CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Karantina Corona Dimulai, Warga Natuna Takut Keluar Rumah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e37950b82d49547415884a3/karantina-corona-dimulai-warga-natuna-takut-keluar-rumah

Karantina Corona Dimulai, Warga Natuna Takut Keluar Rumah

Karantina Corona Dimulai, Warga Natuna Takut Keluar Rumah

Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menolak kegiatan observasi ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dijemput dari Wuhan, China, Minggu (2/2), terkait penyebaran virus corona. Ratusan WNI itu akan menjalani observasi selama 14 hari.

Salah satu warga Natuna, Ropihudin menyebut warga mulai khawatir dengan keberadaan sekitar 238 WNI yang sudah ditempatkan di wilayah Pangkalan Udara (Lanud) TNI Raden Sadjad Ranai, Natuna.

"Yang jelas warga sudah mulai panik dan sebagian warga tidak berani keluar rumah. Berdiam diri saja di rumah, mau keluar takut," kata Ropihudin kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon.

Ropihudin mengatakan bukan tanpa alasan warga takut dengan keberadaan ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China itu. Menurutnya, lokasi penempatan ratusan WNI itu hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari perumahan warga.

"Lokasi untuk itu sangat dekat dengan rumah penduduk, lebih kurang dua kilometer, tetapi kan yang disebutkan (pemerintah) lebih kurang enam kilometer," ujarnya.

Selain jarak yang dekat dengan perumahan warga, kata Ropihudin, tidak ada fasilitas yang memadai di lokasi karantina dan observasi itu. Ia menyebut pemerintah baru melengkapi fasilitas ketika ingin mengevakuasi WNI dari Negeri Tirai Bambu itu.

"Mengapa harus di Natuna. Kan di Jakarta itu terdapat rumah sakit yang lebih memadahi alat-alatnya. Untuk di Natuna ini rumah sakitnya sangat sederhana," tuturnya.

Oleh karena itu, Ropihudin mengatakan warga Natuna akan kembali menggelar aksi turun ke jalan besok, Senin 3 Februari. Menurutnya, warga akan menyampaikan aspirasi penolakan terhadap kegiatan karantina dan observasi ini di DPRD Kabupaten Natuna.

"Rencana besok pagi akan diadakan demo besar-besaran, dimulai jam 8 pagi di Kantor DPRD," kata warga Kecamatan Pulau Laut itu.

Di sisi lain, Ropihudin ingin pemerintah memberikan masker yang sesuai dengan standar keamanan kepada warga. Pasalnya, saat ini warga baru menerima masker yang harganya hanya Rp10 ribu.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut ada 238 WNI yang dijemput dari Wuhan, China. Ratusan WNI itu kini diobservasi di Natuna.

Awalnya, kata Terawan, pemerintah ingin menjemput 245 WNI di Wuhan. Namun, tak semuanya bisa ikut dalam rombongan.

Ada 4 WNI yang memilih untuk tinggal di Wuhan. Sementara itu, ada 3 WNI yang tak lolos uji pemeriksaan atau screening yang dilakukan pemerintah setempat. Ketiganya tak boleh keluar dari China.

Terawan mengatakan ada 238 yang berhasi diboyong pulang dari Wuhan. Mereka sempat mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Lalu diterbangkan kembali ke Pangkalan Udara TNI Raden Sadjad Ranai, Natuna pada Minggu (2/2).

Ratusan WNI tak boleh langsung pulang ke kampung halaman masing-masing. Mereka harus diobservasi selama dua pekan.

Sementara itu, masyarakat Natuna menolak langkah pemerintah yang memilih Natuna sebagai tempat observasi WNI dari Wuhan, China. Mereka sempat berunjuk rasa di depan Pangkalan Udara TNI Raden Sadjad Ranai.

Masyarakat setempat cemas virus corona menyebar di wilayahnya. Mengenai hal itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menegaskan bahwa WNI dari Wuhan dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, menurut Muhadjir, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...t-keluar-rumah

Ini sudah jadi keputusan darurat dan final pemerintah....

Tentu berdasarkan pertimbangan yang sangat matang.
Jangan berpikir kalian akan di korbankan.
Karena apabila kalian terkena virus maka walhasil akan cepat menyebar pula ke daerah2 lainnya yg berdekatan dengan daerah kalian.
Dan bisa mewabah secara nasional nantinya.


Toh di Wuhan tempatnya virus berasal tidak semua yang kena.

Lebih baik tuk 14 hari kedepan hendaklah beraktifitas menggunakan masker.

Ane pun kalo tinggal disana akan was2...
Tapi ane percaya pemerintah dan petugas yg bekerja disana tidak akan membiarkan hal yang buruk menimpa warga disana.

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 3
knapa di natuna ??? udah disebutin ada rumah sakit militer sana yang ditangani oleh dokter dari angkatan darat laut dan udara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


wajar gan ...ketakutanemoticon-Cool
profile-picture
outsiders1609 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wajar kalau khawatir
profile-picture
profile-picture
mows dan extreme78 memberi reputasi
Ana kagak bisa menyalahkan bila masyarakat awam apalg yg pendidikannya terbatas khawatir

Tapi kl ada mrk yg pandai mlh menghasut bkn mlh menjelaskan ini yg emoticon-Buldog

Apalagi kl ada motif politisasi demi menyerang kebijakan pemerintah

emoticon-Inggris
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Bukti literasi masyarakat yg rendah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
kondisinya mendekati darurat militer. sipil mah kagak didenger suaranya. yang penting tujuan utama AMAN
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan extreme78 memberi reputasi
Quote:


sekalian buat nakut2in nelayan cina di natuna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
Pemda setempat dan dinas kesehatan itu kudu kumpulin masyarakat dan sosialisasikan kalo itu aman. Kalo didiemin ya ginilah tetap akan takut... Karena wajar saja tetap takut informasi yg diterima sepertinya kurang komplit. Atau ada yg nunggangi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
kenapa natuna ? emoticon-Bingung
yak karena lokasi nya paling cocok, ente2 khan jumlah sedikit, gak kek pulo jawa, lagi pulak ente2 orang ndak penting, matik kena korona jg ndak masalah. beda dgn pulo jawa, kenak bisa ancur negara ndak ada yg nopang. ente2 khan pengangguran nempel ekonomi di pulo jawa emoticon-Bingung yak toh ?
Lihat 1 balasan
Yg begini yg wajib ditolak!

Quote:
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Sangat wajar mereka panik, ane pribadi juga pasti protes karena yang berisko kena bukan cuma diri sendiri, tapi juga keluarga.

profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Quote:


Quote ini saja
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
harusnya di nusakambangan aja ni
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
katanya 6km.. pas cek di maps.. palingan 3 km ke pemukiman warga, aplgi kalo ditarik garis lurus bisa jd lebih oendek lg.
bisa jd 5km, jika tempat karantina berada di ujung pantai, tp itupun ada pemukiman disana.

Karantina Corona Dimulai, Warga Natuna Takut Keluar Rumah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh samudra6969
kasih ke sarang kardun aj.. mereka bisa lebih ikhlas nerima pengungsi

prinsip mereka kan "sehat sakit hidup mati rezeki kuasa yg di atas" jalani hidup seperti larry si lobster emoticon-Hansip
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
harusnya dikarantina di pegunungan pedalaman papua

biar opm tertular juga
Lihat 1 balasan
Begini maish tsout ..gmn puluhan mahasiswa indo yg oulang secara sendiri2 smeenjak virus corona merebak .mreka masuk indo tanpa cek k3sehatan.yg di natuna dah jelas kondisi sehat
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Balasan post extreme78
instalasi militer biasanya sih ketat banget. mau masuk ato keluar pun harus melalui pemeriksaan yang ketat blom lagi tempatnya agak terpencil loe masuk sampe gedungnya biasanya harus jalan kaki berkilo meter gw rasa ideal buat ngeisolasi suspect corona
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan extreme78 memberi reputasi
Nyimak dulu degh
Tentu berdasarkan pertimbangan yang sangat matang.

AH MASA SIH ????? emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

matang sekali, udah lelet ban travel, asal jemput tanpa edukasi-sosialiasi, sudah ditolak DPRD-Wabup-Warga PAS MASIH OTW-konflik pas udah sampai. + KESIMPANGSIURAN (kertajati lah, batam lah)

https://jabar.tribunnews.com/2020/02/01/pesawat-yang-mengevakuasi-wni-di-wuhan-batal-mendarat-di-bandara-kertajati

https://nasional.tempo.co/read/1302141/batam-bilang-ini-soal-karantina-wni-dari-cina (Soal kedatangan WNI ini masih dalam tahap pembicaraan.)

https://nasional.tempo.co/read/1302321/warga-dan-dprd-tolak-natuna-jadi-tempat-karantina-wni/full?view=ok

benar-benar pertimbangan matang.

kerja kerja kerja - sisanya DIPIKIR KERI


AKAOAKAOAKAKAKAKAKAKAKA


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

justifikasimi darurat sama kemanusiaan.

diluar itu bener bener kacau.

emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di