CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Pulau Komodo Tolak Investasi yang Merusak Konservasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37b9bd88b3cb28793c6e69/warga-pulau-komodo-tolak-investasi-yang-merusak-konservasi

Warga Pulau Komodo Tolak Investasi yang Merusak Konservasi

Warga Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang berjuang untuk menolak investasi di wilayah Taman Nasional Komodo (TNK). Menurut mereka, deretan investasi dari pihak swasta bakal mengancam kelangsungan Hidup Masyarakat lokal.

Pemuda sekaligus pelaku wisata di Pulau Komodo, Irdan mengatakan bahwa penolakan tersebut disebabkan karena masyarakat merasa tidak sesuai dengan branding pariwisata Pulau Komodo. Dirinya khawatir, menjamurnya investasi dapat mengurangi minat pengunjung.

“Branding pariwisata komodo adalah wisata berbasis keindahan alam sehingga unik dan beda dengan daerah lain, jika ada investasi pengelolaan dengan upaya modernisasi dapat berdampak pada tergerusnya daya minat pengunjung,” kata Irdan kepada GenPI.co, Senin (3/2).

Selain menggeser branding pariwisata di Pulau Komodo, masyarakat khawatir investasi swasta dapat menghambat upaya konservasi.

“Investasi swasta justru membuka peluang investasi lain untuk masuk, maka tinggal menunggu rusaknya konservasi,” lanjutnya.

Irdan menjelaskan, sejumlah perwakilan masyarakat Pulau Komodo telah mengupayakan berbagai cara untuk menolak investasi tersebut. Salah satunya dengan melakukan demonstrasi di Kantor Balai Taman Nasional Komodo.

“Sejauh ini masih tahap konslidasi pemuda-pemuda Komodo untuk menolak . Lalu pada 2018 kami juga pernah demo di kantor balai TNK,” ujar Irdan.

rdan sebagai perwakilan masyarakat Pulau Komodo berharap, pemerintah bisa mengabil keputusan dengan bijaksana untuk menyikapi investasi swasta di Pulau Komodo. Dirinya berharap, pemerintah fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia di Pulau Komodo.

“Harapannya pemerinta lebih memperhatikan pembangunan sarana dan prasarana, rumah sakit, dan sekolah pariwisata di Desa Komodo untuk menciptakan SDM yang bisa bersaing di sektor pariwisata,” tutur Irdan. (*)


https://www.genpi.co/berita/34919/wa...servasi?page=3

Gagal premium dong kalo diprotes
Yup, daya tarik Pulau Komodo sejatinya adalah Taman Nasional yang masih asri, keberadaan hewan komodo liar dan juga garis pantai yang indah.

Terlalu banyak bangunan dan jalan dibuat malah terkesan menjadi kota tidak lagi menjadi taman nasional yang asri (meskipun kadang gersang saat kemarau) tapi tetap indah.


Ya semoga didengar pemerintah aspirasi warga Pulau Komodo


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di