat tidak terpengaruh kendati asupan kalori mereka berkurang. Berkurangnya asupan kalori tidak menimbulkan masalah pada aspek kinerja kognitif, aktivitas, tidur, suasana hati, maupun kelelahan.

Selain itu, menurut Medium, salah satu perbaikan terbaik yang dapat kamu lakukan untuk hidup adalah melewatkan sarapan, dan fokus pada makan siang dan makan malam yang sehat.

Jadi kesimpulannya, ingin rutin sarapan atau melewatkan sarapan sepenuhnya adalah keputusan masing-masing. Bahkan bagi beberapa individu, melewatkan sarapan mungkin bisa jadi pilihan terbaik.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/medi...mpaign=network

---

kalo gak sarapan bikin lemes nanti emoticon-Tepar


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di