CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Oriental Exotic (Asian food) /
Apakah wine baik untuk kesehatan dan dapat memperpanjang usia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e375b67facb951a532aff59/apakah-wine-baik-untuk-kesehatan-dan-dapat-memperpanjang-usia

Apakah wine baik untuk kesehatan dan dapat memperpanjang usia?

Wine dinikmati dan telah menjadi bagian dari budaya manusia sejak dahulu kala. Wine sangat berperan dalam peradaban manusia, memberikan pengaruh penting pada gereja-gereja Katolik dan Ortodoks dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam banyak masakan. Wine juga dikenal dapat digunakan sebagai ramuan untuk pengobatan dan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat.


Berapakah porsi wine per hari yang bisa dianggap sehat?
The American Heart Association merekomendasikan 1-2 gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita. Besaran gelas yang ditentukan adalah empat ons wine.


Konsumsi dengan porsi yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat bagi orang Asia penggemar wine:
Mencegah Kanker
Wine mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Sebuah studi oleh Universitas Barcelona memaparkan bahwa mengonsumsi white wine lebih bermanfaat dibandingkan red wine. Baca selengkapnya di sini: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10370874
 
Menurunkan risiko Terkena Stroke / Penyakit Alzheimer / Parkinson dan Demensia
Resveratrol yang ditemukan dalam kulit dan biji red wine dapat meningkatkan kadar enzim dalam otak yang melindungi sel-sel saraf. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15455646 dan https://www.strokesmart.org/article?id=233
 
Mengencerkan Darah
Alkohol dapat berfungsi sebagai pengencer, karenanya, membantu menghancurkan gumpalan darah.
 
Meningkatkan kolesterol baik
Resveratrol dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL
 
Mencegah Kanker Prostat
Harvard Men’s Health Watch melaporkan bahwa pria yang mengonsumsi 4-7 gelas red wine per minggu, setidaknya separuh dari mereka terbebas dari kanker prostat. https://www.health.harvard.edu/press_releases/prostate-benefits-from-red-wine
 
Mencegah Kanker Payudara
Kulit dan biji red wine mengandung bahan kimia dengan kadar estrogen sedikit lebih rendah. https://www.cedars-sinai.org/newsroom/moderate-red-wine-drinking-may-help-cut-womens-breast-cancer-risk-cedars-sinai-study-shows/
 
Mencegah Diabetes Tipe 2: Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok
Dirangkum dari eksperimen yang dilakukan pada tikus, zat kimia Resveratrol yang ditemukan pada kulit dan biji red wine dapat meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Kendati keterkaitannya pada manusia belum terbukti tetapi temuan inovasi ilmiah tersebut tetap menjadi berita yang melegakan. https://www.medicalnewstoday.com/releases/84439.php
 
Fondasi Bagi Keremajaan – Memperlambat proses penuaan
Harvard Medical School telah menerbitkan temuan mereka  https://hms.harvard.edu/news/new-study-validates-longevity-pathway yang memaparkan bahwa zat kimia ajaib Resveratrol dan SIRT1, yang ditemukan dalam red wine erat kaitannya dengan peningkatan kesehatan dan rentang hidup lebih lama.

Tak ayal, keceriaan membuka sumbat gabus kini telah mengubah acara kumpul-kumpul rutin menjadi perayaan yang meriah. Keceriaan dan kegembiraan memang dapat memancarkan cinta dan harapan, dan emosi ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mental kita.


Asian Flush
Asian Flush (juga dikenal sebagai Asian Glow) adalah suatu kondisi yang harus disadari dan diwaspadai oleh para peminum wine Asia Timur.
Gejala yang ditimbulkan oleh kondisi ini meliputi:
Timbul kemerahan pada wajah dan tubuh bagian atas
Mual
Sakit kepala dan pusing
Kesulitan bernafas
Mata merah
Pembengkakan pada bagian pipi.

Mengapa orang Asia, khususnya, dapat mengalami komplikasi ini?
Asian Flush adalah akibat dari defisiensi genetik bawaan di salah satu enzim yang terlibat dalam penguraian alkohol dalam hati: aldehyde dehydrogenase.

Dalam hati yang sehat, alkohol dipecah dalam dua tahap. Pada tahap pertama, enzim alkohol dehydrogenase mengubah alkohol menjadi zat kimia yang tidak menyenangkan yang disebut asetaldehida.


Enzim kedua, aldehyde dehydrogenase, mengubah asetaldehida menjadi asam asetat. Defisiensi aldehida dehidrogenase ditemukan di kalangan orang Cina, Korea, dan Jepang. Beberapa orang mewarisi dua defisit gen untuk enzim ini; satu dari setiap pasangan. Akibatnya, hati mereka membuat versi enzim yang salah dan kadar acetaldehyde mereka meningkat segera setelah mengonsumsi alkohol. Kemerahan yang mereka alami merupakan cara tubuh dalam merespons akumulasi racun yang menyerang sistem.


Hal yang kurang menyenangkan lain akibat gangguan ini adalah kemerahan yang jelas terlihat sehingga menimbulkan rasa malu, dan memberikan persepsi bahwa peminum memiliki toleransi yang rendah terhadap alkohol. Karenanya sangat disarankan agar Anda menghubungi dokter Anda karena gejalanya bisa menjadi serius dan tidak boleh diabaikan.


Sisi positif dari kondisi ini adalah karena defisiensi aldehyde dehydrogenase, kanker yang terkait dengan alkohol dan alkoholisme menjadi jauh lebih jarang terjadi pada masyarakat Asia Timur. Ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa penampilan mereka menjadi buruk setelah minum alkohol, sehingga mereka cenderung minum sangat sedikit, atau tidak sama sekali.


Tren Kesehatan dan Kebugaran
Komunitas global telah menjadi sangat sadar akan kesehatan dengan lebih memperhatikan sumber makanan kita – suatu hal yang baik!
Negara-negara Asia seperti Jepang, Singapura, dan Korea Selatan merupakan pemimpin untuk pasar wine organik. Konsumen yang berorientasi pada kesehatan yakin bahwa dengan mencari dan memilih wine tertentu, mereka bisa mendapatkan nilai-nilai berikut yang mereka hargai dan yakini:
Wine Vegan (bebas laktosa)
Bebas gluten
Organik dan Biodinamik
Beralkohol rendah / rendah kalori bagi mereka yang menjaga berat badan ideal mereka
Wine bebas alkohol.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cellar & Friends itu platform online baru buat para pecinta anggur dari berbagai berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga penikmat dan profesional, di kawasan Asia-Pasifik. Di cellar.asia juga agan bisa temukan artikel menarik dan berita perdagangan yg memungkinkan orang-orang dari seluruh Asia  menemukan dan memperdalam pengetahuan mereka tentang  ini &memberi mereka kesempatan untuk memperluas apresiasi mereka terhadap dunia anggur.


Agan-agan juga bisa join di forum facebook cellar.asia di Cellar & Friends



Cellar.Asia - Komunitas Penggemar Wine & Spirit Baru di Asia

Hallo Gan..ane mau ngasih tau kalo Komunitas pecinta anggur baru di Asia udah ada nih, namanya Cellar.Asia

Cellar & Friends itu platform online baru buat para pecinta anggur dari berbagai berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga penikmat dan profesional, di kawasan Asia-Pasifik. Di cellar.asia juga agan bisa temukan artikel menarik dan berita perdagangan yg memungkinkan orang-orang dari seluruh Asia  menemukan dan memperdalam pengetahuan mereka tentang  ini &memberi mereka kesempatan untuk memperluas apresiasi mereka terhadap dunia anggur.

Agan-agan juga bisa join di forum facebook cellar.asia di Cellar & Friends


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di