CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Cucilah Tanganmu Dengan Benar!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37b4c0c342bb32e360a132/cucilah-tanganmu-dengan-benar

Cucilah Tanganmu Dengan Benar!

Cucilah Tanganmu Dengan Benar!
Sumber Foto : hxdbzxy

emoticon-2 Jempol

Sudahkah orang terdekatmu atau orang yang sayang sama diri kamu mengingatkanmu untuk mencuci tanganmu dengan bersih? Pasti sudah sering dong… hehehe.

Nah cuci tangan sendiri adalah suatu hal yang memang banyak orang yang masih meremehkan. Tidak perlu jauh-jauh, terkadang kamu saja masih suka meremehkan cuci tangan kan?
emoticon-Bingung

Asal kamu tahu, mencuci tanganmu memang hal yang sederhana. Namun ternyata, mencuci tangan adalah hal yang sangat penting dan bisa dikatakan ampuh untuk menolak kuman, bakteri, dan juga virus yang bisa membuat tubuh kita terkena penyakit. Walaupun mencuci tangan merupakan hal yang memang masih diremehkan, pentingnya mencuci tangan sudah dibuktikan dengan keluarnya panduan khusus yang berisi tahapan-tahapan dalam mencuci tangan yang benar. Bahkan, panduan khusus mencuci tangan dengan benar ini telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Dilansir dari CNNIndonesia.com.
emoticon-Matabelo

Berbicara mengena virus masih terkait dengan menyebarnya virus corona yang membuat masyarakat di seluruh dunia resah. Oleh sebab itu, rasa waspada dengan virus ini sangat perlu walaupun Indonesia memang belum ada dinyatakan positif adanya warga yang terkena virus corona. Jika kamu waspada, tetaplah menjaga daya tahan tubuh kamu dan juga harus mencuci tangan dengan benar.
emoticon-Salam Kenal

Mencuci tangan tidak hanya sekedar memberi air atau mengalirkan air di tangan, namun ada juga hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci tangan supaya kamu melakukannya dengan benar. Mencuci tangan yang tidak benar sama halnya dengan kamu melakukannya dengan sia-sia. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu :
emoticon-Jempolemoticon-Matabelo
Basahi tangan
Gunakan air yang mengalir dan basahi tanganmu dengan air mengalir tersebut selama 20 detik lamanya. Tidak disarankan untuk mencuci tangan menggunakan air yang menggenang atau air yang ada di baskom, ember, atau yang lainnya.

Gunakan sabun
Jangan lupa mencuci tanganmu menggunakan sabun. Air saja tidak cukup untuk mencuci bersih tanganmu. Sabun yang digunakan adalah sabun yang mengandung antiseptik. Kandungan antiseptik ini berguna untuk mematikan kuman-kuman yang ada.
Banyak orang yang lebih memilih sabun yang dilihat dari wanginya saja, namun perlu diketahui bahwa mencuci tangan menggunakan sabun yang hanya mengandung pewangi tidak cukup ampuh untuk menghilangkan atau mematikan kuman yang menempel di tangan.

Telusuri bagian tangan
Ketika kamu mencuci tangan kamu, jangan sekedar dengan mengalirkan air dan juga mengusah bagian depan dan belakang tangan saja, tetapi juga gosok sela-sela jari juga diberi sabun. Tidak hanya pada bagian kulit tangan atau telapak tangan saja yang diberi sabun dan digosok, tetapi kebersihan kuku ternyata juga masuk dalam hal yang penting.
Bagaimana cara membersihkan kuku? Caranya adalah dengan menggesekkan ujung-ujung kuku kamu ke bagian telapak tangan kamu secara bergantian satus sama lain.

Cucilah Tanganmu Dengan Benar!
Sumber Foto : shutterstock


Bilas dan keringkan
Ketika kamu sudah mencuci seluruh tangan sampai ke sela-sela jari dan kuku dengan baik, langkah yang selanjutnya adalah bilas kembali tangan kamu juga menggunakan air yang mengalir dan juga bersih. Tahap yang penting selanjutnya adalah dengan mengeringkan tangan kamu menggunakan handuk, tisu, ataupun diangin-anginkan.
Mencuci tangan tidak hanya bisa dilakukan menggunakan air yang bersih dan sabun antiseptik. Hal ini biasanya dilakukan jika kamu lagi berada di daerah terpencil yang susah air atau sebagainya dan juga jika kamu sedang ada di suatu perjalanan. Hal yang kamu lakukan adalah dengan menggunakan tisu basah atau dengan cairan pembersih tangan yang sudah dipastikan mengandung antiseptik juga.

Rutin
Beberapa tahap mencuci tangan yang benar di atas harus terus dilakukan secara rutin. Rutin bukan berarti melakukannya dengan sangat sering tetapi lakukanlah secara berkala saja.
Mencuci tangan yang benar sangat perlu dilakukan setelah kamu menyentuh berbagai alat-alat umum atau juga setelah kamu memasuki ruang-ruang publik. Mengapa seperti itu? Kan kamu tidak tahu dimana kuman, bakteri, virus itu ada dan menempel. Oleh sebab itu, sangat disarankan setelah kegiatan apapun dan sebelum kamu menyentuh bagian tubuhmu yang memang sensitif cucilah tangan kamu dengan benar atau menggunakan tisu basah atau semacamnya dengan kandungan antiseptik terlebih dahulu supaya tangan kamu bersih dari kuman, bakteri, maupun virus.


Jangan diremehkan lagi ya gengs...

Kalau kamu meremehkan mencuci tanganmu dengan benar, itu berarti kamu juga meremehkan kesehatan tubuh kamu sendiri!

Usaha kamu mencuci tangan tidak seberat kamu mencari uang untuk biaya ke rumah sakit menebus obat-obatan gengs... okeee?

emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachrin01 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anggita2208
Halaman 1 dari 2
ane setiap abis megang apapun selalu cuci tangan sihhh.
ane tiap mo makan ato abis makan pasti cuci tangan sih.. ya walopun cuma alakadarnya doang.. tp udah jd kebiasaan soalnya
ini nih kebiasaan simpel tapi lupa bgt diterapin. Harusnya dari mana mana selalu cuci tangan supaya kuman nggak mampir siii
wah ini penting sih gan. ane juga baru tau pentingnya cuci tangan, dengan diikuti beberapa hal yang perlu diperhatikan, pas jaman kkn kampus, sekitar tahun 2015.
itu pun tau gara-gara ngisi acara di sekolah dasar di desa tempat ane kkn. sosialisasi gitu gan, cuci tangan sama sikat gigi.
awalnya, ane kira yaaa cuci tangan tuh cuci tangan biasa aja. ternyata ada tahapan-tahapannya.
ini sih penting diterapin sejak dini gan.
Diubah oleh kaitokid94
Quote:


bener gan. pokoknya mah penting dan wajib cuci tangan kalau abis ngapa-ngapain. biasanya sih ane sedia hand sanitizer di tas ane gan. jadi, di mana pun dan kapanpun, kalau gak ada air atau sabun, ane cuci tangan pake hand sanitizer gan. tetapi dengan tahap-tahap yang disebut di trit ini.
banyak yg masih asal basah sama wangi aja kalo cuci tangan
Quote:


Wah mantap gan harus ditiru nih. Ane kadang sedianya tisu basah si buat sehari hari. Tapi kayaknya mau nyobain hand sanitize kali ya. Lebih irit juga kayaknya. Apalagi kalo habis pergi atau habis pegang pegang sesuatu gt pastu rasanya kotor bgt
cuci tangan 5 langkah dan bilas 20 detik emang kerasa lama.. tapi mending lah daripada harus sakit gara2 cuci tangan gak bersih
Quote:


sejak ada corona outbreak ini ane jadi rajin banget cuci tangan, bawa hand sanitizer sama toilet sanitizer kemana2, tisu basah, tisu kering, komplit dah pokoknya. saking ane parno ama corona 😂
darurat dirumah kalau mo cepet2n pakai aseptic gel kayak di rumkit, simple n praktis
yg banyak di skip itu ngebersihin sela2 jari sm kuku. kebanyakan cuci tangan asal basah sm wangi doang, nyatanya engga. pake antiseptic pun jg gak bikin kuman mati padahal. Dan biasanya klo nyuci tangan ditoilet umum pd pake pengering tangan ya, pdhl itu justru nambahin kuman lg, mendingan pake tisu
Hal2 kecil yah .. ☺
banyak yg masih cuci tangan sekadar basah doang padahal kumannya gak ilang kalo begitu emoticon-Big Grin juga pakai sabunnya bukan yang antiseptik, malah cuma mindahin kuman ke tangan satunya
ane cuci tangan gan drngan benar meski kadang lupa. tapi ane selalu bawa handsaniteser kemanapun gan, buat kondisi urgent gitu sii...
bagus banget ni, apalagi kalo udah megang duit recehan atau palkir,, ka ke bayang tuh gimana kotor nya, ya kann,,!emoticon-Ngacir2
penting banget cuci tangan begini, bisa bantu cegah penyakit. tapi sayangnya masih banyak yang cuci tangan cuma sekadar basah aja kena air udah emoticon-Big Grin
kadang di ane pratekin lama kadang enggak. tergantung situasi si gan lagi buru-buru atau nggak. ane tuh tiap daro toilet tuh selalu cuci tangan pakai sabun, kalau kelupaan ane selalu bawa hand sanitazer
Selain itu, ane selalu sedia tisu basah dan handsinitizer di tas sih, jadi sewaktu waktu bisa bersihin tangan
Quote:


Woiyaaa ane juga sedia tisu basah di tas ane gan. Yang enggak ane punya malah tisu kering di tas ane. Biasanya tiap belanja bulanan selalu beli soalnya, jadi gak kelupaan.
Ho oh gan. Rasanya kalau tangan kotor tuh gimanaaa gitu. Makanya ane juga selalu sedia hand santizer di meja kantor. Jadi sebelum dan abis makan pake hand sanitizer gan emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di