CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Pindah jurusan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3761aa82d49536122d04b1/pindah-jurusan

Pindah jurusan

Halo teman-teman. Panggil saja saya sunia. Saya mahasiswi semester 3 keperawatan. Saya sudah ingin sekali pindah jurusan dan pindah kampus dari semester pertama karena saya merasa tidak cocok, ditambah lingkungan yang tidak saya sukai. Hanya saja kedua orangtua saya menguatkan saya dan saya tau biaya yg tidak sedikit, berlanjutlah sampai semester 3. Puncaknya disini, saya benar-benar merasa jiwa saya tidak ada disini, tidak bisa menikmati proses perkuliahan, tidak menyukai lingkungannya, ditmbah biaya yang terus naik meskipun orangtua saya tidak pernah mengeluh soal ini. Disamping orgtua saya juga mempertimbangkan selama semester 1 dan 2 mendapatkan ip yg tinggi (3,95) dan juga beasiswa prestasi walaupun saya sendiri kurang mengerti mengapa saya mendapat nilai yg tinggi(merasa tak layak). Saya merasa sangat frustasi akan hal ini.. Mengenai umur saya yg sudah 20 tahun(kelahiran 99), mengenai apakah keputusan saya untuk pindah hal yg benar, izin orangtua, gaji yg katanya tidak seberapa bahkan tidak sesuai dengan risiko yang tinggi, dsb. Mohon sarannya dari teman teman.
Mau pindah jurusan apa?

Nggak apa-apa sih pindah. Daripada seumur hidup harus bekerja sebagai perawat yang tidak diminati. Enakan bekerja yang sesuai dengan hobi, jadi bekerja tidak serasa seperti bekerja.
Lihat 6 balasan
Balasan post kampret.strez
akuntan, informatika atau komputer.

Iya, masih banyak yang jadi pertimbangan, yang pasti kedepannya tidak mudah, tapi akan usahakan yg terbaik. Terimakasih.
Balasan post Sansan015
Quote:


Kalau kuliah jurusan Keperawatan, sista harus suka Biologi dan berinteraksi dengan orang lain.

Kalau kuliah jurusan Akuntansi, sista harus suka Bisnis dan Ekonomi.

Kalau kuliah jurusan Informatika, sista harus suka Matematika dan Programming.

Tergantung minatnya.
Balasan post kampret.strez
Saya suka biologi bisa di blg pelajaran favorit saya sewaktu sma dan karena saya d3 jadi di semester awal sudah terjun ke lapangan (rs), jadi bisa dibilang udah cukup sering berinteraksi dgn pasien secara langsung.

Tapi mngkin karena itu juga, saya merasa jiwa saya tidak disitu.

Bagi saya akuntan ataupun sistem informasi itu menarik, dan saya ingin disana. Meskipun saya bukan seseorang yg jago sekali dalam berhitung.

Apakah terdengar aneh?
Balasan post Sansan015
Quote:


Kalau suka Biologi, pilihannya:
- Rumpun Kesehatan (Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kedokteran, Gizi)
- Rumpun Agrikultur (Pertanian, Kehutanan, Perikanan, Peternakan)
- Rumpun Biologi Murni (Biologi, Mikrobiologi, Biokimia, Botani, Zoologi, Ekologi)
- Bioteknologi

Sistem Informasi dan Akuntansi di S1 ada matkul Matematika nya di semester--semester awal. Kalau memang nggak suka Matematika bisa memilih spesialisasi yang tidak berhubungan dengan Matematika saat bekerja.
Balasan post kampret.strez
@kampret.strez terimakasih banyak atas saran dan masukan abang / kakak..

Saya mungkin untuk semester 4 ini akan cuti dulu agar saya bisa berfikir lebih dalam lagi, karena kalau berjalan dalam kondisi seperti ini pastinya akan mempengaruhi nilai, tugas bahkan praktek kedepannya dan tentu saja membuang uang.

Ketika memilih hal yang lain. Sebenarnya saya takut apa yang saya pilih bukanlah hal yang tepat atau saya tidak mampu mencapai seperti yg sekarang saya dapatkan. Jadi saya ingin menguatkan hati saya terlebih dahulu untuk bisa menerima apapun risikonya ke depan.



Terimakasih banyak sudah mau mendengar keluhan saya.
Balasan post Sansan015
Quote:


Lebih enak memilih jurusan sesuai minat. Karena kalau nanti lanjut bekerja pun pekerjaan terasa lebih menyenangkan.

Kalau memilih pekerjaan berbeda dari jurusan kuliah, rugi waktu belajar saat kuliah dan harus belajar dari awal lagi untuk mempelajari ilmu baru sesuai pekerjaannya, kecuali kalau saat kuliah sudah ikut ekstrakurikuler atau kerja part time sesuai pekerjaan tersebut.

Ane kuliah dan kerja sesuai hobi ane, dan saat bekerja pun terasa menyenangkan karena sesuai minat.

JK Rowling menulis novel Harry Potter awalnya hanya sekedar hobi, tidak berniat mendapatkan banyak keuntungan dari hobinya tersebut. Beruntung novelnya ternyata jadi best seller.

Tidak semua orang memiliki minat yang sama dengan profesi-profesi bergaji tinggi. Beruntung orang yang memiliki minat yang sama dengan profesi-profesi bergaji tinggi.
Diubah oleh kampret.strez


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di